• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Mengolah Daun Seledri untuk Jadi Obat Asam Urat

Cara Mengolah Daun Seledri untuk Jadi Obat Asam Urat

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Cara Mengolah Daun Seledri untuk Jadi Obat Asam Urat

Seledri merupakan salah satu makanan yang baik untuk pengidap asam urat. Hal itu karena sayuran tersebut mengandung senyawa tanaman yang bisa mengurangi produksi asam urat dalam tubuh dan meredakan peradangan. Ada beberapa cara untuk mengolah dan mendapatkan manfaat daun seledri untuk asam urat, seperti memakannya secara mentah, membuat jus, menambahkan dalam sup, dan membuat air rebusan.

Halodoc, Jakarta – Asam urat merupakan masalah kesehatan yang sangat mengganggu karena menimbulkan gejala yang terasa menyakitkan. Penyakit tersebut dikaitkan dengan adanya produksi asam urat berlebihan, hingga akhirnya menumpuk dan membentuk kristal pada sendi dan jaringan tubuh. 

Selain dengan mengonsumsi obat-obatan, kadar asam urat bisa dikendalikan dengan mengonsumsi makanan tertentu. Salah satunya adalah seledri. Sayuran ini mengandung senyawa yang bermanfaat untuk menghambat produksi asam urat dalam tubuh, sehingga bisa meredakan peradangan.

Baca juga: Jangan Keliru, Ini Bedanya Daun Parsley, Ketumbar, dan Seledri

Berikut ini cara mengolah daun seledri untuk mengobati asam urat:

  1. Nikmati Seledri Mentah

Untuk mendapatkan manfaat daun seledri yang baik untuk asam urat, kamu bisa mengonsumsinya secara langsung tanpa perlu memasaknya terlebih dahulu alias secara mentah. Namun, pastikan kamu sudah mencuci seledri sampai bersih terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya.

Baca juga: 8 Jenis Makanan yang Lebih Baik Dikonsumsi Mentah

  1. Menambahkannya ke Dalam Makanan

Kamu juga bisa menambahkan daun seledri dan batangnya ke dalam berbagai menu makanan, seperti sup atau salad. Dibanding daun dan batang, komponen yang bermanfaat untuk asam urat sebenarnya lebih banyak ditemukan pada biji seledri. Oleh karena itu, kamu juga bisa menambahkan biji seledri sebagai bumbu ke dalam makanan kamu.

  1. Membuat Jus Seledri

Minum jus seledri juga baik untuk mendapatkan manfaat daun seledri untuk mengobati asam urat. Cara membuatnya cukup mudah, kamu cukup memotong seledri kecil-kecil, lalu masukkan ke dalam blender, kemudian tambahkan air perasan lemon dan es batu. Setelah selesai diblender, saring jus terlebih dahulu dan jus seledri siap diminum.

  1. Air Rebusan Seledri

Cara lain mengolah seledri yang juga cukup mudah untuk dilakukan adalah dengan merebus daun dan batang seledri yang sudah dibersihkan dan dipotong kecil-kecil. Kemudian, kamu bisa menambahkan biji seledri ke dalam air rebusan tersebut lalu meminumnya.

Baca juga: 5 Jenis Obat yang Efektif Atasi Penyakit Asam Urat

Bila asam urat masih sering kambuh setelah kamu rutin mengonsumsi daun seledri, coba bicarakan saja pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Melalui Video/Voice Call dan Chat, dokter terpercaya bisa memberi kamu saran kesehatan yang tepat. Yuk, download aplikasinya sekarang juga.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. Can Different Parts of the Celery Plant Naturally Treat Gout?.
Ayur Times. Diakses pada 2021. How Celery Can Lower Your Uric Acid Levels?