• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Menyiapkan Makanan Sehat untuk Anjing
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Menyiapkan Makanan Sehat untuk Anjing

Cara Menyiapkan Makanan Sehat untuk Anjing

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc : 26 November 2021
Cara Menyiapkan Makanan Sehat untuk Anjing

“Makanan sehat anjing bisa kamu dapatkan di toko hewan terdekat. Namun, bagaimana jika kamu memutuskan untuk menyiapkan sendiri alias memberikan anjing kesayangan makanan buatan rumah? Agar tetap terpenuhi gizi hariannya, perhatikan hal-hal berikut ini.”

Halodoc, Jakarta – Memberikan makanan sehat anjing tentu sangat penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian dan menjaga kesehatan hewan tersebut. Mungkin, kamu beranggapan bahwa sangat menarik mengetahui apakah anjing peliharaan menyukai makanan yang sama dengan apa yang kamu konsumsi. Namun, perhatikan bahwa kebutuhan nutrisi anjing tentu berbeda dengan kebutuhan nutrisi harian manusia. 

Inilah mengapa, untuk memudahkan semua pemilik anjing memenuhi kebutuhan nutrisi hewan peliharaan mereka, banyak sekali makanan anjing siap saji yang bisa kamu dapatkan di toko hewan terdekat. Lalu, bagaimana jika kamu ingin memasak makanan sendiri untuk mereka? Tidak masalah, asalkan dilakukan dengan benar. 

Cara Menyiapkan Makanan Sehat untuk Anjing

Sebelum memutuskan menyiapkan sendiri makanan sehat anjing kesayangan, hal pertama yang kamu perlukan adalah saran langsung dari dokter hewan. Lalu, ahli gizi untuk hewan satu ini. Tidak sulit, kalau kamu tidak sempat berkunjung ke klinik hewan, kamu bisa bertanya langsung pada dokter hewan melalui aplikasi Halodoc. Jadi, pastikan kamu sudah punya aplikasi Halodoc dengan download secara gratis melalui App Store maupun Play Store.

Selanjutnya, ikuti langkah berikut ini:

  • Memastikan Pakan dengan Gizi Seimbang

Kebutuhan nutrisi anjing berbeda dengan kebutuhan manusia, tentunya menjadi hal yang sangat penting untuk memberikan makanan anjing dengan diet yang seimbang. Tak hanya itu, nutrisi yang diberikan pun sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan tubuh, sehingga kesehatan anjing pun tetap optimal. 

Nutrisi ini termasuk kalori untuk mempertahankan berat badan atau mendorong kenaikan maupun penurunan berat badan, pastinya berdasarkan diet yang sesuai dengan anjing. Lalu, jangan lupa protein, lemak, vitamin, dan mineral. Nutrisi berlebihan atau tidak mencukupi kebutuhan bisa mengakibatkan anjing rentan mengalami banyak masalah kesehatan, kekurangan gizi, obesitas, bahkan kematian.

  • Resep yang Tepat dan Terpercaya

Sekali lagi, kesehatan anjing kamu sangat erat kaitannya dengan pemberian nutrisi dalam jumlah yang tepat, tidak berlebih, atau kurang. Jadi, meski kamu bisa menemukan banyak sekali resep makanan anjing buatan sendiri secara daring, melalui buku atau majalah, selalu pahami bahwa tidak semua resep telah melalui pemeriksaan ahli gizi atau dokter hewan untuk memastikan bahwa resep tersebut telah memenuhi gizi seimbang. 

  • Ikuti Resepnya dengan Benar

Setelah mendapatkan resep yang pas, langkah berikutnya adalah pastikan kamu mengikuti resep tersebut dengan benar. Ikuti semua hal, mulai dari bahan yang digunakan, berat penggunaan bahan, hingga metode memasak yang digunakan. Metode memasak juga sangat penting, karena makanan yang disajikan dengan dikukus, dipanggang, digoreng, atau direbus bisa memengaruhi komposisi nutrisi makanan, tentunya akan berdampak pada diet yang sedang dijalani anjing kesayangan. 

Menambah atau mengganti bahan-bahan, seperti menambah ayam di atasnya, atau mengganti daging ayam dengan daging sapi dalam resep yang diberikan akan membuat diet menjadi tidak seimbang dan menimbulkan risiko untuk memberikan terlalu banyak atau justru tidak memenuhi nutrisi hariannya. 

  • Pilih Bahan Berkualitas dan Aman

Banyak makanan, seperti cokelat, anggur, kismis, dan kacang macadamia ternyata tidak aman atau beracun untuk anjing peliharaan. Jadi, ketika menyiapkan makanan sehat anjing, pastikan kamu menghindari menggunakan bahan tersebut. Tak hanya itu, pastikan juga bahan yang kamu pakai untuk membuat makanan anjing memiliki kualitas terbaik, dan jagalah hal tersebut tetap konsisten. 

Memang benar, menemukan waktu yang tepat untuk menyiapkan makanan sehat untuk diri sendiri dan keluarga bukan hal yang mudah dilakukan, apalagi menyiapkan makanan anjing. Mungkin, kamu bisa mempertimbangkan untuk menyusun menu makanan selama satu minggu. Atau, memasak makanan yang bisa disimpan di lemari pendingin untuk menghindari berulang kali memasak. 

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi: 

PetMD. Diakses pada 2021. Homemade Dog Food: Is It Healthy to Cook for Your Dog?