• Home
  • /
  • Cara Mudah Hilangkan Bekas Jerawat Membandel

Cara Mudah Hilangkan Bekas Jerawat Membandel

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
cara-mudah-hilangkan-bekas-jerawat-membandel-halodoc

Halodoc, Jakarta – Jerawat bisa membuat kebanyakan wanita menjadi stres, apalagi bila benjolan kecil tersebut meninggalkan bekas luka di wajah. Jangan sampai bekas jerawat yang membandel mengganggu penampilan kamu. Yuk, ketahui cara-cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bekas jerawat di bawah ini.

Baca juga: Letak Jerawat di Wajah Menunjukkan Kondisi Kesehatan?

1. Asam Salisilat

Asam salisilat adalah senyawa alami yang sering dijadikan bahan baku dalam produk perawatan kulit berjerawat. Senyawa tersebut bermanfaat untuk membantu membersihkan kotoran, sel-sel kulit mati, dan hal-hal lain yang menjadi penyebab jerawat. Asam salisilat juga dapat membantu mengurangi pembengkakan dan kemerahan di area jerawat, sehingga dapat mengurangi risiko munculnya jaringan parut.

Enggak hanya itu saja, asam salisilat juga efektif untuk mengatasi semua jenis bekas jerawat. Itulah mengapa memasukkan asam salisilat ke dalam rutinitas perawatan kulit harian sangat baik bagi kamu yang sering memiliki jerawat. 

Meski begitu, orang yang punya kulit sensitif dianjurkan untuk melakukan uji coba dulu dengan mengaplikasikan produk yang mengandung asam ini pada area kulit yang kecil, sebelum menggunakannya pada area yang lebih luas. Hal ini karena asam salisilat dapat mengakibatkan kulit yang sensitif menjadi kering dan iritasi.

2. Retinoid

Selain asam salisilat, cara menghilangkan bekas jerawat juga bisa dengan menggunakan beberapa retinoid topikal. Seperti yang dicatat pada Jurnal Dermatology and Therapy, retinoid topikal berfungsi untuk memblokir peradangan, mengurangi lesi jerawat, dan mempercepat regenerasi sel. Retinoid juga dapat membantu meringankan bekas jerawat yang menghitam, termasuk pada orang dengan warna kulit yang lebih gelap.

Namun, penting untuk diingat bahwa retinoid dapat membuat kulit menjadi sensitif terhadap matahari. Bila kamu ingin menggunakan retinoid untuk menghilangkan bekas jerawat, pastikan kamu menggunakan tabir surya saat ingin beraktivitas di luar ruangan.

3. Asam Alfa Hidroksi

Senyawa kimia lainnya yang juga dapat membantu menghilangkan bekas jerawat adalah asam alfa hidroksi (AHA). Obat jerawat yang satu ini bekerja dengan cara menyingkirkan sel kulit mati dan mencegah pori-pori tersumbat. Selain itu, AHA juga mengikis lapisan luar kulit untuk memunculkan kulit baru yang segar. Proses ini dapat membantu mengatasi perubahan warna karena jaringan parut.

4. Asam Laktat

Asam laktat dapat bertindak sebagai pengelupas kulit yang lembut untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Dengan demikian, obat jerawat yang satu ini dapat membantu memperbaiki penampilan bekas jerawat serta menghaluskan tekstur kulit secara keseluruhan.

Selain itu, asam laktat juga dapat membantu meringankan jaringan bekas luka yang menghitam, meskipun terkadang juga dapat menyebabkan hiperpigmentasi. Untuk menghindari kemungkinan efek samping tersebut, kamu disarankan untuk menguji terlebih dahulu produk yang mengandung asam laktat pada sebagian kecil kulit, sebelum menggunakannya untuk mengobati jaringan parut jerawat.

Sekarang ini, sudah banyak produk-produk obat jerawat yang mengandung asam laktat yang dijual di pasaran. Asam laktat juga bisa ditemukan dalam cuka sari apel yang dapat menjadi obat jerawat alami yang hemat biaya.

Baca juga: Amankah Hilangkan Bekas Jerawat dengan Cuka Apel?

Cara Alami Menghilangkan Bekas Jerawat

Selain dengan menggunakan bahan-bahan kimia di atas, kamu juga bisa menggunakan bahan-bahan alami berikut untuk menghilangkan bekas jerawat:

  • Minyak kelapa.

  • Shea butter.

  • Gel lidah buaya.

  • Madu mentah.

  • Bubuk soda kue.

  • Air lemon.

Namun, pengobatan alami di atas belum terbukti secara ilmiah dapat membersihkan bekas jerawat. Beberapa bahan malah dapat menyebabkan iritasi lebih lanjut atau masalah kulit lainnya. Karena itu, kamu dianjurkan untuk melakukan uji coba terlebih dahulu sebelum menggunakannya pada seluruh wajah.

Baca juga: Hati-Hati, Amoxicillin Bukan untuk Obat Jerawat

Itulah cara-cara mudah untuk menghilangkan bekas jerawat membandel. Bila ingin beli obat jerawat, gunakan saja aplikasi Halodoc. Caranya sangat mudah, tinggal order saja lewat fitur Buy medicine dan pesananmu akan tiba dalam waktu satu jam. Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2020. The best ways to get rid of acne scars.