• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Sederhana Menjaga Kebersihan Pori-Pori Wajah
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Sederhana Menjaga Kebersihan Pori-Pori Wajah

Cara Sederhana Menjaga Kebersihan Pori-Pori Wajah

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 29 November 2021
Cara Sederhana Menjaga Kebersihan Pori-Pori Wajah

“Keringat, minyak, kotoran dan sel-sel kulit mati bisa membuat pori-pori wajah tersumbat. Hal itu bisa menyebabkan munculnya komedo dan membuat kulit wajah menjadi kusam. Untungnya, ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan pori-pori wajah, seperti menggunakan pore strip atau masker, melakukan eksfoliasi, dan ekstraksi.”

Halodoc, Jakarta – Komedo merupakan salah satu masalah kecantikan yang sering dikeluhkan oleh banyak wanita. Meskipun kecil, komedo yang muncul di hidung tentu akan mengurangi kecantikan wajah.

Nah, penyebab komedo bisa muncul adalah karena pori-pori wajah kamu tersumbat oleh minyak dan sel-sel kulit mati. Oleh karena itu, penting untuk menjaga pori-pori kulit wajah tetap bersih agar wajah kamu bebas dari komedo yang mengganggu. 

Cara Menghilangkan Pori-porI Tersumbat

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan pori-pori kamu tersumbat, seperti polusi di udara, minyak dari tangan kamu yang berpindah ke wajah saat kamu menyentuh wajah kamu, keringat, dan juga kulit mati. Ketika pori-pori tersumbat, komedo hitam dan komedo putih bisa bermunculan dan membuat kulit kamu kusam. 

Namun, tidak perlu khawatir, berikut cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kebersihan pori-pori:

  • Gunakan Strip Pori-pori

Sekarang ini, sudah ada pore strip atau strip khusus untuk menghilangkan pori-pori yang bisa kamu temukan di banyak toko kecantikan atau supermarket. Strip ini memiliki perekat yang bermanfaat untuk menghilangkan bakteri, minyak, kulit mati dan apapun yang ada di permukaan kulit.

Cara menggunakannya, bersihkan wajah terlebih dahulu dan biarkan area hidung tetap basah. Lalu, tempelkan pore strip pada hidung dan diamkan selama 5-10 menit. Setelah itu, lepaskan pore strip dan bilas area hidung dengan air.

  • Masker Charcoal

Sudah digunakan dalam banyak produk perawatan kulit, charcoal adalah bahan aktif yang bermanfaat untuk menghilangkan kotoran, polusi dan racun dari pori-pori. Salah satu produk charcoal yang bisa kamu coba untuk menghilangkan pori-pori tersumbat adalah masker charcoal.

Caranya, bersihkan wajah terlebih dahulu, lalu tempelkan masker charcoal pada wajah, dan biarkan selama 5-10 menit sebelum melepasnya. Beberapa jenis masker akan mengeras dan bisa dilepas dari wajah dengan cara ditarik tanpa meninggalkan sisa, sementara jenis makser lainnya meninggalkan sisa, sehingga perlu dibilas.

  • Eksfoliasi

Eksfoliasi wajah adalah perawatan untuk membersihkan kulit dengan cara mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang menempel pada pori-pori wajah. Dengan melakukan perawatan ini, kamu bisa menghilangkan pori-pori tersumbat. 

Ada dua jenis eksfoliasi yang bisa kamu pilih, yaitu manual dan kimia. Pada eksfoliasi secara manual, kamu bisa menggunakan waslap hangat, sikat atau scrub untuk melakukan pengelupasan kulit wajah. Sementara eksfoliasi kimia menggunakan bahan-bahan kimia, seperti asam alfa hidroksi, asam beta hidroksi, retinol, atau enzim topikal untuk membersihkan pori-pori. Eksfoliasi kimia sebaiknya dilakukan oleh dokter kulit.

  • Ekstraksi

Pada perawatan wajah ini, dokter kulit akan menggunakan alat pengekstrak atau tangan mereka sendiri untuk menekan area pori-pori yang tersumbat dan mengeluarkan komedo. Setelah ekstraksi, dokter akan menggunakan antibakteri atau antiseptik untuk mengembalikan kulit ke pH alami dan mencegah jerawat. 

Itulah cara sederhana menjaga kebersihan pori-pori. Bila pori-pori tersumbat pada wajah kamu tidak mau hilang juga dan kamu terus mengalami jerawat setelah mencoba metode di atas, segera temui dokter kulit. Kamu bisa berobat ke dokter kulit dengan buat janji di rumah sakit pilihan kamu melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasinya sekarang juga untuk memudahkan kamu mendapatkan solusi kesehatan terlengkap.

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. 5 Ways to Unclog Pores and 2 Methods to Avoid