• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Mengobati Penyakit Kulit Akibat Gigitan Kutu Kasur
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Mengobati Penyakit Kulit Akibat Gigitan Kutu Kasur

Cara Mengobati Penyakit Kulit Akibat Gigitan Kutu Kasur

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 16 November 2021
Cara Mengobati Penyakit Kulit Akibat Gigitan Kutu Kasur

“Gigitan kutu kasur dapat menimbulkan gejala yang menyiksa. Mulai dari gatal, sakit, bentol, dan kemerahan pada kulit. Untuk mengatasinya, kamu bisa gunakan krim gatal atau bahan alami seperti oatmeal. Namun, jika semakin parah, penting untuk segera ke dokter.”

Halodoc, Jakarta – Pernah mengalami sakit dan gatal di kulit saat bangun di pagi hari? Bisa jadi itu karena gigitan kutu kasur. Serangga kecil berjenis Cimex lectularius dan Cimex hemipterus ini juga bisa ada pada sofa, bantal, atau furnitur berbahan kain lain.

Gigitan kutu kasur dapat menyebabkan reaksi alergi, berupa gejala kemerahan, sakit, dan gatal pada kulit. Pada beberapa kasus, juga bisa menyebabkan iritasi atau bengkak ringan di area gigitan. Lantas, bagaimana cara mengobatinya?

Mengobati Gigitan Kutu Kasur

Sebenarnya, tidak ada metode khusus untuk mengobati gigitan kutu kasur. Menurut American Academy of Dermatology, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membersihkan area gigitan dengan air dan sabun.

Langkah ini penting untuk mencegah infeksi pada kulit dan membantu mengurangi rasa gatal. Setelah itu, jika gatal berlanjut, berikut ini beberapa pengobatan yang bisa dilakukan untuk meredakannya:

  • Hidrokortison (yang dijual bebas dan bisa dibeli tanpa resep).
  • Krim anti gatal.
  • Antihistamin.

Sebagian besar luka gigitan kutu kasur dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu seminggu. Jika pembengkakan parah, meradang, atau gatal berlanjut, segera temui dokter.

Respons imun berlebihan bisa jadi merupakan tanda dari reaksi alergi. Jika hal ini terjadi, dokter dapat memberikan beberapa obat berikut ini:

  • Kortikosteroid suntik.
  • Antihistamin.
  • Obat epinefrin.
  • Antibiotik (jika terjadi infeksi).

Rasa gatal yang parah dapat menyebabkan komplikasi lebih lanjut, seperti infeksi atau jaringan parut. Jika gatal parah dialami, kamu mungkin akan diberi resep krim kortikosteroid yang lebih kuat dan obat antihistamin oral.

Tips Perawatan Rumahan Lainnya

Selain dengan obat, baik yang dibeli dengan atau tanpa resep dokter, gatal akibat gigitan kutu kasur bisa diredakan dengan melakukan beberapa perawatan rumahan ini:

  1. Mandi Oatmeal

Bukan dengan cara dimakan ya, melainkan dicampurkan ke air mandi kamu. Namun, giling dulu oatmeal hingga menjadi bubuk halus. Kalau tidak ingin repot, kamu bisa membeli produk sabun atau scrub yang terbuat dari oatmeal, lalu gunakan untuk mandi.

Oatmeal halus memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan yang dapat merehidrasi kulit. Mandi dengan rendaman bubuk oatmeal juga dipercaya dapat mengurangi intensitas gatal dan menenangkan kulit.

  1. Pakai Losion Gatal Alami

Lotion, gel, dan krim yang dijual bebas dengan bahan-bahan seperti mentol, kapur barus, kalamin, dan lidah buaya merupakan solusi alami yang bagus untuk mengobati kulit gatal.

Jika kamu mengalami masalah kulit gatal akibat gigitan kutu kasur, bahan-bahan tersebut dapat membantu menenangkan kulit dan mengurangi keinginan untuk menggaruk. Sebab, menggaruk dapat memperburuk area yang teriritasi dan meningkatkan risiko infeksi.

  1. Kompres Dingin

Mandi air panas tidak selalu menyembuhkan segalanya. Panas dan paparan air meningkatkan gatal dan membuat kulit menjadi semakin kering. Jadi, alih-alih mandi atau kompres air hangat, cobalah kompres dingin untuk meredakan gatal akibat gigitan kutu kasur. 

Itulah pembahasan mengenai tips mengatasi masalah kulit akibat gigitan kutu kasur. Dapat diketahui bahwa kutu kasur dapat membuat kulit jadi gatal-gatal, sakit, dan kemerahan.

Meski sepele dan bisa sembuh dengan sendirinya, risiko iritasi hingga infeksi tetap ada jika kondisi ini tidak diobati. Jika telah mencoba berbagai tips tadi gatal tak kunjung hilang, download aplikasi Halodoc untuk buat janji dengan dokter spesialis kulit di rumah sakit, agar mendapat penanganan lebih lanjut.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
American Academy of Dermatology. Diakses pada 2021. Bed Bugs: Diagnosis and Treatment.
Medical News Today. Diakses pada 2021. Bed Bug Bites: What You Need To Know.
Healthline. Diakses pada 2021. The 8 Best Remedies for Itching.
Prevention. Diakses pada 2021. 7 Home Remedies That Will Soothe Itchy Skin, According to Dermatologists.