• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Cara Sederhana Ini Bisa Mencegah Psoriasis

4 Cara Sederhana Ini Bisa Mencegah Psoriasis

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Pernahkah kamu mengalami kulit yang gatal hingga perih dan menimbulkan ruam merah? Jika hal tersebut terjadi, mungkin saja kamu mengidap psoriasis. Gangguan ini merupakan suatu penyakit kronis yang dapat menyebabkan kekambuhan. Selain itu, psoriasis adalah penyakit yang dapat terjadi selama seumur hidup.

Namun, hal yang paling penting adalah mencegahnya agar tidak menyebabkan gangguan secara tiba-tiba. Pasti kamu tidak ingin kan tiba-tiba merasakan gatal yang parah saat momen penting? Maka dari itu, penting untuk mengetahui beberapa cara untuk cegah psoriasis agar tidak menimbulkan gangguan. Berikut beberapa cara yang efektif!

Baca juga: Jaga Kesehatan Kulit, Ini Bedanya Psoriasis dan Dermatitis

Cara Mencegah Psoriasis secara Sederhana

Psoriasis adalah gangguan pada kulit yang terjadi akibat peradangan kronis ketika sistem imun tubuh menyerang sel kulit yang sehat. Dengan adanya hal tersebut, tubuh akan bereaksi dengan berusaha mempercepat pertumbuhan jaringan kulit. Hal tersebut membuat kulit mengalami ruam merah, gatal-gatal, perasaan perih, hingga rasa panas.

Meskipun disebabkan oleh gangguan imun, beberapa pemicu dapat menyebabkan kekambuhan pada seseorang, seperti cuaca panas, udara yang kering, hingga terlalu banyak terpapar sinar matahari. Maka dari itu, penting untuk mengetahui beberapa cara yang ampuh untuk mencegah psoriasis agar tidak terjadi. Berikut beberapa caranya:

  1. Menjaga Kelembapan Kulit

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya psoriasis adalah dengan selalu menjaga kelembapan kulit. Saat kulit sedang kering, gejala dapat bertambah buruk, sehingga mampu memicu terjadinya gangguan imun tersebut. Maka dari itu, pastikan menjaga kelembapan kulit dengan mengaplikasikan losion pelembap agar psoriasis tidak kambuh.

  1. Mengurangi Rasa Stres Berlebih

Saat seseorang mengalami perasaan stres yang berlebih, tubuhnya pun juga ikut merasakan dampaknya. Hal tersebut dapat memicu terjadinya psoriasis untuk menyerang. Maka dari itu, cara mencegah psoriasis terjadi adalah dengan mengurangi perasaan stres yang berlebih. 

Hal tersebut terjadi karena tubuh cenderung memiliki reaksi inflamasi ketika seseorang merasakan stres sehingga psoriasis dapat menjadi lebih parah. Untuk menjaga pikiran tetap sehat, kamu dapat melakukan beberapa metode, seperti menjalankan terapi, melakukan yoga, serta belajar teknik meditasi dan relaksasi agar gangguan stres dapat diatasi.

Baca juga: Ini Jenis-jenis Psoriasis yang Perlu Diketahui

  1. Hindari Udara Kering

Hal lainnya yang dapat kamu lakukan sebagai cara untuk mencegah terjadinya psoriasis adalah dengan menghindari udara yang kering. Faktor iklim dapat memberi efek besar pada gangguan kulit tersebut karena udara yang kering dapat memperburuk gejala yang ada. Maka dari itu, jika kamu berada di dalam ruangan yang terbilang kering, penting untuk menggunakan humidifier agar membuat udara menjadi lembap, sehingga kulit tetap sehat.

  1. Menjalankan Kebiasaan Sehat

Cara lainnya yang dapat diterapkan untuk mencegah agar psoriasis tidak kambuh adalah dengan selalu menjalankan kebiasaan yang sehat. Beberapa hal tersebut antara lain berolahraga secara rutin, mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, serta menjaga berat badan tetap normal.

Meski belum ada penelitiannya, direkomendasikan agar orang dengan gangguan ini untuk selalu mengonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur. Selain itu, berolahraga rutin juga dapat membuat kulit menjadi lebih sehat. Juga, mengurangi kelebihan berat badan dapat memicu terjadinya peradangan. Maka dari itu, penting menjaga berat tubuh tetap seimbang.

Dengan menerapkan beberapa cara untuk mencegah terjadinya psoriasis tersebut, diharapkan seseorang yang mengidapnya tidak mengalami kekambuhan. Sehingga, semua kegiatan yang harus dilakukan setiap hari tidak terganggu dengan adanya gangguan sistem imun yang menyebabkan kulit terganggu.

Baca juga: Jangan Salah, Ini Bedanya Psoriasis dan Eczema

Kamu juga dapat bertanya pada dokter dari Halodoc terkait cara mencegah psoriasis agar tidak kambuh. Caranya mudah sekali, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan sehari-hari untuk mendapatkan kemudahan akses kesehatan.

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2020. 10 Tips to Prevent Psoriasis Flare-Ups.
Healthline. Diakses pada 2020. Psoriasis Prevention.