• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Penularan Cacar Monyet yang Perlu Diwaspadai
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Penularan Cacar Monyet yang Perlu Diwaspadai

Cara Penularan Cacar Monyet yang Perlu Diwaspadai

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 23 Mei 2022

“Virus cacar monyet kini telah merebak di sejumlah negara Eropa, seperti Inggris, Portugal dan Spanyol. Organisasi Kesehatan Dunia tengah menyelidiki kasus cacar monyet yang diduga bisa ditularkan melalui hubungan seksual.”

Cara Penularan Cacar Monyet yang Perlu Diwaspadai

Halodoc, Jakarta – Cacar monyet atau monkeypox adalah salah satu jenis virus zoonosis, yaitu virus yang dapat ditularkan dari hewan ke manusia. Pada umumnya, cacar jenis ini  terjadi di negara-negara bagian Afrika Tengah dan Barat. Namun, baru-baru ini dunia tengah digemparkan dengan kasus cacar monyet di sejumlah negara Eropa. 

Penyakit ini telah terdeteksi di Inggris, Portugal dan Spanyol selama beberapa minggu terakhir dan mayoritas pengidapnya tidak memiliki riwayat perjalanan ke daerah rawan cacar jenis ini. Lantas, bagaimana cara penularan jenis cacar yang satu ini? Supaya kamu lebih waspada, simak penjelasan berikut. 

Waspadai Cara Penularan Cacar Monyet

Melansir dari laman Centers for Disease Control and Prevention (CDC), penularan virus cacar monyet terjadi ketika seseorang bersentuhan dengan hewan, manusia, atau bahan yang telah terkontaminasi virus. Penularannya terjadi ketika seseorang terpapar oleh droplet hewan yang telah terinfeksi pada jarak yang dekat. Kemudian, virus dapat masuk ke dalam tubuh melalui luka pada kulit, saluran pernapasan, atau selaput lendir seperti mata, hidung, atau mulut. 

Penularan dari hewan ke manusia juga dapat terjadi melalui gigitan atau cakaran dan kontak langsung dengan cairan atau luka hewan. Sementara penularan dari manusia ke manusia dapat terjadi melalui kontak langsung dengan cairan tubuh atau luka maupun kontak tidak langsung melalui benda-benda yang telah terkontaminasi virus.

Namun, Organisasi Kesehatan Dunia kini tengah menyelidiki penyebaran kasus cacar jenis ini yang diduga bisa ditularkan melalui aktivitas seksual. Pasalnya, berdasarkan laporan kasus yang muncul di beberapa negara Eropa, seperti Inggris, Spanyol, dan Portugal, cacar jenis ini ini diduga menular melalui kontak seksual. 

Dilansir dari Reuters, sebanyak 24 kasus cacar monyet di Spanyol mayoritas berada di Kota Madrid. Bersamaan dengan laporan kasus tersebut, otoritas kesehatan setempat menutup sauna untuk menghentikan penyebaran virus ini. Sebab, mayoritas kasus konfirmasi positif cacar monyet ternyata berhubungan sauna tersebut. Pada tanggal 18 Mei 2022, Portugal mengkonfirmasi lima kasus baru dan lebih dari 20 kasus suspek. Dari semua kasus di atas, tercatat semua pengidapnya adalah laki-laki muda.

Seperti Ini Gejala yang Ditimbulkan

Diperlukan waktu antara 5-21 hari untuk gejala pertama cacar jenis ini muncul. Tanda-tandanya dapat meliputi:

  • Demam tinggi.
  • Sakit kepala.
  • Nyeri otot.
  • Sakit punggung.
  • Pembengkakan kelenjar.
  • Menggigil.
  • Kelelahan.

Ruam biasanya muncul 1 hingga 5 hari setelah gejala pertama timbul. Bintik-bintik cacar jenis ini umumnya muncul pada wajah yang kemudian menyebar ke bagian tubuh lainnya. Ruam cacar jenis ini juga tampak seperti cacar air, yaitu bintik-bintik yang menonjol dan berubah menjadi lepuh kecil berisi cairan. Lepuh-lepuh ini nantinya membentuk koreng yang kemudian rontok dengan sendirinya.

Itulah cara penularan cacar monyet yang perlu kamu waspadai. Jika kamu mengalami gejala di atas, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan diagnosis yang tepat. Kamu bisa membuat janji rumah sakit terlebih dahulu melalui aplikasi Halodoc supaya lebih praktis. Jangan tunda sebelum kondisinya memburuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Kompas. Diakses pada 2022. Cacar Monyet, Penyakit Apa Itu dan Bagaimana Cara Penyebarannya?
World Health Organization. Diakses pada 2022. Monkeypox.
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2022. Monkeypox.
National Health Services. Diakses pada 2022. Monkeypox.
Reuters. Diakses pada 2022. Spain monkeypox cases tally reaches 30, mostly linked to sauna.
SERVIÇO NACIONAL DE SAÚDE. Diakses pada 2022. Casos de infeção por vírus Monkeypox em Portugal.