• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Menyusui Bayi Kembar yang Benar Agar Puting Tidak Lecet
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Menyusui Bayi Kembar yang Benar Agar Puting Tidak Lecet

Cara Menyusui Bayi Kembar yang Benar Agar Puting Tidak Lecet

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 16 November 2021
Cara Menyusui Bayi Kembar yang Benar Agar Puting Tidak Lecet

Ibu yang memiliki bayi kembar sangat rentan mengalami puting lecet saat menyusui. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara menyusui bayi yang benar agar hal tersebut bisa dicegah. Meskipun tampaknya lebih merepotkan, ibu bisa menyusui bayi kembar dengan nyaman bila sudah mengetahui caranya.”

Halodoc, Jakarta – Bagi para ibu yang memiliki bayi kembar, menyusui mungkin bisa menjadi hal yang cukup menantang. Bagaimana tidak, ada dua mulut yang perlu diberi makan dan dua tubuh kecil yang perlu digendong dengan seimbang di sisi kiri dan kanan.  

Menyusui tentu saja bisa memberikan banyak manfaat bagi ibu dan bayi kembar. Namun, bila tidak dilakukan dengan benar, menyusui bayi kembar baik secara bersamaan maupun bergiliran, bisa menyebabkan puting ibu lecet. Puting lecet adalah masalah umum yang dialami oleh banyak ibu menyusui, tetapi ibu dengan bayi kembar berisiko lebih tinggi untuk mengalaminya. Oleh karena itu, penting bagi ibu dengan bayi kembar untuk mengetahui cara menyusui bayi yang benar agar puting tidak lecet.

Tips Menyusui Bayi Kembar yang Benar

Berikut adalah cara menyusui bayi kembar yang benar agar puting ibu tidak lecet:

  • Pastikan Bayi Melekat pada Payudara dengan Benar

Menyusui bayi kembar otomatis membuat ibu menyusui lebih banyak, sehingga risiko puting ibu lecet lebih besar. Namun, hal itu sebenarnya bisa dicegah bila bayi melekat pada payudara dengan benar pada saat menyusui.

Untuk itu, pada awal menyusui, cara menyusui bayi kembar yang benar dan dianjurkan adalah satu per satu secara bergantian. Hal ini memungkinkan ibu untuk melihat seberapa baik tiap bayi melekat pada payudara, sehingga ibu bisa mengatasi masalah apa pun yang ada.

  • Gonta-Ganti Posisi Menyusui 

Bukan hanya bisa membantu mengosongkan ASI di semua area payudara, bergonta-ganti posisi menyusui juga bisa mencegah bagian yang sama dari areola terus-menerus mendapatkan gesekan dan tekanan dari isapan bayi yang bisa menyebabkan lecet. 

Bagi ibu dengan bayi kembar, ibu bisa menyusui mereka secara bersamaan dengan mencoba posisi double cradle hold atau double football hold. Dalam posisi ini, ibu menggendong setiap bayi dalam gendongan atau pegangan sepak bola. Sebagai alternatif, ibu juga bisa meletakkan kedua bayi dalam posisi kepala bertemu dengan kepala, di atas bantal tepat di hadapan ibu. Pastikan untuk menjaga tubuh bayi menghadap ke arah ibu, bukan menghadap ke atas. Gunakan telapak tangan ibu untuk menopang setiap kepala bayi. 

Bila ibu ingin menyusui bayi kembar secara terpisah, ibu bisa mencoba posisi cross cradle hold untuk melekatkan bayi dengan benar pada payudara. Pada posisi menyusui ini, ibu menggunakan tangan kiri untuk menopang bayi yang menyusu di payudara kanan. Beberapa alternatifnya, antara lain menyusui dengan berbaring menyamping atau dalam pegangan sepak bola.

  • Gonta-Ganti Sisi Payudara Saat Menyusui

Bayi biasanya mengisap payudara dengan kuat di awal setiap kali menyusui. Nah, dengan sering mengganti payudara tempat bayi menyusui, ibu bisa mencegah payudara yang sama terus-menerus mendapatkan tekanan yang besar. Ini juga merupakan cara menyusui bayi yang benar dan dianjurkan untuk mengoptimalkan produksi ASI ibu. 

Nah, untuk ibu dengan bayi kembar, ibu bisa menyusui bayi kembar secara terpisah dan mengganti sisi payudara setiap kali menyusui.

  • Lepaskan Mulut Bayi dari Payudara dengan Benar

Tidak semua bayi akan melepaskan isapannya sendiri setelah menyusu. Bila bayi ibu suka tetap menempel pada payudara setelah menyusui, ibu bisa mempelajari cara melepaskan isapan bayi dengan benar dari payudara. Hal ini membantu untuk mencegah puting payudara lecet.

  • Gunakan Nipple Shield dengan Benar

Pelindung puting susu atau nipple shield adalah alat menyusui yang bermanfaat, tetapi hanya boleh digunakan di bawah panduan langsung dari dokter atau spesialis menyusui ibu. Sebab, ketika digunakan dengan tidak benar, pelindung puting malah bisa membuat puting lecet dan berdampak negatif pada menyusui.

Itulah cara menyusui bayi yang benar untuk mencegah puting lecet. Namun, bila puting ibu terlanjur lecet, jangan khawatir. Ibu bisa cek kebutuhan krim untuk mengobati puting lecet di aplikasi Halodoc. Tidak perlu keluar rumah ya bu, cukup pesan lewat aplikasi saja dan pesanan ibu akan diantar dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Verywell Family. Diakses pada 2021. How to Prevent Friction Blisters When Breastfeeding
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Breast-feeding twins: Making feedings manageable.