Cara Menghilangkan Memar Akibat Hematoma

Cara Menghilangkan Memar Akibat Hemar

Halodoc, Jakarta – Pernahkah kamu mengalami lebam atau memar pada kulit meskipun tidak mengalami kecelakaan atau benturan? Ya, kamu bisa saja mengalami hematoma. Kondisi hematoma terjadi karena adanya dinding pembuluh darah yang rusak sehingga darah bocor melalui jaringan lain yang tidak semestinya.

Hal ini menyebabkan penumpukan darah yang tidak normal di luar pembuluh darah. Ukuran dari memar yang diakibatkan hematoma sangat beragam, mulai dari yang kecil hingga besar. Ketika memar akibat hematoma berbentuk kecil dan tidak menimbulkan rasa apa pun, ini menandakan hematoma yang dialami cukup ringan. Memar hematoma bisa menyebabkan nyeri dan pembengkakan yang menandakan kondisi serius.

Baca Juga: Hati-Hati Risiko Hematoma yang Berbahaya untuk Kesehatan

Memeriksakan diri ke dokter adalah salah satu hal yang perlu kamu lakukan ketika memar yang diakibatkan hematoma semakin membesar. Ketika memar hematoma yang dialami termasuk dalam kondisi yang ringan, kamu bisa menghilangkan memar akibat hematoma dengan melakukan beberapa cara di bawah ini:

1. Istirahat

Sebaiknya ketika kamu mengalami memar hematoma, segera istirahatkan bagian yang mengalami memar hematoma. Terlalu banyak bergerak membuat tekanan dan gangguan pada jaringan lunak sehingga dapat memicu peradangan.

Sebaiknya istirahatkan bagian tubuh yang mengalami memar hematoma selama 48 jam kedepan. Hal ini untuk menghindari aktivitas otot dan pergerakan. Berbaringlah dengan posisi yang normal yaitu menghadap ke atas agar proses penyembuhan dan cedera berangsur membaik. Khususnya jika kamu mengalami memar hematoma pada bagian tangan, kaki, atau persendian.

2. Kompres

Sambil beristirahat, sebaiknya kompres bagian yang mengalami memar dengan menggunakan es. Nyatanya temperatur yang rendah memperlambat aliran darah sehingga perdarahan yang menyebabkan memar dapat berkurang.

Sebaiknya ketika akan mengompres bagian tubuh yang memar, jangan lupa untuk membalut es dengan handuk yang lembut. Jangan langsung meletakan es pada permukaan kulit. Hal ini dapat membuat jaringan tubuh kamu rusak. Setelah 24-48 jam, kamu bisa mengompres memar dengan air hangat. Hal ini membantu untuk meningkatkan sirkulasi dan peredaran nutrisi makanan yang digunakan untuk memperbaiki jaringan yang rusak.

Baca Juga: Sering Sakit Kepala, Mungkin Saja Gejala Epidural Hematoma

3. Lakukan Aktivitas Perlahan

Setelah lebih dari 48 jam, kamu boleh melakukan aktivitas secara perlahan. Sebaiknya lakukan aktivitas yang dapat membantu kamu menghilangkan memar hematoma seperti:

  • Memijat

Tidak ada salahnya untuk perlahan memijat dengan gerakan memutar atau gerakan lurus yang panjang. Memijat secara perlahan dapat membantu kamu untuk melancarkan gumpalan darah yang terdapat di bawah permukaan kulit.

  • Mandi dengan air hangat

Selain membuat tubuh lebih rileks, mandi dengan air hangat membantu untuk melebarkan pembuluh darah. Hal ini bermanfaat untuk meningkatkan peredaran darah.

4. Mengonsumsi Makanan Sehat

Protein membantu untuk menghilangkan memar ringan dari hematoma. Hal ini karena protein memiliki manfaat untuk memperbaiki jaringan tubuh. Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12.

Kekurangan vitamin B12 mempermudah kamu mengalami memar dan penggumpalan darah. Vitamin B12 bisa kamu temukan di berbagai makanan hewani. Penuhi juga kebutuhan vitamin C agar pembentukan jaringan baru pada tubuh kamu bisa berlangsung dengan cepat.

Selain itu, kamu juga bisa bertanya langsung pada dokter mengenai kondisi memar yang diakibatkan oleh hematoma. Gunakan aplikasi Halodoc untuk mengetahui informasi mengenai kondisi hematoma. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Baca Juga: Mirip Memar Kemerahan, Kenali 10 Jenis Hematoma Ini