• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Cara Sederhana untuk Menghilangkan Bau Mulut

6 Cara Sederhana untuk Menghilangkan Bau Mulut

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta - Bau mulut adalah masalah umum yang bisa bikin seseorang jadi kurang percaya diri. Rasanya memang cukup sulit untuk mencium bau napas sendiri, apalagi menilai baunya. Namun jangan khawatir, banyak cara untuk menghilangkan bau mulut. Bau mulut biasanya berasal dari bakteri yang tinggal di dalam mulut. Ketika kamu makan, serpihan makanan bisa tersangkut di gigi dan bakteri tumbuh di sana dan melepaskan senyawa sulfur yang berbau busuk.

Penyebab bau mulut yang paling umum adalah kebersihan gigi yang buruk. Jika kamu tidak sering menyikat gigi, maka bakteri di mulut bisa terus tumbuh, dan lapisan tipis bakteri yang dikenal sebagai plak akan menumpuk di gigi. Saat plak tidak dibersihkan melalui sikat gigi, maka dapat menghasilkan bau busuk bahkan pembusukan gigi.

Baca juga: Karang Gigi Bisa Menjadi Penyebab Bau Mulut? 

Cara Hilangkan Bau Mulut

Meskipun lebih dari 90 persen sumber kasus bau mulut berasal dari mulut itu sendiri, terkadang sumber masalahnya berasal dari bagian lain tubuh. Bau mulut dapat menjadi hasil dari refluks asam lambung. Kemungkinan penyebab lain termasuk infeksi, komplikasi diabetes, dan gagal ginjal. Memulai diet baru, seperti diet keto, juga bisa menimbulkan bau napas tertentu. 

Buat kamu yang kurang percaya diri dengan bau mulut, ini cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bau mulut tersebut:

  • Menjaga Kebersihan Gigi. Melansir Healthline, kebersihan gigi yang buruk adalah penyebab paling umum dari bau mulut. Mencegah penumpukan plak adalah kunci untuk menjaga kesehatan mulut. Kamu harus menyikat gigi menggunakan pasta gigi berfluoride selama dua menit setidaknya dua kali sehari (sehabis sarapan dan sebelum tidur). Rutin menyikat gigi akan mencegah pembusukan gigi dan bau mulut. Kamu dapat menggunakan benang gigi (flossing) setidaknya sekali sehari untuk mencegah potongan makanan tersangkut di sela-sela gigi. Bakteri juga bisa menumpuk di lidah dan sebabkan bau busuk. Gunakanlah sikat gigi atau pengikis lidah khusus dan gosok lidah setidaknya sekali sehari.

  • Peterseli. Tanaman ini adalah obat tradisional yang populer untuk menghilangkan bau mulut. Aroma segar dan kandungan klorofil yang tinggi menunjukkan tanaman ini dapat memiliki efek penghilang bau. Kunyahlah daun segar setiap selesai makan atau kamu bisa membeli suplemen makanan peterseli. 

  • Jus Nanas. Banyak orang percaya bahwa jus nanas adalah pengobatan paling cepat dan efektif untuk bau mulut. Meskipun belum ada bukti ilmiah yang mendukung teori ini, sebagian orang melaporkan bahwa hal ini berhasil. Kamu bisa minum segelas jus nanas organik setelah setiap kali makan, atau kunyah irisan nanas selama satu hingga dua menit.

Baca juga: Ini Manfaat Berkumur Bagi Kesehatan

  • Minum Air. Mulut kering sering menyebabkan bau mulut dan air liur memainkan peran yang penting untuk menjaga kebersihan mulut. Tanpanya, bakteri mudah berkembang. Secara alami mulut akan mengering saat tertidur, itu sebabnya napas menjadi lebih bau di pagi hari. Cegah mulut kering dengan menjaga tubuh tetap terhidrasi. Minum air putih yang cukup membantu mendorong produksi air liur. 

  • Yogurt. Makanan sehat ini mengandung bakteri sehat yang disebut lactobacillus. Bakteri sehat ini membantu memerangi bakteri jahat di tubuh, termasuk usus. Penelitian menunjukkan yogurt juga membantu mengurangi bau mulut. Setelah enam minggu mengonsumsi yogurt, 80 persen partisipan mengalami pengurangan bau mulut. Makanlah setidaknya satu porsi yogurt tawar tanpa lemak per hari.

  • Susu. Susu adalah obat yang ampuh menghilangkan bau mulut. Untuk menggunakan metode ini, minum segelas susu selama atau setelah makan yang mengandung makanan berbau kuat seperti bawang putih dan bawang.

Baca juga: Ini Waktu Paling Tepat untuk Membersihkan Karang Gigi

Kamu juga bisa chat dokter di Halodoc untuk menanyakan cara ampuh menghilangkan bau mulut. Dokter di Halodoc akan selalu siaga memberikan saran kesehatan yang kamu butuhkan, termasuk permasalahan bau mulut yang kamu alami.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Things You Can Try at Home to Eliminate Bad Breath.
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Bad Breath.