• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Mudah Menghilangkan Kerutan di Bawah Mata

Cara Mudah Menghilangkan Kerutan di Bawah Mata

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Wajah yang cerah dan bersih selalu menjadi idaman semua orang, terutama wanita. Karena itu, berbagai cara dilakukan agar terlihat lebih cantik dan menawan. Meski begitu, tidak sedikit tantangan yang harus dihadapi untuk mendapatkan itu semua. Banyak "musuh" yang harus dilawan, seperti jerawat, kulit berminyak, hingga kerutan.

Untuk kerutan sendiri, biasanya hal ini timbul akibat bertambahnya usia sehingga kekencangan kulit menurun. Maka dari itu, banyak orang yang berusaha untuk mencari cara yang efektif agar dapat menghilangkan kerutan tersebut. Dengan begitu, wajah juga terlihat lebih awet muda dibandingkan orang lain yang seumuran. Berikut beberapa caranya!

Baca juga: Kerutan di Bawah Mata Mengganggu? Ini Cara Mengatasinya

Cara Menghilangkan Kerutan di Bawah Mata

Dengan pertambahan usia, banyak hal yang dapat berubah dari segi fisik. Salah satunya adalah timbulnya kerutan di bagian wajah, terutama di bawah mata. Kulit di sekitar mata adalah area yang cenderung menunjukkan tanda-tanda penuaan dini. Hal tersebut karena area di bawah bola mata adalah kulit tipis yang memiliki pembuluh darah.

Pada kenyataannya, hal tersebut adalah normal terjadi pada semua orang. Meski begitu, beberapa orang berusaha semaksimal mungkin agar wajahnya tetap terlihat menawan tanpa kerutan meski usianya terus bertambah. Untuk mendapatkan hal tersebut, berikut beberapa cara yang dapat kamu lakukan guna menghilangkan kerutan di bawah mata:

1. Menggunakan Krim Mata

Salah satu cara untuk menghilangkan kerutan di bawah mata adalah dengan menggunakan krim mata agar dapat menjaga kulit tetap lembap. Seseorang yang memiliki kulit kering berisiko lebih tinggi untuk memiliki kerutan tersebut. Kamu dapat menggunakan krim mata yang dapat merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru, sehingga kerutan dapat dicegah.

2. Mengoleskan Minyak Zaitun

Seseorang yang mencari cara efektif untuk menghilangkan kerutan pada wajah juga dapat mengoleskan minyak zaitun pada area kulit yang mengalaminya. Kandungan dari minyak tersebut dapat melembapkan kulit dan juga dapat menjaga kulit untuk tetap sehat. Meski belum ada bukti secara medis, tidak ada salahnya mencoba hal tersebut selama dampak buruk tidak terjadi.

Baca juga: 4 Manfaat Green Tea untuk Kulit Wajah

3. Mengonsumsi Makanan Sehat

Kamu juga dapat mengonsumsi makanan sehat sebagai cara untuk menghilangkan kerutan di bawah mata. Beberapa nutrisi yang terkandung dalam makanan, seperti vitamin A, C, hingga E mampu membuat kulit tetap sehat, sehingga kerutan dapat diatasi. Contoh makanan yang mengandung nutrisi tersebut adalah sayur brokoli, tomat, ikan, dan jenis buah-buahan lainnya.

Jika kamu masih banyak pertanyaan terkait cara menghilangkan kerutan di wajah dan menjaga kesehatan kulit, dokter dari Halodoc dapat memberikan saran yang tepat. Caranya mudah sekali, cukup download aplikasi Halodoc di smartphone yang kamu gunakan sehari-hari untuk mendapatkan kemudahan akses kesehatan!

4. Menggunakan Minyak Kelapa

Minyak kelapa juga dapat menjadi salah satu yang dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan kerutan di bawah mata. Olahan kelapa tersebut memiliki kandungan vitamin E dan antioksidan yang dapat menjaga kulit untuk tetap terhidrasi. Jika kamu rutin mengoleskannya pada area kerutan, kulit dapat menjadi lebih lembap dan wajah yang mulus tentu didapatkan.

5. Mengoleskan Lidah Buaya

Memang, lidah buaya sudah sangat terkenal terkait manfaatnya bagi tubuh, terutama pada kulit. Tanaman ini dipercaya dapat mengatasi keriput yang timbul di wajah. Hal ini terjadi akibat kandungan vitamin C, E, serta beta karoten yang dapat menutrisi kulit. Dengan begitu, kulit menjadi kencang dan kerutan dapat diatasi.

Baca juga: 5 Hal yang Bisa Sebabkan Munculnya Keriput

Itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan kerutan di bawah mata. Semua yang telah disebutkan adalah cara alami yang mungkin butuh waktu tidak sebentar untuk mendapatkan manfaatnya. Jika ingin hasil yang instan, beberapa cara medis dapat kamu pilih agar mendapatkan wajah yang cerah dengan cepat.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2020. Under eye wrinkles: How to get rid of lines.
Web MD. Diakses pada 2020. 23 Ways to Reduce Wrinkles.