• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Merawat Kulit Leher Tetap Kencang dan Awet Muda

Cara Merawat Kulit Leher Tetap Kencang dan Awet Muda

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta - Sebagai wanita, kamu pasti selalu berusaha untuk tampil cantik. Kadang-kadang wanita juga kerap melakukan tindakan yang sangat ekstrem untuk menjaga wajah agar tetap bersinar dan indah serta membuatnya bebas dari garis-garis halus dan kerutan.

Namun, suatu hari saat kamu menginjak usia pertengahan 30-an, kamu mulai memperhatikan bahwa kulit di sekitar leher menjadi gelap, dan memiliki garis-garis halus dan kerutan. Dan kamu menyadari bahwa perawatan tampaknya bukan hanya untuk wajah saja, tetapi leher juga membutuhkan perawatan. 

Kebanyakan wanita kerap kali gagal merawat leher dengan benar karena fokus selalu tertuju pada wajah dan tangan. Jika area kulit leher mulai gelap dan banyak kerutan, mungkin sudah saatnya kamu melakukan perawatan kecantikan berikut!

Baca juga: 3 Tips Perawatan Wajah Sehari-hari Anti Ribet

Perawatan untuk Kulit Leher

Ingin kulit leher yang kencang dan awet muda? Ini tipsnya!

Pijat Area Leher dengan Lembut

Arah pijatan untuk kulit leher adalah hal yang sangat penting untuk diingat karena pijatan yang buruk bisa merusak kulit. ini karena kulit leher sangat tipis dan halus dan lebih halus daripada kulit wajah. Arah yang tepat untuk memijat kulit leher adalah dengan menggerakkan kedua telapak tangan dari bawah ke atas dengan gerakan vertikal. Jangan pernah memijat leher dengan gerakan memutar atau dari atas ke bawah.

Namun, jangan terlalu keras saat memijat leher. Pijat leher harus berlangsung maksimal 10-15 menit dengan kemungkinan istirahat satu atau dua menit di antaranya. Memijat berlebihan bisa membuat kulit leher tegang.

Oleskan Minyak Alami

Minyak akan membantu meremajakan kulit leher. Namun, kamu tidak boleh memilih sembarang minyak. Kamu harus berhati-hati dalam memilih jenis minyak yang tepat. Pilih minyak yang tidak terlalu berat dan dalam bentuk murni.

Minyak kelapa adalah minyak berat tetapi dapat digunakan dalam jumlah yang sangat sedikit atau kamu dapat mencampurkannya dengan sedikit air di telapak tangan lalu menggunakannya. Minyak zaitun, minyak almond, minyak kamomil, minyak kayu putih, dan minyak mawar juga merupakan pilihan yang baik untuk merawat leher.

Baca juga: 3 Tips Menjaga Elastisitas Kulit saat Menopause

Gunakan Masker

Masker juga bekerja secara ajaib untuk kulit leher seperti halnya kulit wajah. Gunakan masker berbahan dasar buah di leher untuk hasil terbaik. Buah-buahan seperti apel, pisang matang, alpukat, dan plum dapat memberikan keajaiban bagi kulit leher. Berikut adalah beberapa masker untuk leher yang bisa kamu buat di rumah: 

  • Haluskan beberapa buah pisang matang yang dihaluskan dan minyak zaitun. Oleskan campuran ini di leher berbarengan dengan saat kamu melakukan perawatan wajah. Tunggu selama 15 menit dan bersihkan dengan air biasa. Garis-garis halus di leher akan hilang dan membuat kulit bersinar. Gunakan dua kali seminggu untuk hasil terbaik.
  • Campurkan putih telur dan madu dan dioleskan di leher dengan kuas selama 10-12 menit dan dicuci dengan air hangat. Ini akan membuat kulit menjadi lebih cerah dan menghilangkan garis-garis halus.
  • Tumbuk labu dan oleskan di leher selama 20 menit, 3 hingga 4 kali seminggu. Labu adalah sayuran anti penuaan yang bagus. Tampaknya kamu juga harus memasukkan perawatan ini 

Baca juga: Ini 4 Vitamin yang Harus Dikonsumsi untuk Kulit Sehat

Itulah beberapa tips kecantikan untuk merawat kulit leher supaya tetap awet muda dan kencang. Namun, kamu juga bisa tanyakan pada dokter kulit di Halodoc untuk mendapatkan tips lain supaya kulit leher tetap kencang dan cerah. Dokter akan selalu siaga memberikan semua saran perawatan kulit yang kamu butuhkan.

Referensi:
Harper's Bazaar. Diakses pada 2020. Derm-Approved Ways to Treat Neck Wrinkles and Sagging.
StyleCraze. Diakses pada 2020. Top 12 Beauty Tips For Neck.