• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Menjaga Kebersihan saat Sedang Menstruasi

Cara Menjaga Kebersihan saat Sedang Menstruasi

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Cara Menjaga Kebersihan saat Sedang Menstruasi

Halodoc, Jakarta – Menstruasi adalah kondisi normal yang dialami wanita setiap bulannya. Keluarnya darah saat menstruasi terkadang membuat kamu sedikit tidak nyaman, karena harus memakai pembalut sepanjang hari. Namun, ketidaknyamanan ini sebenarnya bisa diminimalkan jika kamu menjaga kebersihan daerah intim.

Kebersihan Miss V adalah kunci utama menstruasi yang aman dan tentram. Sebab, jika kamu malas mengganti pembalut dan membersihkan Miss V, siap-siap merasakan rasa gatal dan ketidaknyamanan lainnya.

Baca juga: 7 Arti Warna Darah Menstruasi yang Perlu Diketahui

Tips Menjaga Kebersihan saat Menstruasi

Berikut cara menjaga kebersihan diri saat sedang menstruasi:

1. Rutin Mengganti Pembalut

Jangan menggunakan pembalut atau tampon terlalu lama. Tak sedikit wanita yang malas atau tak sempat mengganti pembalut karena aktivitas yang padat. Padahal, rutin mengganti pembalut sangat penting dalam menjaga kebersihan Miss V selama menstruasi. Pembalut yang kamu gunakan langsung bersentuhan dengan kulit Miss V. 

Apabila tidak sering diganti, pembalut yang kotor ini rentan gatal-gatal dan terkena infeksi bakteri. Oleh sebab itu, pastikan kamu mengganti pembalut setidaknya empat jam sekali. Jika kamu menggunakan menstrual cup, kamu juga harus sering menggantinya. 

2. Bersihkan Area Kemaluan

Selain rutin mengganti pembalut kamu juga perlu rutin membersihkan daerah kemaluan. Membersihkan Miss V bertujuan untuk menghilangkan sisa-sisa darah yang menempel di kulit Miss V. Pastikan untuk mandi dua kali sehari dengan cairan antiseptik dan basuh area kemaluan dengan air hangat dari arah depan ke belakang. 

3. Buang Pembalut Bekas dengan Aman

Pembalut tidak dapat langsung dibuang ke tempat sampah. Kamu harus membungkusnya dengan kertas terlebih dahulu sebelum dimasukan ke dalam tempat sampah. Pembalut bekas membawa kuman dan bakteri dan jika dibiarkan terbuka ke udara dapat mengeluarkan bau yang tidak sedap. Apabila kamu menggunakan menstrual cup, cuci sekali sehari dengan air hangat dan cairan antiseptik untuk menghilangkan semua kuman. 

Baca juga: Tips Atasi Insomnia saat Menstruasi

4. Hindari Penggunaan Douche

Hindari menggunakan douche selama menstruasi. Sejauh ini, tidak ada bukti ilmiah yang menerangkan manfaat penggunaan douche untuk kesehatan reproduksi wanita. Douche justru dinilai menimbulkan efek samping tertentu untuk Miss V, seperti bacterial vaginosis. Pasalnya, cairan ini bukan hanya membunuh bakteri berbahaya, tetapi juga bakteri baik yang hidup alami di dalam Miss V. 

5. Gunakan Pakaian Dalam yang Menyerap Keringat

Pilih pakaian dalam yang berbahan serratus persen katun. Sebab, bahan katun efektif menyerap keringat, sehingga Miss V terhindar dari bau yang tidak sedap. Selain memilih pakaian dalam berbahan katun, sebaiknya hindari menggunakan pakaian yang terlalu ketat. Pakaian yang sangat ketat justru bias menjebak keringat di dalam tubuh dan menimbulkan bau yang tidak sedap.

6. Cuci Tangan sebelum Mengganti Pembalut dan Membasuh Miss V

Jangan lupa untuk selalu mencuci tangan sebelum mengganti pembalut dan membasuh Miss V. Gunakan sabun saat mencuci tangan untuk memastikan tangan benar-benar bersih dari kuman. Tangan yang kotor berisiko memindahkan bakteri ke area kemaluan.

Baca juga: Belum Menikah, Dapatkah Memakai Menstrual Cup?

Itulah beberapa tips kebersihan selama menstruasi yang bisa kamu praktekkan. Apabila stok pembalut sudah menipis, kamu bisa membelinya di toko kesehatan Halodoc. Tak perlu repot mengantre di apotek, tinggal klik lalu pesanan langsung diantar ke tempatmu.

This image has an empty alt attribute; its file name is 341606_30-7-2020_12-43-53.png
Referensi:
Healthywomen.org. Diakses pada 2021. Mistakes You’re Making During Your Period.
Verywell Health. Diakses pada 2021. Staying Clean During Your Period.