• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Mengolah Scallops Menjadi Makanan yang Bergizi

Cara Mengolah Scallops Menjadi Makanan yang Bergizi

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Cara Mengolah Scallops Menjadi Makanan yang Bergizi

Scallops adalah salah satu jenis makanan laut yang punya banyak nutrisi, sehingga bisa memberikan banyak manfaat kesehatan. Namun, untuk mendapatkan nutrisi dari scallops sebanyak mungkin, kamu perlu mengolahnya dengan cara yang sehat. Baking, broiling, menggoreng di atas wajan, dan grilling adalah beberapa cara mengolah scallops menjadi makanan yang bergizi.

Halodoc, Jakarta – Scallops atau yang disebut juga kerang simping merupakan salah satu jenis makanan laut yang disukai banyak orang. Dagingnya yang tebal, bertekstur juicy, dan memiliki rasa manis memang bisa membuat siapa saja yang memakannya menjadi ketagihan.

Buat kamu yang suka makan scallops, ada berita baik nih. Selain rasanya yang enak, makanan laut ini ternyata juga mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan. Kaya akan protein dan rendah lemak, scallops bisa membantu kamu menurunkan berat badan karena memberi rasa kenyang lebih lama. Makanan yang satu ini juga merupakan sumber antioksidan yang hebat yang bisa melindungi tubuh kamu dari kerusakan sel akibat penyakit kronis. Belum lagi asam lemak omega-3 yang dimilikinya juga baik untuk mendukung fungsi saraf dan memori. Masih ada banyak nutrisi lain yang dimiliki scallops, sehingga makanan laut ini baik untuk dikonsumsi.

Namun, berapa banyak nutrisi yang bisa kamu dapatkan dari scallops tergantung dari cara kamu memasaknya. Oleh karena itu, yuk perhatikan cara mengolah scallops di sini agar kamu bisa membuatnya menjadi makanan yang bergizi.

Baca juga: Intip Kandungan Nutrisi Kerang dan Manfaatnya

Cara Sehat Mengolah Scallops

Mengolah scallops sebenarnya sangat sederhana, tetapi daging kerang yang awalnya empuk bisa mengeras saat dimasak. Jadi, penting untuk memerhatikan waktu memasak dan masak scallops hanya sampai ia sudah matang. Selain itu, scallops juga sering diolah dengan menggunakan tambahan, seperti tepung, saus krim, dan lain-lain. Hal itu bisa membuat kerang sehat tersebut menjadi makanan tinggi lemak. Padahal scallops pada dasarnya adalah makanan rendah lemak. Jadi, semakin sederhana kamu mengolahnya, semakin sehat makanan tersebut.

Berikut ini beberapa cara mengolah scallops yang sehat:

  1. Baking

Mengolah kerang dengan cara memanggangnya memang tidak secepat menggoreng atau merebusnya, tetapi bisa menghasilkan hidangan kerang yang empuk. Trik memanggang scallops tanpa membuatnya menjadi kering ada tiga, yaitu masak dengan api besar, basahi dan jangan masak terlalu lama. Untuk membuat scallops menjadi hidangan yang sehat dan bergizi, pastikan kamu tidak menambahkan apa pun yang mengandung lemak tinggi, gula, atau garam.

Taburkan dulu air perasan lemon dan lada ke atas scallops, lalu panggang kerang tersebut di dalam oven dengan suhu 232 derajat Celsius selama 10 menit, dan voila! Kamu bisa menikmati hidangan kerang panggang yang nikmat.

  1. Broiling

Metode broiling atau memanggang dengan menggunakan panas api yang tinggi dan langsung juga bisa menjadi cara yang baik untuk mengolah scallops yang cepat matang. Dengan memasaknya dengan cara broiling, kamu bisa membuat hidangan kerang yang lembut dan renyah hanya dalam beberapa menit.

Caranya, oleskan minyak zaitun dengan menggunakan kuas pada scallops agar tidak terlalu cepat berubah warna menjadi cokelat atau mengering. Walaupun bisa menambah jumlah lemak, tetapi minyak zaitun kaya akan asam lemak omega-3 yang baik untuk mengatur kadar kolesterol kamu. Kemudian, panggang kerang tidak lebih dari 5 menit, lalu balik dan panggang lagi selama satu menit.

Baca juga: Makan Seafood yang Hidup, Lebih Sehat?

  1. Menggoreng

Menggoreng scallops di atas wajan yang panas adalah cara cepat dan sederhana untuk mendapatkan kerang yang matang sempurna. Metode masak ini bisa menghasilkan kerak kecokelatan di bagian luar kerang yang terasa renyah dan enak, sedangkan bagian dalamnya matang sempurna sehingga terasa lembut.

Caranya, panaskan wajan terlebih dahulu dengan api sedang, lalu tambahkan minyak zaitun dan sedikit bawang putih untuk penyedap rasa. Masukkan scallops sekaligus, tetapi jangan sampai memenuhi wajan, lalu masak tiap kerang selama 2–3 menit, balik, lalu masak lagi 2–3 menit. Sajikan segera.

  1. Grilling

Mengolah scallops dengan cara memanggang atau grilling bisa menghasilkan hidangan kerang yang lezat dengan aroma arang yang khas berpadu sempurna dengan rasa manis kerang dan tekstur yang creamy dari butter yang digunakan.

Caranya, tusuklah kerang dengan tusuk sate dari sisi ke sisi, bukan dari atas ke bawah. Rekatkan dengan potongan sayur atau gunakan dua tusuk sate paralel agar kerang tidak goyang-goyang saat kamu membaliknya. Masaklah selama 2–3 menit tiap sisi pada panggangan dengan panas sedang-tinggi yang sudah dilumuri minyak atau mentega.

Baca juga: Suka Seafood, Waspada 3 Hal ini Kalau Makan Kerang

Itulah cara mengolah scallops menjadi makanan yang bergizi. Namun, bagi kamu yang punya alergi, sebaiknya hindari makanan laut satu ini. Bila kamu tidak sengaja memakannya dan reaksi alergi yang muncul cukup parah, segera temui dokter di rumah sakit dengan buat janji melalui aplikasi Halodoc. Karena itu, yuk download aplikasinya sekarang juga agar kamu bisa mendapatkan solusi kesehatan terlengkap dengan mudah.

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
WebMD. Diakses pada 2021. Scallops: Are There Health Benefits?.
Livestrong. Diakses pada 2021. Healthy Ways to Cook Scallops.
Eating Well. Diakses pada 2021. Everything You Need to Know About Cooking Scallops.