• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Mudah Meredakan Nyeri Otot di Rumah

Cara Mudah Meredakan Nyeri Otot di Rumah

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Saat kegiatan sedang padat, kamu mungkin akan merasa sangat lelah. Salah satu gangguan yang dapat terjadi saat hal tersebut terjadi adalah nyeri otot. Kamu dapat merasakan sakit yang tidak tertahankan dan menyiksa, bahkan dapat mengganggu waktu istirahat. Gangguan ini dapat terjadi di semua bagian tubuh, meski lebih umum terjadi pada lengan atau paha.

Maka dari itu, penting untuk mengetahui beberapa cara yang efektif untuk redakan nyeri otot. Dengan begitu, rasa sakit yang timbul tidak berlarut-larut karena langsung mendapatkan pengobatan. Selain itu, beberapa cara untuk meredakan nyeri otot tersebut juga dapat dilakukan di rumah. Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan agar masalah pada otot dapat sembuh!

Baca juga: Badan Terlalu Lelah Dapat Memicu Terjadinya Nyeri Otot

Cara Redakan Nyeri Otot di Rumah

Nyeri otot, atau disebut mialgia, adalah salah satu gangguan yang umum terjadi. Hampir semua orang pernah mengalami rasa tidak nyaman pada otot ini di beberapa bagian tubuh. Memang, jaringan otot berada di hampir seluruh bagian tubuh, sehingga timbulnya gangguan tersebut dapat terjadi di mana saja. Selain itu, kamu juga dapat mengalami gangguan ini karena tingkat stres yang tinggi, rasa tegang, hingga aktivitas fisik.

Nyeri yang terasa di otot dan sendi dapat sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Dengan begitu, banyak orang yang berusaha untuk meredakan gangguan dari nyeri otot tersebut secepat mungkin. Banyak sumber pun menyatakan jika beberapa pengobatan dapat dilakukan hanya di rumah tanpa bantuan medis. Berikut beberapa cara meredakan nyeri otot di rumah:

  1. Kompres dengan Air Dingin

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk meredakan perasaan nyeri pada otot adalah dengan menerapkan kompres air dingin pada area yang mengalaminya. Hal ini dipercaya sebagai cara paling ampuh dan cepat untuk mengatasi gangguan tersebut. 

Saat kompres diterapkan, pembengkakan dan peradangan yang terjadi pada otot dapat dengan mudah diredam. Walau begitu, jangan langsung menempelkan air es tersebut ke bagian luka, tetapi gunakan pelindung seperti handuk agar kulit tidak menempel langsung dan terjadi iritasi.

Baca juga: Nyeri Otot Tak Kunjung Sembuh Dapat Menjadi Gejala 6 Penyakit Ini

  1. Menggunakan Garam Epsom

Hal lainnya yang dapat dilakukan sebagai cara yang ampuh untuk meredakan nyeri otot adalah berendam di bak air hangat yang telah dicampur dengan garam epsom. Metode ini mampu mengatasi gangguan pada otot selama bertahun-tahun. Garam epsom terbuat dari magnesium sulfat yang dapat menjadi pelemas otot yang alami. Jenis garam tersebut juga dapat mengurangi pembengkakan dengan mengeluarkan cairan berlebih pada otot dan jaringan sendi. Jika kamu merasakan nyeri otot, cobalah langsung berendam menggunakan garam epsom.

Kamu juga dapat bertanya pada dokter di Halodoc tentang cara lainnya untuk meredakan nyeri otot. Caranya mudah sekali, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan sehari-hari!

  1. Mengonsumsi Obat Pereda Nyeri

Metode lainnya yang dapat dilakukan agar nyeri otot dapat segera diredakan adalah dengan mengonsumsi obat pereda nyeri ataupun obat nonsteroidal anti-inflammatory (NSAID). Jenis-jenis obat tersebut mampu meredam rasa nyeri yang timbul pada otot. Meski begitu, cobalah untuk menghindari mengonsumsinya dalam waktu yang lama, serta diskusikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakannya.

Baca juga: Ini Alasan Virus Corona Bisa Sebabkan Nyeri Otot

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meredakan rasa nyeri otot pada tubuh. Dengan melakukan semua hal tersebut, diharapkan rasa sakit yang timbul pada otot dapat segera teratasi sehingga mampu beraktivitas seperti biasa. Namun, jika rasa nyeri otot terus berlanjut, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Referensi:
Redirect Health. Diakses pada 2020. Home Remedies for Muscle and Joint Pain.
Healthline. Diakses pada 2020. What You Need to Know About Muscle Aches and Pains.