• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Tentukan Sepatu yang Tepat untuk Hindari Kapalan

Cara Tentukan Sepatu yang Tepat untuk Hindari Kapalan

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta – Memiliki kaki yang sehat tentunya dapat menunjang aktivitas sehari-hari. Untuk itu, tidak ada salahnya menjaga kesehatan kaki agar terhindar dari gangguan penyakit yang dapat menyerang kaki, salah satunya adalah kapalan pada kulit kaki. Pernahkah kamu mendengar penyakit kapalan? Kapalan, istilah medisnya callus adalah kondisi ketika terjadi pengerasan pada bagian kulit.

Baca juga: Begini 4 Cara Mencegah Kapalan di Kaki

Tidak hanya pada area tumit kaki, kapalan juga dapat dialami pada bagian lain, seperti lutut dan telapak kaki. Meskipun tidak membahayakan, pengidap kapalan dapat mengalami kondisi yang membuat tidak nyaman saat berjalan maupun beraktivitas. Nah, cara mencegah terjadinya kapalan bisa dilakukan dengan menentukan sepatu yang tepat. Ini ulasannya. 

Gunakan Sepatu Nyaman untuk Hindari Kapalan

Penebalan kulit yang dialami oleh pengidap kapalan terjadi akibat tekanan dan gesekan pada kulit secara berulang dan berlebihan. Kapalan muncul sebagai tanda tubuh melindungi bagian kulit yang sensitif. Ada gejala yang dialami oleh pengidap kapalan, seperti munculnya bagian kulit yang menebal, kulit lebih kasar dibandingkan area kulit yang lainnya, terasa nyeri ketika digunakan untuk berjalan atau mengalami tekanan, dan muncul benjolan yang mengeras pada kulit yang mengalami kapalan.

Perhatikan jika kapalan mengalami peradangan atau iritasi, segera kunjungi rumah sakit terdekat untuk melakukan pemeriksaan dan memastikan kesehatan kaki yang dialami. Kini kamu bisa membuat janji dengan dokter melalui aplikasi Halodoc, sehingga tidak perlu mengantre sesampainya di rumah sakit. 

Ada berbagai penyebab seseorang mengalami kapalan pada area kaki, salah satunya cara berjalan yang kurang tepat. Kondisi ini membuat tekanan dan gesekan pada bagian kaki tertentu. Hal ini juga meningkatkan risiko terjadinya kapalan. Tidak hanya itu, ada penyebab kapalan lainnya, salah satunya adalah penggunaan sepatu yang kurang nyaman.

Baca juga: Sering Pakai Sepatu Sempit Sebabkan Kaki Kapalan, Benarkah?

Dilansir dari Medical News Today, ada berbagai cara penggunaan sepatu yang salah sehingga meningkatkan risiko seseorang alami kapalan. Sepatu yang digunakan terlalu sempit dapat menyebabkan tekanan pada kaki, sehingga bisa menimbulkan kapalan pada kulit kaki. Tidak hanya itu, penggunaan sepatu yang longgar juga memicu seseorang alami kapalan.

Sepatu yang longgar menyebabkan kulit kaki mendapatkan gesekan terus-menerus dan berisiko alami kapalan. Lantas, bagaimana penggunaan sepatu yang tepat agar kapalan dapat dihindari? Selalu gunakan pelindung kaki yang sesuai dengan ukuran. Penggunaan kaos kaki yang tidak sesuai dengan ukuran kaki juga bisa menyebabkan kapalan. Ukuran kaos kaki yang kecil dapat menyebabkan gesekan yang dialami pada kaki cukup sering dan mempercepat kapalan muncul pada kulit kaki.

Bagi wanita, tidak ada salahnya untuk mencari alternatif untuk penggunaan sepatu hak tinggi. Penggunaan sepatu hak tinggi dalam waktu yang cukup lama dapat sebabkan kapalan. Hal ini disebabkan sepatu hak tinggi membuat tumpuan pada area kaki bagian depan kaki semakin besar. Kondisi ini mempercepat pertumbuhan kapalan.

Baca juga: 5 Cara Mudah Usir Kulit Kaki Kapalan

Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan kaki, sepatu, maupun kaos kaki yang digunakan sehari-hari agar terhindar dari kapalan. Dilansir dari NCH Healthcare System, kamu dapat atasi kapalan di rumah dengan cara sederhana, seperti merendam kaki dengan air hangat dan gunakan krim khusus agar kaki menjadi lebih lembap dan halus. Kulit kaki yang kering dapat membuat kamu berisiko mengalami kapalan.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2020. All About Corns and Calluses
NCH Healthcare System. Diakses pada 2020. Corns and Calluses
Web MD. Diakses pada 2020. Understanding Corns and Calluses