• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Mudah Mendapatkan Tidur Nyenyak dan Berkualitas
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Mudah Mendapatkan Tidur Nyenyak dan Berkualitas

Cara Mudah Mendapatkan Tidur Nyenyak dan Berkualitas

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 30 November 2021
Cara Mudah Mendapatkan Tidur Nyenyak dan Berkualitas

“Ingin tahu cara tidur nyenyak dan berkualitas? Pertimbangkan tips sederhana untuk tidur yang lebih baik. Mulai dari mengatur jadwal tidur hingga memasukkan aktivitas fisik dalam rutinitas harian.”

Halodoc, Jakarta – Banyak orang yang mungkin tidak tahu cara tidur nyenyak dan berkualitas. Padahal, tidur yang nyenyak sangat penting untuk membuat tubuh berenergi sepanjang hari. 

Terkadang, ada faktor penyebab sulit tidur nyenyak yang sulit dihindari, seperti misalnya penyakit tertentu. Namun, ada banyak hal yang sebenarnya bisa diusahakan, agar tidur lebih berkualitas. Yuk simak pembahasan berikut!

Cara Tidur Nyenyak dan Berkualitas

Berikut adalah beberapa cara mendapatkan tidur nyenyak dan berkualitas:

  1. Tetapkan Jadwal Tidur

Usahakan untuk tidur selama 7-8 jam setiap malamnya. Tidur dan bangunlah di waktu yang sama setiap harinya. Menjadi konsisten dapat memperkuat siklus tidur-bangun tubuh.

  1. Perhatikan Apa yang Dikonsumsi

Jangan pergi tidur dalam keadaan lapar atau kekenyangan. Secara khusus, hindari makanan berat atau besar dalam beberapa jam sebelum tidur. Rasa tidak nyaman dapat membuat kamu tetap terjaga. Nikotin, kafein, dan alkohol juga patut diwaspadai. 

  1. Atur Suasana Kamar Senyaman dan Setenang Mungkin

Ciptakan ruangan yang ideal untuk tidur. Pastikan cukup sejuk, gelap, dan tenang. Paparan cahaya mungkin membuat lebih sulit untuk tertidur. Hindari penggunaan gawai yang memancarkan cahaya dalam waktu lama sebelum tidur.

  1. Batasi Tidur Siang

Salah satu cara mendapatkan tidur nyenyak yang sebenarnya cukup mudah adalah, hindari tidur siang. Terutama tidur siang yang terlalu lama. Jika butuh tidur siang, batasi hanya 30 menit saja.

  1. Rutin Olahraga

Olahraga yang teratur dapat meningkatkan kualitas tidur. Namun, hindari menjadi aktif terlalu dekat dengan waktu tidur. Menghabiskan waktu di luar setiap hari mungkin bisa membantu juga.

  1. Kelola Stres

Cobalah untuk menyelesaikan kekhawatiran dan hindari stres menjelang jam tidur. Catat apa yang ada di pikiran dan sisihkan untuk besok. Meditasi juga dapat meredakan kecemasan.

Itulah beberapa cara tidur nyenyak dan berkualitas yang bisa dicoba. Jika setelah mencoba cara tersebut kamu tak kunjung bisa tidur nyenyak, download Halodoc saja untuk bicara pada dokter lewat chat.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Sleep Tips: 6 Steps To Better Sleep.
Healthline. Diakses pada 2021. 17 Proven Tips to Sleep Better at Night.