• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Menyusui Bayi yang Benar Agar Puting Susu Tidak Lecet

Cara Menyusui Bayi yang Benar Agar Puting Susu Tidak Lecet

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Cara Menyusui Bayi yang Benar Agar Puting Susu Tidak Lecet

“Cara menyusui bayi perlu dilakukan dengan benar. Hal ini penting untuk menghindari lecet pada puting susu ibu. Selain itu, cara yang tepat yang dilakukan juga bisa membantu ibu maupun bayi merasa nyaman selama proses menyusui.

Halodoc, Jakarta – Cara menyusui bayi sebenarnya tidak sulit. Namun, ada teknik tertentu yang perlu diketahui ibu agar proses menyusui bisa dilakukan dengan nyaman. Melakukan cara yang benar saat menyusui juga bisa membantu mencegah puting susu ibu lecet. Lantas, bagaimana cara menyusui bayi yang tepat? 

Bagi ibu baru, cara menyusui bayi mungkin masih terasa asing dan harus dipelajari lebih lanjut. Alhasil, risiko terjadinya lecet pada puting susu akan menjadi lebih besar. Namun jangan khawatir, seiring berjalannya waktu, ibu akan terbiasa dan bisa melakukannya dengan benar. Biar lebih cepat bisa, ada beberapa cara menyusui bayi yang bisa dilakukan. 

Baca juga: Manfaat Daun Katuk Bagi Kesehatan Ibu Hamil dan Menyusui

Cara Menyusui Bayi yang Benar untuk Ibu Baru 

Agar proses menyusui bayi bisa berjalan lancar dan nyaman, baik bagi ibu maupun bayi, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Antara lain: 

  1. Perhatikan Posisi Tubuh 

Cara menyusui bayi meliputi posisi tubuh ibu dan bayi. Pastikan bayi dan ibu berada dalam kondisi yang rileks dan nyaman. Posisi yang baik adalah kepala bayi harus lebih tinggi dibandingkan tubuhnya. Hal ini bisa memudahkan bayi dalam menelan ASI.

Baca juga: Mitos dan Fakta tentang Menyusui yang Perlu Diketahui Ibu 

  1. Dekatkan Bayi ke Payudara 

Setelah bayi berada di posisi yang tepat, dekat kan mulut bayi ke payudara ibu. Kemudian, tunggu hingga mulutnya terbuka lebar dengan posisi lidah ke arah bawah. Jika bayi belum bisa melakukannya, cobalah untuk membantu dan merangsang bibir bayi. 

  1. Atur Posisi Payudara 

Saat bayi mulai menyusu, ibu juga harus memperhatikan posisi payudara sehingga mulut bayi bisa melekat dengan baik. Pastikan area bawah puting payudara pas dengan mulut bayi. 

  1. Waktu Menyusu 

Lecet pada puting susu juga bisa terjadi akibat waktu menyusu yang terlalu lama. Maka dari itu, ibu perlu mengetahui waktu menyusu yang dibutuhkan Si Kecil. Pada bayi baru lahir, proses menyusui biasanya berjalan selama 15–20 menit setiap 2–3 jam sekali. Namun kembali lagi, sesuaikan durasi pemberian ASI dengan kebutuhan bayi. 

  1. Perlengkapan yang Dibutuhkan 

Penting juga untuk menyiapkan semua perlengkapan yang dibutuhkan saat menyusui bayi. Ibu bisa mengenakan bra khusus, bantal, hingga kasur yang membuat ibu dan bayi nyaman. 

Baca juga: Pentingnya Kolostrum untuk Kesehatan Ibu dan Bayi

Jika ibu masih selalu mengalami puting lecet meskipun sudah menerapkan cara menyusui yang tepat, coba bicarakan pada dokter di aplikasi Halodoc. Lebih mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call atau Chat. Download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi: 
NHS UK. Diakses pada 2021. Breastfeeding: Positioning and Attachment.
Baby Centre UK. Diakses pada 2021. Breastfeeding for Beginners.