• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Pakai Sunscreen untuk Mencegah Kanker Kulit
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Pakai Sunscreen untuk Mencegah Kanker Kulit

Cara Pakai Sunscreen untuk Mencegah Kanker Kulit

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 25 Agustus 2022

“Kanker kulit dapat terjadi akibat paparan berlebihan dari sinar matahari. Nah, salah satu cara mencegahnya adalah dengan menggunakan sunscreen secara tepat.”

Cara Pakai Sunscreen untuk Mencegah Kanker KulitCara Pakai Sunscreen untuk Mencegah Kanker Kulit

Halodoc, Jakarta – Paparan matahari yang berlebihan ternyata dapat menyebabkan kanker kulit, lho. Maka dari itu, bagian kulit yang berinteraksi langsung dengan matahari perlu mendapatkan perlindungan, salah satunya dengan mengaplikasikan sunscreen.

Sinar matahari mengandung dan memancarkan sinar ultraviolet yang bisa merusak sel-sel kulit. Ada dua jenis ultraviolet pada sinar matahari, yaitu ultraviolet A (UVA) dan B (UVB).

UVA diketahui lebih merusak dibandingkan dengan UVB. Sebab, jenis A lebih menembus ke dalam kulit dan mampu memengaruhi DNA sel. UVA menyerang membran sel dan mengubah protein yang ada di dalam sel, sehingga perubahan kolagen dan elastin terjadi, menyebabkan kerutan dan kendur.

Meski begitu, baik UVA dan UVB dapat menyebabkan kanker kulit jika paparannya terjadi dalam waktu lama. Maka dari itu, perlindungan pada kulit sangat penting untuk dilakukan agar penyakit berbahaya ini bisa dicegah.

Cara Memakai Sunscreen yang Benar

Tabir surya, atau sunscreen, dapat melindungi kulit dari kanker kulit dan penuaan dini. Tetapi, manfaatnya tidak dapat dirasakan secara efektif kecuali penerapannya dilakukan dengan benar. Nah, berikut cara pemakaiannya:

1. Pilih tabir surya dengan kandungan SPF 30 atau lebih tinggi, tahan air, dan memberikan cakupan spektrum yang luas, artinya mampu melindungi dari sinar UVA serta UVB. 

2. Oleskan tabir surya sebelum ke luar ruangan atau berinteraksi langsung dengan sinar matahari. Perlu dipahami, butuh waktu 15 menit untuk kulit menyerap tabir surya dan memberikan perlindungan.

Jangan sampai menunggu sampai sudah berinteraksi langsung dengan matahari, sebab kulit bisa tidak terlindungi dan bahkan terbakar.

3. Gunakan tabir surya secukupnya untuk menutupi seluruh tubuh, terutama yang terpapar langsung dengan sinar matahari. Gosokkan tabir surya secara menyeluruh pada kulit untuk mendapatkan perlindungan.

4. Oleskan sunscreen ke bagian kulit yang tidak tertutup pakaian, seperti leher, wajah, telinga, bagian atas kaki, serta kaki (jika menggunakan celana pendek). Jika menggunakan baju yang agak terbuka, bagian punggung juga perlu dioleskan tabir surya.

5. Jika memiliki rambut yang tipis, oleskan sunscreen ke kulit kepala atau kenakan topi dengan tepi yang lebar. Lalu, lindungi juga bibir dengan mengoleskan lip balm yang memiliki SPF minimal 15.

6. Agar mendapatkan perlindungan maksimal, aplikasikan kembali sunscreen tiap dua jam. Segera terapkan kembali setelah berenang atau berkeringat.

Seseorang yang terbakar sinar matahari, biasanya tidak menggunakan sunscreen yang cukup atau bahkan tidak sama sekali. Bisa juga tidak mengoleskannya kembali setelah beberapa jam, atau menggunakan produk yang kadaluarsa.

Maka dari itu, pastikan untuk menggunakan sunscreen setiap ke luar rumah, terutama jika berinteraksi langsung dengan sinar matahari. Hal ini sangat efektif dalam mencegah terjadinya kanker kulit akibat sinar ultraviolet.

Jika masih memiliki pertanyaan terkait penerapan sunscreen, fitur tanya dokter dari Halodoc bisa digunakan untuk mendapatkan jawaban. Dengan download aplikasi Halodoc, ada banyak fitur yang bisa digunakan untuk mendapatkan kemudahan dalam akses kesehatan. Makanya, gunakan aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
American Academy of Dermatology Association. Diakses pada 2022. How to Apply Sunscreen.
Rogel Cancer Center. Diakses pada 2022. Sunscreen Prevents Skin Cancer.