• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Mengobati Bisul yang Praktis dengan Bahan Alami
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Mengobati Bisul yang Praktis dengan Bahan Alami

Cara Mengobati Bisul yang Praktis dengan Bahan Alami

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 13 Januari 2022

“Ada banyak cara mengobati bisul dengan bahan alami yang cukup ampuh. Selain itu, dengan bahan alami biasanya kamu tidak akan mengalami efek samping yang membahayakan. Namun, pastikan untuk mendiskusikannya dahulu dengan dokter sebelum menggunakan bahan-bahan alami ini untuk mengatasi bisul.”

Cara Mengobati Bisul yang Praktis dengan Bahan Alami

Halodoc, Jakarta – Bisul pada kulit adalah luka terbuka yang disebabkan oleh aliran darah yang buruk. Aliran darah yang baik diperlukan untuk penyembuhan luka. Namun, jika kamu memiliki masalah sirkulasi darah, luka ringan tidak bisa sembuh dengan baik. Seiring waktu, cedera ini bisa berubah menjadi bisul. Untungnya ada beberapa cara mengobati bisul, dan beberapa pendekatan alami juga bisa menjadi pilihannya.

Pengobatan perlu dilakukan sebab luka yang terinfeksi serius karena infeksi dapat menyebar ke seluruh tubuh. Secara umum, bisul bisa muncul di kaki, punggung, dan pinggul dan kondisi ini lebih sering terjadi pada orang tua.

Cara Mengobati Bisul dengan Bahan Alami

Berikut ini beberapa cara mengobati bisul yang bisa kamu coba: 

  • Kompres Hangat

Cara yang paling mudah adalah dengan mengompres bisul dengan air hangat, sebab ini akan membantu meningkatkan aliran darah di area bisul. Alhasil, sel darah putih dan antibodi dapat mengalir lancar untuk melawan infeksi. Jadi, kamu bisa coba tempelkan handuk yang sudah dicelup ke air hangat di area bisul selama 20 menit saja. Namun,  pastikan suhu tidak terlalu panas ataupun dingin. 

  • Bubuk Kunyit

Obat alami selanjutnya adalah kunyit, karena ia memiliki sifat antibakteri dan antiradang, sehingga bisa membantu penyembuhan bisul secara alami. Kamu bisa mencoba mengonsumsinya dengan cara merebus kunyit dengan susu. Cara lain seperti mengoleskan bubuk kunyit yang dicampur dengan sedikit air pada area bisul sebanyak dua kali sehari juga bisa menjadi cara yang bisa kamu coba. 

  • Tea Tree Oil (Minyak Pohon Teh)

Umumnya bahan ini digunakan untuk mengatasi jerawat, tetapi tea tree oil juga bisa menjadi cara mengobati bisul yang ampuh. Ini karena tea tree oil memiliki sifat antibakteri dan antiseptik. Namun, kamu tidak boleh langsung mengoleskannya ke kulit. Ada baiknya untuk mencampurkan lima tetes tea tree oil dan satu sendok teh minyak kelapa atau minyak zaitun dan barulah dioleskan ke area bisul menggunakan kapas. 

  • Minyak Kastor (Minyak Jarak)

Minyak kastor atau yang juga dikenal dengan minyak jarak adalah bahan alami yang mengandung asam risinolet yang mampu melawan peradangan, Tak hanya itu saja, ia juga memiliki sifat antibakteri, sehingga cukup ampuh mengatasi bisul. Cukup oleskan minyak ini ke bisul tiga kali sehari hingga kondisi membaik. 

  • Garam Epsom

Bahan ini dikenal bisa membantu membuat tubuh jadi lebih rileks jika kamu mencampurkannya ke air mandi. Selain itu, garam ini juga bisa mengatasi bisul karena ia akan membantu mengeringkan nanah dalam bisul. Cara menggunakannya mudah, yakni cukup larutkan garam epsom ke air hangat dan kamu bisa celupkan handuk dan tempelkan ke area bisul selama 20 menit.

Namun jika gejala bisul yang kamu alami bertambah parah, kamu bisa periksakan diri ke rumah sakit. Untungnya kamu bisa buat janji dengan dokter di rumah sakit melalui Halodoc supaya lebih praktis. Tunggu apa lagi, yuk download aplikasi Halodoc sekarang!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Skin Ulcer.
Medical News Today. Diakses pada 2022. 10 Natural and Home Remedies for Ulcers. 
WebMD. Diakses pada 2022. Ulcer Treatment & Surgery.