• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Optimalkan Fungsi Sistem Pencernaan pada Tubuh
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Optimalkan Fungsi Sistem Pencernaan pada Tubuh

Cara Optimalkan Fungsi Sistem Pencernaan pada Tubuh

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 08 November 2022

“Kamu bisa mengoptimalkan fungsi sistem pencernaan dengan melakukan beberapa cara. Seperti misalnya berolahraga dan mengonsumsi banyak serat.”

Cara Optimalkan Fungsi Sistem Pencernaan pada TubuhCara Optimalkan Fungsi Sistem Pencernaan pada Tubuh

Halodoc, Jakarta – Gangguan pada sistem pencernaan dapat menyebabkan pengidapnya merasa tidak nyaman. Mulai dari heartburn, kesulitan menelan, konstipasi, diare, hingga mual menjadi keluhan kesehatan ketika mengalami gangguan pada sistem pencernaan.

Untuk mencegah kondisi ini berulang, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengoptimalkan fungsi sistem pencernaan dalam tubuh. Yuk, simak berbagai kebiasaan baik yang bisa meningkatkan kesehatan sistem pencernaan berikut ini!

Cara Mengoptimalkan Fungsi Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan yang baik akan memecah makanan atau cairan yang masuk ke dalam tubuh menjadi nutrisi untuk tubuh. Jika kamu mengabaikan kesehatannya, tentunya penyerapan nutrisi dalam tubuh menjadi kurang optimal.

Sebaiknya ketahui berbagai langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengoptimalkan fungsi sistem pencernaan dalam tubuh, seperti:

1. Perbanyak Konsumsi Serat

Mengonsumsi makanan yang menjadi sumber serat merupakan hal baik untuk mengoptimalkan fungsi sistem pencernaan.

Terpenuhinya kebutuhan serat pada sistem pencernaan membuat makanan bergerak secara maksimal pada saluran cerna. Hal ini membuat kamu terhindar dari kondisi sembelit atau konstipasi.

Kamu bisa mendapatkan asupan serat dari berbagai makanan sehat, seperti sayuran, buah, hingga gandum.

2. Hidrasi Tubuh

Dehidrasi bukan hanya menyebabkan gangguan pada kulit, tetapi juga pada sistem pencernaan. Kekurangan cairan membuat tubuh berisiko mengalami konstipasi. Untuk itu, pastikan kamu memenuhi kebutuhan cairan dengan mengonsumsi air putih minimal delapan gelas dalam satu hari.

Kamu juga bisa memenuhi kebutuhan cairan menggunakan buah-buahan yang memiliki kandungan air tinggi. Jangan lupa minuman sehat, seperti jus tanpa gula. Minuman ini bisa kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh.

3. Kelola Stres dengan Baik

Bukan hanya untuk meningkatkan kesehatan mental, mampu mengelola tingkat stres dengan baik juga bisa meningkatkan kesehatan sistem pencernaan.

Hormon stres bisa memengaruhi sistem pencernaan secara langsung yang memicu kondisi diare atau konstipasi. Jadi, lakukan berbagai hal yang bisa membantu kamu mengelola stres, seperti olahraga, melakukan hobi, hingga bermeditasi.

4. Nikmati Makanan

Untuk menjaga sistem pencernaan tetap optimal, sebaiknya lakukan proses makan dengan tepat dan berhati-hati. Hindari mengonsumsi makanan secara terburu-buru karena dapat memicu perut kembung.

Nikmatilah setiap makanan yang kamu konsumsi karena ini dapat menurunkan risiko gangguan pada sistem pencernaan. Ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan ketika menikmati makanan tertentu, seperti:

  • Makan secara perlahan.
  • Fokus saat mengonsumsi makanan.
  • Perhatikan tekstur, cita rasa, dan suhu makanan yang kamu konsumsi.

5. Kunyah Makanan Perlahan

Ketika kamu mengunyah dengan baik maka hal ini dapat membantu dalam proses penyerapan nutrisi. Saat kamu mengunyah makanan, perut juga akan bekerja lebih sedikit untuk mengubah makanan padat menjadi zat yang akan masuk ke dalam usus kecil. Mengunyah juga membuat produksi air liur semakin banyak yang bisa membantu proses pencernaan.

6. Hindari Merokok dan Mengonsumsi Alkohol

Jangan lupa untuk menghentikan kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol. Kebiasaan tersebut dapat memicu berbagai gangguan dan gejala pada sistem pencernaan.

7. Lakukan Olahraga Secara Rutin

Olahraga dengan teratur membantu makanan bergerak melalui sistem pencernaan. Hal ini bisa membantu kamu mengurangi konstipasi.

Jika kamu mengalami keluhan kesehatan terkait dengan sistem pencernaan, segera buat janji pemeriksaan menggunakan Halodoc. Caranya download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga.

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. The 11 Best Ways to Improve Your Digestion Naturally.
Everyday Health. Diakses pada 2022. 11 Tips for Better Digestive Health.