• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh dengan Vitamin
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh dengan Vitamin

Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh dengan Vitamin

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc : 29 November 2021
Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh dengan Vitamin

“Ada beberapa cara untuk meningkatkan imunitas tubuh, salah satunya melalui konsumsi vitamin. Beberapa vitamin yang diperlukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh adalah vitamin C, E, A, B, dan D. Vitamin-vitamin ini bisa kamu peroleh dari makanan.”

Imun tubuh yang baik dapat menghindarkan kamu dari infeksi COVID-19. Menjalankan pola hidup sehat, seperti rutin berolahraga dan tidak begadang, adalah cara baik untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Selain itu, asupan vitamin tertentu juga dapat membantu memaksimalkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin apa sajakah yang berperan dalam meningkatkan imunitas tubuh?

1. Vitamin C

Vitamin C dapat membantu mencegah infeksi atau mempersingkat masa tinggal virus ataupun bakteri di tubuh. Jeruk, bayam, kubis, paprika, stroberi, dan pepaya adalah jenis makanan yang mengandung vitamin C.

2. Vitamin E

Seperti vitamin C, vitamin E bisa menjadi antioksidan kuat yang membantu tubuh melawan infeksi. Vitamin penting ini karena berperan di hampir 200 reaksi biokimia dalam tubuh, di mana reaksi biokimia inilah yang berperan sebagai fungsi sistem kekebalan tubuh. 

Kacang almond, kacang tanah, biji bunga matahari, minyak kedelai, dan kacang hazel adalah jenis makanan yang direkomendasikan dikonsumsi sebagai pelengkap vitamin E.

3. Vitamin A

Vitamin A adalah penangkal infeksi yang baik. Bila kamu ingin meningkatkan imunitas tubuh dengan vitamin, mengonsumsi wortel, ubi jalar, labu, blewah, serta sayuran berdaun hijau sangat direkomendasikan.

4. Vitamin D

Vitamin D adalah salah satu nutrisi paling penting dan kuat yang mendukung sistem kekebalan tubuh. Sumber makanan yang mengandung vitamin D adalah ikan salmon, ikan kembung, tuna, dan sarden. Vitamin D juga bisa kamu dapatkan melalui susu, jus jeruk, dan sereal.

5. Vitamin B

Vitamin B kompleks memiliki manfaat membantu tubuh mengelola makanan dan minuman menjadi energi. Saat kebutuhan tubuh akan energi terpenuhi, metabolisme akan meningkat. Dengan begitu, tubuh tidak akan mudah terserang penyakit.

Beberapa jenis makanan yang kaya akan vitamin B adalah kacang-kacangan, biji-bijian, susu, daging ayam, ikan, brokoli, dan paprika.

Kalau kamu ingin mengetahui informasi lebih lengkap mengenai hal ini atau masalah kesehatan lainnya, tanyakan saja pada dokter melalui aplikasi Halodoc! Yuk, download aplikasinya sekarang juga!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2021. 8 Vitamins & Minerals You Need for a Healthy Immune System.
UGM.ac.id. Diakses pada 2021. Ways to Boost Your Immune System during Covid-19 Pandemic.