• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Merawat Kucing Persia Berdasarkan Jenisnya

Cara Merawat Kucing Persia Berdasarkan Jenisnya

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Cara Merawat Kucing Persia Berdasarkan Jenisnya

Cara merawat kucing Persia apapun jenisnya sama saja. Kamu tetap perlu menyikat bulunya, memerhatikan kesehatan mata dan telinga serta kukunya. Mungkin untuk jenis tertentu dengan warna lebih cerah perlu perhatian khusus, karena warna cerah dapat membuat kucing cepat kotor.

Halodoc, Jakarta – Siapa pun yang pernah melihat kucing Persia tahu kalau kucing jenis ini tampak begitu anggun, berbeda dengan jenis kucing lainnya. Kucing Persia terkenal karena memiliki bulu yang panjang dan lembut serta karakter yang santai, sehingga membuat penyuka kucing merasa nyaman di dekatnya. 

Bulu yang panjang dan lembut menjadi salah satu tantangan dalam memelihara kucing Persia. Kamu perlu mencari sikat yang dapat menembus bulu panjang kucing ini. Bulu yang panjang juga menjadi kendala karena kotorannya kerap nyangkut di bulu. Perlu diketahui kalau kucing Persia ini punya banyak jenis, lantas apakah cara merawatnya berbeda? Baca selengkapnya di sini!

Membersihkan Mata sampai Potong Kuku

Cara merawat kucing Persia apapun jenisnya sama saja. Pemeliharaannya mencakup:

Baca juga: Seberapa Seringkah Kucing Harus Dimandikan?

1. Menyikat Bulu

Kucing Persia memiliki bulu ganda yang panjang dan halus dan gampang kusut dengan mudah. Sisir bergigi lebar adalah yang paling efektif untuk menghilangkan kusut. Area yang paling bermasalah biasanya di belakang telinga, di bawah dagu, daerah perut, dan di bawah setiap lengan. 

2. Area Mata

Kebanyakan kucing Persia memiliki area mata yang sensitif dan gampang kotor. Bila kotoran menumpuk di sekitar mata akanmenyebabkan infeksi. Mata mereka harus diusap dengan lembut dua kali sehari dengan larutan pembersih mata khusus atau cukup air hangat.

3. Kebersihan Telinga

Kucing Persia memiliki telinga yang lebih kecil dan lebih halus daripada kebanyakan ras sehingga mudah untuk mengalami infeksi. Gunakan bola kapas untuk membersihkan telinga kucing yang sudah dibasahi dengan pembersih telinga lalu seka dengan lembut. 

4. Memotong kuku

Kucing Persia, seperti semua kucing lainnya perlu senantia dipangkas kukunya. Cakar depan seharusnya dipotong setiap beberapa minggu, tetapi cakar belakang tumbuh lebih lambat dan dapat dilakukan lebih jarang.

5. Perawatan gigi

Menyikat gigi kucing Persia akan membantu mengurangi penumpukan karang gigi dan mencegah penyakit gigi. 

6. Waktu Mandi

Frekuensi mandi akan tergantung pada kondisi bulu kucing Persia. Seekor kucing Persia akan mulai terlihat berminyak karena menjadi lebih kotor, keset bila jarang dimandikan.

Mengenal Jenis Kucing Persia

Kucing Persia ada banyak jenisnya, beberapa diantaranya adalah:

1. Bicolor

Ini mengacu pada kucing Persia yang memiliki dua pola warna berbeda pada tubuhnya. Kucing Persia Bicolor memiliki kombinasi warna berbeda yang dapat mencakup warna merah, hitam, putih, krim, hingga cokelat, dan bahkan ungu. Tanda penting kalau jenis kucing Persia ini adalah Bicolor adalah memiliki dua warna selain putih. 

2. Himalayan

Himalayan adalah hasil dari perkawinan kucing Persia dengan kucing Siam. Kucing Persia Himalayan memiliki sejumlah pola warna dengan bentuk yang berbeda. Kucing ini sangat jarang ada, sehingga kalau kamu memiliki jenis kucing Persia ini harus hati-hati dalam menjaganya.

Baca juga: Tidak Sama, Tips Tepat Merawat Anak Kucing Persia

3. Tabby

Kucing dengan pola tabby memang kerap dimiliki kucing jenis lain—tidak hanya Persia. Tapi yang membuat Tabby Persia unik adalah karakteristiknya Persia tapi punya pola tabby yang lucu. Pola tabby adalah pola garis-garis atau melingkar, bahkan perpaduan bintik dan garis.

4. Shaded and Smoke

Apa yang membuatnya disebut begini karena tampilan kucing ini seperti memiliki warna asap yang diarsir dengan warna putih atau krem di bawahnya dan kombinasinya. Kucing Persia jenis Shaded and Smoke tidak memiliki banyak warna dan hanya memiliki enam warna berbeda.

5. Particolor

Particolor adalah jenis kucing Persia yang memiliki warna misterius dan eksotis. Itu bisa jadi kucing hitam dengan bercak merah di seluruh tubuhnya atau memiliki sedikit lilac dan biru. Ini adalah pola dan tampilan yang sangat mencolok dan cukup populer karena kombinasinya yang mewah. 

Baca juga: 4 Cara Berwisata Bersama Kucing Kesayangan

6. Silver and Golden

Kucing Persia jenis ini adalah kucing yang tampak benar-benar putih dengan nyala perak dan emas di seluruh ujungnya. Kucing Persia jenis ini membutuhkan ketelatenan dalam hal merawatnya. Soalnya bulunya gampang terlihat kotor karena warnanya cerah. 

Sebenarnya apapun jenis kucingmu perlu perawatan untuk menjaganya tetap bersih dan sehat. Kalau kamu butuh informasi lebih lengkap mengenai seputar cara menjaga kesehatan kucing, tanyakan saja langsung ke Halodoc!

Referensi:
Kittentoob.com. Diakses pada 2021. How Many Different Types of Persian Cat are There?
Pet MD. Diakses pada 2021. What You Need to Know Before Bringing Home a Persian Cat
Humane Society of Chittenden County. Diakses pada 2021. Persian Cat Care