Cara Sederhana Atasi Nyeri Haid

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Cara Sederhana Atasi Nyeri Haid

Halodoc, Jakarta – Tiap bulannya, pasti setiap wanita mengalami siklus menstruasi. Ada beberapa gejala yang dialami oleh wanita menjelang menstruasi, salah satunya adalah nyeri yang dirasakan pada bagian perut bawah dan dikenal dengan nyeri haid. Nyeri haid atau dismenore yang dialami oleh para wanita tiap menstruasi nyatanya berbeda tingkat keparahannya.

Baca juga: 6 Trik Atasi Nyeri Haid di Kantor

Kondisi ini normal dialami oleh setiap wanita menjelang dan saat menstruasi. Sebaiknya jangan terlalu dikhawatirkan meskipun nyeri yang dirasakan cukup mengganggu, kondisi ini merupakan proses alami yang terjadi pada rahim wanita. Kamu dapat bisa melakukan cara sederhana untuk mengatasi nyeri haid yang kamu alami setiap bulannya.

Kenali Gejala Normal pada Nyeri Haid

Nyeri haid yang terbilang normal memiliki kondisi yang berbeda tiap wanita. Ada yang mengalami nyeri cukup ringan hingga parah dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Otot dinding rahim melakukan kontraksi halus setiap harinya namun tidak terasa. Menjelang menstruasi, kontraksi yang terjadi pada otot dinding rahim akan semakin kencang. Kontraksi ini terjadi akibat proses peluruhan dinding rahim saat menstruasi. 

Ketika menstruasi, tubuh mengeluarkan zat kimia yang menyerupai hormon, dikenal dengan prostaglandin. Zat ini memicu otot rahim melakukan kontraksi lebih kuat. Tidak hanya itu, prostaglandin menyebabkan tubuh mengalami ketidaknyamanan yang dirasakan saat menstruasi, seperti sakit kepala, mual, lemas, dan diare. Kamu tidak perlu khawatir karena nyeri dapat berangsur menghilang setelah menstruasi selesai.

Namun, sebaiknya perhatikan jika kamu mengalami gejala menstruasi yang disertai nyeri haid yang berlebihan selama beberapa hari berturut-turut, muncul gumpalan darah yang cukup besar dari vagina, dan nyeri bertambah parah ketika berhubungan intim. Kondisi ini bisa menandakan gangguan penyakit pada rahim. Sebaiknya periksakan kondisi kesehatan pada rumah sakit terdekat untuk penanganan yang tepat dan cepat.

Baca juga: Cara Menghilangkan Nyeri Haid Tanpa Obat

Cara Sederhana untuk Atasi Nyeri Haid

Jika nyeri haid yang kamu alami terbilang ringan, kamu bisa melakukan beberapa cara sederhana ini untuk mengatasinya, di antaranya:

1. Kompres dengan Air Hangat

Dilansir dari Medical News Today, mengompres bagian perut bawah yang mengalami nyeri haid menjadi cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi nyeri haid. Kamu bisa siapkan botol air hangat atau alat kompres dengan air hangat di dalamnya. Suhu hangat yang dihasilkan dapat membuat otot rahim menjadi lebih lentur dan membuat kamu merasa lebih nyaman.

2. Lakukan Olahraga Ringan

Sebaiknya jangan berdiam diri jika kamu mengalami nyeri yang disebabkan menstruasi. Sempatkan diri untuk melakukan olahraga ringan secara rutin. Dilansir dari Journal of Family Reproductive Health, olahraga ringan seperti yoga atau jogging dapat mengatasi nyeri haid yang dirasakan saat menstruasi. Selain dapat mengatasi nyeri haid, berolahraga meningkatkan hormon endorfin untuk membuat suasana hati menjadi lebih baik.

3. Penuhi Kebutuhan Istirahat

Dilansir dari WebMD, salah satu cara sederhana yang dapat dilakukan untuk mengatasi nyeri haid dengan memenuhi kebutuhan istirahat. Hindari juga begadang karena dapat mengganggu kualitas tidur kamu di malam hari.

4. Penuhi Nutrisi dan Gizi

Kamu bisa penuhi kebutuhan nutrisi dan gizi untuk mengatasi masalah nyeri haid. Tidak ada salahnya untuk mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan vitamin B1. Kandungan vitamin B1 dapat mengurangi nyeri haid secara alami. Kamu juga bisa mengonsumsi minuman teh hangat untuk mengatasi nyeri haid yang dialami, salah satunya adalah teh peppermint.

Baca juga: Hati-Hati, Ini Penyakit yang Sebabkan Nyeri Haid

Itulah cara alami yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi nyeri haid. Jangan lupa untuk penuhi kebutuhan air putih agar tubuh kamu tidak mengalami dehidrasi. Tidak hanya itu, penggunaan essential oils dengan pijat ringan juga bisa dilakukan untuk mengatasi nyeri haid.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2020. Home Remedies for Menstrual Cramp Relief
Everyday Health. Diakses pada 2020. 10 Ways to Relieve Period Cramps
Journal of Family Reproductive Health. Diakses pada 2020. Comparing the effects of aerobic and stretching exercises on the intensity of primary dysmenorrhea in the students of universities of Bushehr
Web MD. Diakses pada 2020. What Are Menstrual Cramps?