• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Pertolongan Pertama pada Pasien Epilepsi yang Kambuh
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Pertolongan Pertama pada Pasien Epilepsi yang Kambuh

Cara Pertolongan Pertama pada Pasien Epilepsi yang Kambuh

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 18 Februari 2022

“Seseorang dapat mengalami epilepsi yang kambuh secara tiba-tiba tanpa aba-aba. Tentu hal ini dapat berbahaya jika tidak mendapatkan tindakan segera. Maka dari itu, kamu perlu tahu cara pertolongan pertama jika seseorang alami epilepsi secara tiba-tiba.”

Cara Pertolongan Pertama pada Pasien Epilepsi yang Kambuh

Halodoc, Jakarta – Kamu tentu bingung untuk melakukan sesuatu saat melihat seseorang yang mengalami kejang secara tiba-tiba yang kemungkinan disebabkan epilepsi. Padahal, seseorang yang mengalami masalah ini perlu mendapatkan penanganan segera agar dampak buruk dapat dihindari. Nah, ketahui cara melakukan pertolongan pertama pada seseorang dengan epilepsi di sini!

Pertolongan Pertama untuk Pengidap Epilepsi yang Perlu Dilakukan

Epilepsi adalah kondisi umum pada otak yang dapat menyebabkan seseorang alami kejang berulang tanpa alasan yang jelas. Seseorang yang kerap mengalami kejang rentan terjadi tanpa adanya peringatan dan bahkan mampu mengganggu kesadaran. Bahkan, kejang mampu menyebabkan cedera dan jatuh hingga kematian jika seseorang yang mengalaminya tidak berhati-hati.

Selain itu, dari sisi seseorang yang melihat orang lain yang mengalami kejang secara tiba-tiba disebabkan epilepsi, tentu rasa panik akan timbul. Padahal, jika kamu tahu cara yang cepat dan tepat untuk menolong, tindakan ini bahkan dapat menyelamatkan nyawa seseorang saat alami masalah tersebut. 

Maka dari itu, kamu perlu tahu cara pertolongan pertama untuk pada seseorang yang alami epilepsi kambuh. Berikut beberapa caranya:

1. Berikan orang alami epilepsi ruang untuk bernapas dan minta orang-orang di sekitar untuk menjauh.

2. Jauhkan benda keras atau tajam, seperti kacamata dan furnitur.

3. Jika kamu merasa ia memiliki makanan atau cairan di mulutnya, segera gulingkan badannya ke samping.

4. Tempatkan sesuatu yang lembut di bawah kepalanya sebagai bantalan.

5. Kendurkan bagian pakaiannya yang ketat agar lebih mudah untuk bernapas, terutama di leher.

6. Jika bisa, kamu mencatat waktu saat kejang terjadi.

7. Jangan memasukkan apapun ke dalam mulutnya atau memindahkannya kecuali posisinya dalam bahaya.

Pastikan juga untuk selalu bersama dengan orang yang mengalami epilepsi ini hingga ia benar-benar sadar. Jangan pernah untuk mengguncang atau bahkan meneriakinya karena tentu saja cara ini tidak membantu. Kamu juga disarankan untuk segera meminta bantuan dari rumah sakit terdekat untuk memberikan tindakan dan mengirimkan ambulans agar masalah yang terjadi dapat teratasi.

Kamu juga perlu bersama dengan seseorang yang mengalami kejang selama yang diperlukan. Tetaplah bersamanya hingga ia benar-benar sadar tempat dirinya berada dan mampu merespons dengan normal saat kamu mengajaknya berbicara. Coba untuk bicara dengan tenang dan jelaskan yang telah terjadi. Jangan berikan makanan atau minuman hingga ia benar-benar pulih.

Nah, kamu juga perlu tahu waktu yang tepat untuk mendapatkan bantuan medis ketika:

  • Kejang pertama yang terjadi pada anak-anak.
  • Kejang berlangsung lebih dari 5 menit.
  • Kejang lain terjadi segera setelah yang pertama berhenti.
  • Seseorang yang alami epilepsi masih tidak sadar setelah kejangnya berhenti.
  • Orang ini alami luka selama tidak sadar.

Nah, sekarang kamu tahu berbagai cara untuk melakukan pertolongan pertama pada seseorang yang alami kekambuhan epilepsi. Dengan melakukan semua cara yang disebutkan, kamu mungkin saja sudah menyelamatkan nyawa orang tersebut. Hal yang paling penting adalah kamu tidak panik saat menerapkan semua hal tersebut hingga bantuan medis tiba atau orang tersebut sadar.

Jika kamu merasa butuh bantuan saat menerapkan pertolongan pertama ini pada seseorang yang alami epilepsi, dokter dari Halodoc siap membantu. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, kamu bisa berinteraksi langsung dengan ahli medis berpengalaman di mana saja dan kapan saja. Nikmati kemudahan dalam akses kesehatan ini sekarang juga!

Referensi:
Better Health. Diakses pada 2022. Epilepsy – first aid and safety.
Healthline. Diakses pada 2022. Seizure First Aid: How to Respond When Someone Has an Episode.