• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Sederhana Meredakan Kaki Bengkak

Cara Sederhana Meredakan Kaki Bengkak

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Cara Sederhana Meredakan Kaki Bengkak

Halodoc, Jakarta - Kaki bengkak yang dibiarkan terus-menerus tentunya bisa mengganggu aktivitas orang yang mengalaminya. Penyebab kaki bengkak sendiri beragam, mulai dari berdiri terlalu lama, hingga disebabkan oleh penyakit tertentu.

Misalnya, edema (penumpukkan cairan di bagian tubuh) yang dapat memicu kaki bengkak. Lantas, bagaimana sih cara sederhana untuk meredakan kaki bengkak?

Baca juga: Aktivitas Seharian Bisa Bikin Kaki Bengkak, Ini Sebabnya

Tips Simpel Atasi Kaki Bengkak

Umumnya, kaki bengkak ringan dapat mereda seiring berjalannya waktu. Namun, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meringankan keluhan kaki bengkak agar gejalanya mereda.

Berikut ini cara mengatasi kaki bengkak yang bisa dicoba. 

1. Kaus kaki kompresi

Cara mengatasi kaki bengkak bengkak bisa dengan menggunakan kaus kaki kompresi (compression socks). Kaus kaki ini tersedia di toko obat, toko sepatu, atau toko online, yang mampu meredakan nyeri dan mencegah penumpukan cairan di tungkai, pergelangan kaki, dan kaki. Sebaiknya, jangan memiliki kasus kaki yang terlalu ketat. 

2. Tinggikan Posisi Kaki 

Cara mengatasi kaki bengkak juga bisa dengan memperhatikan elevation atau tingkat posisi kaki. Usahakan agar posisi kaki lebih tinggi, atau letakan di atas sandaran untuk membantu mengurangi pembengkakan. Misalnya, berbaring di lantai dengan kaki terangkat dan menempel di dinding.

3. Berolahraga Ringan

Terus-terusan duduk atau berdiri dalam waktu yang lama juga dapat meningkatkan pembengkakan. Cobalah lakukan olahraga atau gerakan ringan untuk membantu meredakan kaki bengkak.

Misalnya, menggerakkan lutut, dan tekuk serta rentangkan pergelangan kaki. Selain itu, kamu bisa mencoba olahraga renang untuk membantu meringankan keluhan kaki bengkak.

4. Menurunkan Berat Badan

Dengan berat badan yang menurun, maka kaki tak akan bekerja ekstra untuk menahan beban tubuh. Di samping itu, menurunkan berat badan tak hanya mengurangi pembengkakan saja, tapi juga dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

5. Garam Epsom

Rendam kaki dan pergelangan kaki selama 15 hingga 20 menit menggunakan air dingin yang diisi dengan garam Epsom untuk meredakan nyeri terkait pembengkakan.

Jika kamu memiliki neuropati diabetes pada kaki, periksa air dengan tangan terlebih dahulu untuk menghindari kaki terkena suhu ekstrim.

Baca juga: Kaki Bengkak Juga Dapat Disebabkan oleh Penyakit Jantung

6. Suplemen Magnesium

Selain lima hal di atas, cara mengatasi kaki bengkak juga bisa dengan mengonsumsi suplemen magnesium. Coba konsumsi 200 hingga 400 mg magnesium ke dalam makanan harian, untuk membantu membatasi retensi air dan rasa sakit.

Namun, cobalah tanyakan pada dokter sebelum mengonsumsi suplemen magnesium. Sebab, suplemen ini tak boleh digunakan bila kamu memiliki masalah ginjal atau jantung.

Nah, untuk hasil yang terbaik, gunakan lebih dari satu terapi dalam satu waktu. Misalnya, jika dirimu melakukan olahraga ringan, cobalah gunakan kaus kaki kompresi setelahnya. 

Mau tahu lebih jauh mengenai masalah di atas? Atau memiliki keluhan kesehatan lainnya? Kamu bisa bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Tidak perlu keluar rumah, kamu bisa menghubungi dokter ahli kapan saja dan di mana saja. Praktis, kan? 

Butuh Bantuan Medis

Ingat, cara-cara di atas hanya cara sederhana yang dapat dilakukan untuk mengatasi kaki bengkak yang terbilang ringan. Namun, ada pula beberapa kasus kaki bengkak yang perlu ditangani langsung oleh dokter.

Singkat kata, segera temui dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat bila kaki bengkak berat, tak kunjung sembuh, atau membuat sulit berjalan.

Pasalnya, bisa saja kaki bengkak disebabkan oleh infeksi, sehingga membutuhkan pengobatan antibiotik dari dokter. Contoh lainnya, kaki bengkak juga bisa disebabkan oleh penyakit ginjal, dan mungkin dokter akan menyarankan untuk pasien melakukan cuci ginjal, atau operasi ginjal.

Baca juga: Kaki Bengkak saat Hamil, Ini Cara Mencegahnya

Dengan kata lain, cara mengatasi kaki bengkak akan disesuaikan oleh penyebabnya. Nah, bagi kamu yang ingin memeriksakan kaki bengkak atau kondisi lainnya, bisa kok memeriksakan diri ke rumah sakit pilihan. Sebelumnya, buat janji dengan dokter di aplikasi Halodoc sehingga tidak perlu mengantre sesampainya di rumah sakit.



Referensi:
Cleveland Clinic.6 Best Fixes for Pain and Swelling in Your Feet and Ankles
Harvard Health Publishing Harvard Medical School. Diakses pada 2021. What’s causing those swollen feet