• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Pertolongan Pertama Angin Duduk untuk Diri Sendiri
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Pertolongan Pertama Angin Duduk untuk Diri Sendiri

Cara Pertolongan Pertama Angin Duduk untuk Diri Sendiri

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 17 Februari 2022

“Angin duduk merupakan gejala dari masalah jantung, biasanya penyakit jantung koroner. Kondisi tersebut ditandai dengan nyeri dada seperti ditekan atau sesak. Bila kamu mengalami angin duduk, ada beberapa cara yang bisa dilakukan sebagai pertolongan pertama.”

Cara Pertolongan Pertama Angin Duduk untuk Diri SendiriCara Pertolongan Pertama Angin Duduk untuk Diri Sendiri

Halodoc, Jakarta – Bila kamu mengalami nyeri dada seperti ada barang berat yang menekan dada kamu, kamu perlu waspada. Pasalnya, mungkin saja kamu mengalami angina atau yang lebih dikenal banyak orang sebagai angin duduk.

Angina adalah jenis nyeri dada yang terjadi akibat aliran darah ke jantung berkurang. Kondisi tersebut biasanya tidak mengancam nyawa, tapi merupakan pertanda adanya masalah jantung, biasanya penyakit jantung koroner (PJK). 

Lantas, apa yang harus dilakukan saat mengalami angin duduk? Simak ulasannya di sini.

Mengenal Angin Duduk dan Gejalanya

Penyakit jantung koroner terjadi ketika ada penyempitan pada arteri koroner yang memasok darah ke jantung. Penyempitan ini biasanya disebabkan oleh penumpukan plak. Plak terbuat dari lemak, kolesterol dan bahan lainnya. Ketika arteri jantung menyempit karena plak ini, aliran darah dan suplai oksigen yang penting ke otot jantung kamu akan berkurang. Akibatnya, kamu akan mengalami nyeri dada (angina atau angin duduk).

Bila kamu mengalami angin duduk, kamu akan mengalami ketidaknyamanan pada dada yang mungkin terasa seperti berat, tertekan, sesak, atau diremas. Namun, gejala bisa bervariasi pada tiap orang dan bisa berkisar dari ringan hingga berat. Beberapa orang yang mengalami angina duduk merasa tidak nyaman di dada, tapi tidak sakit sama sekali. 

Meskipun angina duduk merupakan kondisi yang cukup umum, tapi terkadang sulit untuk membedakannya dari jenis nyeri dada lain. Contohnya bila dibandingkan dengan  nyeri dada akibat gangguan pencernaan.

Perlu diketahui, nyeri dada angina bisa muncul dan berhenti, dan episodenya bisa berlangsung dari detik hingga menit. Kondisi tersebut sering terjadi ketika jantung bekerja lebih keras dari biasanya, seperti selama berolahraga, saat sedang stres, atau setelah makan berat. Di waktu tersebut, jantung membutuhkan lebih banyak darah yang kaya oksigen, tapi tidak bisa didapatkan karena arteri yang menyempit, sehingga terjadilah angin duduk.

Pertolongan Pertama Saat Mengalami Angin Duduk

Ada beberapa cara yang perlu kamu lakukan segera bila mengalami gejala angin duduk. Pertolongan pertama yang bisa kamu lakukan untuk diri sendiri, antara lain:

  • Berhenti Beraktivitas dan Segera Beristirahat

Bila kamu mengalami nyeri dada saat beraktivitas, segera hentikan aktivitas kamu tersebut dan beristirahatlah, seperti duduk atau berbaring.  

  • Minum Obat-obatan

Bila gejala tidak juga mereda setelah beristirahat, minumlah satu dosis obat untuk angin duduk. Kamu dianjurkan untuk duduk atau berbaring sebelum minum obat, karena obat tersebut bisa membuat pusing. Minumlah obat dengan dosis terkecil yang biasa kamu konsumsi. Misalnya, satu tablet penuh, setengah atau bahkan seperempat tablet. Berikut cara menggunakan obat angin duduk:

  • Obat Spray. Semprotkan sekali di bawah lidah.
  • Tablet. Letakkan obat di bawah lidah, tapi jangan ditelan. Bila gejala berhenti keluarkan sisa tablet.
  • Tunggu Sebelum Minum Dosis Tambahan

Tunggu 5 menit. Bila gejala angin duduk berlanjut, minum obat lagi, lalu tunggu lima menit lagi.

  • Beritahu Keluarga

Beritahu keluarga atau orang terdekat mengenai kondisi kamu agar mereka bisa menolong.

  • Hubungi Rumah Sakit Terdekat

Bila angin duduk tidak membaik setelah 10 menit menunggu atau malah semakin buruk, segera hubungi rumah sakit terdekat untuk meminta ambulans dan penanganan medis darurat.

Gaya Hidup untuk Mencegahnya

Angin duduk merupakan pertanda bahwa kamu harus memperhatikan kesehatan jantung kamu lebih baik lagi. Nah, salah satu cara menjaga kesehatan jantung adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat. Berikut gaya hidup sehat untuk mencegah angin duduk:

o  Bila kamu merokok, segera hentikan kebiasaan tersebut. Hindari juga paparan asap rokok.

o  Bila kamu kelebihan berat badan, bicarakanlah dengan dokter mengenai cara menurunkan berat badan yang bisa dilakukan.

o Makan makanan sehat dengan membatasi lemak jenuh dan memperbanyak biji-bijian, buah-buahan, serta sayuran.

o  Tanyakan pada dokter mengenai pilihan olahraga yang aman.

o Mengobati atau mengelola kondisi yang bisa menyebabkan angina, seperti diabetes, tekanan darah tinggi, dan kolesterol.

o   Carilah cara terbaik untuk mengelola stres.

o   Kurangi atau hindari sama sekali minuman beralkohol.

Bila kamu mengalami nyeri dada yang mencurigakan, tanya dokter tepercaya di Halodoc untuk mendapatkan saran medis yang tepat. Yuk, download aplikasinya sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Referensi:
Heart Foundation. Diakses pada 2022. What is angina?
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Angina.