08 June 2018

Cara Nyaman Menyusui saat Mudik Hari Raya

Cara Nyaman Menyusui saat Mudik Hari Raya

Halodoc, Jakarta - Menjelang Lebaran, banyak hal yang disiapkan oleh keluarga di Indonesia. Mulai dari merencanakan menu masakan di hari raya, bikin kue kering, sampai mempersiapkan perjalanan mudik.

Mudik memang jadi satu hal yang kita nantikan saat Lebaran. Berkumpul setahun sekali dengan keluarga besar, menikmati indahnya suasana rumah masa kecil, dan momen lainnya mendorong semua orang dari berbagai kalangan untuk mudik. Tak terkecuali keluarga kecil yang memiliki bayi usia menyusui.

Sekilas, mudik akan terdengar merepotkan bagi ibu yang sedang menyusui. Namun ibu tak perlu khawatir dan bingung, karena dengan persiapan yang tepat, perjalanan menuju kampung halaman akan tetap terasa menyenangkan, kok. Simak tips cara nyaman menyusui saat mudik berikut.

(Baca juga: 5 Tips Agar Anak Tidak Rewel Saat Diajak Mudik)

Persiapkan Perlengkapan yang Perlu Dibawa

Berkat teknologi modern, kini telah banyak produk dan aksesoris yang bisa memudahkan ibu untuk menyusui di mana saja, termasuk di perjalanan saat mudik. Nah, perlengkapan inilah yang perlu ibu siapkan agar ibu lebih mudah menyusui di jalan.

Pompa ASI

Ini adalah instrumen paling penting dari keseluruhan perlengkapan yang ibu butuhkan. Jenis pompa ASI paling tepat untuk bepergian jarak jauh adalah pompa ASI elektrik portable. Pompa jenis ini menggunakan baterai dan bisa mengambil lebih banyak ASI dibandingkan dengan pompa ASI manual. Namun, harganya relatif lebih mahal dari pompa manual.

(Baca juga: Tips Memompa ASI yang Benar)

Botol atau Kantung ASI

Botol atau kantung penyimpan ASI juga sangat penting, terutama untuk perjalanan jarak jauh. Bayi biasanya menyusui sekitar dua jam sekali. Jika ibu memiliki stok ASI yang telah dipompa sebelumnya, ibu bisa lebih tenang selama di perjalanan. Apalagi kalau ibu naik kereta atau bus jarak jauh. Ibu tak perlu repot menyusui setiap dua jam sekali.

Selimut untuk Menyusui

Selimut ini sering digunakan oleh ibu yang bekerja agar nyaman menyusui di kantor dan di tempat umum. Menggunakan selimut menyusui juga merupakan langkah penting agar ibu nyaman menyusui saat mudik.

Nursing Pads

Nursing pads cocok digunakan untuk ibu yang memiliki produksi ASI tinggi saat bepergian. Ia berfungsi untuk menyerap kelebihan ASI agar tidak rembes ke baju, mirip seperti pembalut menstruasi.

Cooler Box

Cooler box berfungsi untuk menyimpan stok ASI yang telah ibu pompa. Sayangnya, ukurannya yang cukup besar memang tak ramah untuk bepergian dengan angkutan umum. Namun, cooler box menjadi barang wajib jika ibu mudik dengan mobil pribadi.

Menghitung Kebutuhan ASI Si Kecil

Cara nyaman menyusui saat mudik selanjutnya adalah mempersiapkan stok kebutuhan ASI Si Kecil selama perjalanan. Segera setelah ibu menetapkan tanggal dan rencana perjalanan mudik, mulailah menghitung kebutuhan ASI harian Si Kecil. Mengetahui berapa banyak ASI yang Si Kecil butuhkan tentunya akan membuat ibu tenang dan tak khawatir lagi saat Si Kecil lapar di jalan.

Selanjutnya, pompa dan simpan ASI hingga mencapai kuota kebutuhan Si Kecil sebelum berangkat. Lakukan juga langkah yang sama menjelang perjalanan kembali ke rumah.

Kenakan Pakaian yang Nyaman

Ibu juga tak boleh lupa untuk selalu mengenakan pakaian yang nyaman saat mudik. Kini, banyak pakaian yang didesain khusus untuk ibu menyusui. Biasanya, pakaian-pakaian ini menawarkan kepraktisan dan memiliki bahan yang sangat nyaman. Tak hanya bagi ibu, pakaian yang nyaman juga penting bagi Si Kecil, agar ia tetap tenang dan tak rewel selama di perjalanan.

(Baca juga: Tips Menjaga Kesehatan Selama Mudik Lebaran)

Setelah tahu tips di atas, apakah ibu sudah makin siap untuk mudik? Jika ibu masih memiliki pertanyaan terkait menyusui saat mudik, ibu bisa hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, ibu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!