Cara Mudah untuk Mengelola Stres

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Cara Mudah untuk Mengelola Stres

Halodoc, Jakarta – Stres dapat membahayakan kualitas hidup dan mengganggu keseimbangan emosional. Ini termasuk juga kemampuan berpikir jernih, efektif, dan bagaimana menikmati hidup. 

Kemampuan mengelola stres dapat menghilangkan tekanan pada hidup, sehingga lebih produktif. Berpikir positif, menghindari lingkungan yang memberikan efek negatif dalam hidup, mengekspresikan apa yang kamu rasakan, adalah cara sederhana mengelola stres. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai cara mudah mengelola stres, ini rangkuman lebih lanjutnya.

Baca juga: 4 Cara Menjaga Kesehatan Mental Meski Sedang Stres

Olahraga dan Upaya-upaya Lain untuk Mengelola Stres

Kesibukan membagi waktu antara pekerjaan, keluarga, dan kegiatan lain, bisa menyebabkan stres. Menjadi terlalu sibuk bisa memicu stres. Kamu harus bisa menyisihkan waktu untuk bersantai kalau tidak kesehatan mental dan fisikmu bisa terganggu. 

Melakukan olahraga secara rutin adalah salah satu upaya mengelola stres. Simak lebih lanjut, cara mudah mengelola stres berikut ini:

  1. Olahraga

Berolahraga secara teratur adalah salah satu cara terbaik untuk merilekskan tubuh dan pikiran. Ditambah lagi, olahraga akan meningkatkan mood. Berolahragalah dengan intensitas sedang dengan durasi 30 menit–2 jam setiap hari dapat membantu meningkatkan mood.

  1. Merilekskan Otot

Saat stres, otot menjadi tegang. Kamu dapat membantu mengendurkannya sendiri untuk menyegarkan tubuh melalui peregangan, menikmati pijatan, mandi air hangat, atau tidur nyenyak.

  1. Menarik Napas Dalam

Berhenti dan mengambil napas dalam-dalam beberapa kali dapat dengan segera menghilangkan tekanan yang memicu stres. Berikut ini caranya:

  • Duduklah dalam posisi yang nyaman dengan tangan di pangkuan dan kaki di lantai. Atau kamu juga bisa berbaring.

  • Tutup mata dan tenangkan diri.

  • Bayangkan diri di tempat yang santai. Bisa di pantai, di padang rumput yang indah, atau di mana saja yang memberi perasaan damai.

  • Perlahan-lahan tarik napas dalam-dalam.

  • Lakukan ini selama 5 hingga 10 menit sekaligus.

  1. Makan Teratur dan Mengonsumsi Makanan Sehat

Makan dengan teratur, diet seimbang akan membantu menciptakan perasaan positif dan mengendalikan suasana hati. Makananmu harus penuh dengan sayuran, buah, biji-bijian, dan protein tanpa lemak untuk energi. 

  1. Ambil Jeda dengan Mengikuti Aktivitas yang Merilekskan

Kamu perlu waktu senggang untuk mencoba aktivitas yang merilekskan. Beberapa contoh kegiatannya adalah meditasi, yoga, tai Chi, mendekatkan diri kepada Tuhan, mendengarkan musik favorit, dan menghabiskan waktu di alam.

Baca juga: Tips Menghilangkan Stres Dalam Waktu Singkat

  1. Cari Hobi yang Positif

Kamu perlu menyisihkan waktu untuk hal-hal yang disukai. Cobalah untuk melakukan aktivitas hobi tersebut setiap hari, sehingga membangun perasaan yang positif setiap pagi. Tidak harus lama, misalnya 15 hingga 20 menit. Beberapa  pilihan hobi yang bisa kamu lakukan adalah membaca, merajut, melakukan proyek seni, bermain bola, menonton film, bermain puzzle, dan lain-lain.

  1. Curhat

Jika ada hal-hal yang sangat mengganggu pikiran, bicarakanlah dengan orang terdekat untuk menurunkan level stresmu. Kamu juga bisa melakukan self-talk atau bisa juga menuangkannya lewat tulisan di buku harian. 

Pastikan untuk selalu mengatakan hal-hal positif dan memikirkan hal-hal positif sebelum tidur dan saat bangun tidur. Bila kondisi stresmu sudah sangat mengganggu jangan ragu untuk mengontak langsung ke Halodoc

Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan rekomendasi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Referensi:
Help Guide. Diakses pada 2019. Stress Management
WebMD. Diakses pada 2019. 10 Tips to Manage Stress
Heart.org. Diakses pada 2019. 3 Tips to Manage Stress