• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Tepat Agar Anjing Memiliki Berat Badan yang Sehat
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Tepat Agar Anjing Memiliki Berat Badan yang Sehat

Cara Tepat Agar Anjing Memiliki Berat Badan yang Sehat

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc : 26 November 2021
Cara Tepat Agar Anjing Memiliki Berat Badan yang Sehat

“Anjing yang terlalu kurus atau gemuk menjadi masalah yang umum terjadi. Untuk mencegah terjadinya hal tersebut, anjing membutuhkan diet seimbang dan tubuh yang selalu aktif. Selain itu, kamu bisa melakukan beberapa langkah di sini agar anjing gemuk dan sehat.”

Halodoc, Jakarta – Menjaga berat badan anjing diperlukan untuk memastikan ia memiliki kualitas hidup yang baik. Langkah tersebut pun dilakukan untuk membantu mobilitas anjing, agar kekakuan sendi dapat dicegah. Sebagai pemilik, kesehatan hewan peliharaan tentu menjadi fokus tersendiri.

Jika hewan peliharaan sakit, kocek yang dirogoh untuk membawanya berobat lebih mahal ketimbang memberikan makanan dengan asupan seimbang. Tentu bukan hal yang mudah melakukannya, tetapi kamu bisa mencoba beberapa langkah berikut ini secara teratur, agar anjing gemuk dan sehat.

1. Mengetahui Berat Badan Sehat Anjing Sesuai Jenisnya

Langkah pertama agar anjing gemuk dan sehat adalah mengetahui bahwa ras dan usia anjing memiliki kisaran berat badan sehat masing-masing. Antara satu dan lainnya tidak bisa disamaratakan, termasuk anjing dari ras yang sama, dengan jenis berbeda. Jika terasa sulit untuk menentukan, tanya langsung pada ahlinya.

Biasanya, anjing gemuk dan sehat bisa dilihat dari berat badan, kondisi tubuh, dan asupan yang diberikan. Jika terlalu kurus atau obesitas, keduanya perlu langkah penanganan yang berbeda. Jadi, pastikan untuk mengetahui berat badan sehat anjing terlebih dulu, lalu lakukan langkah penanganan.

2. Ajak Anjing untuk Tetap Bergerak Aktif

Langkah selanjutnya agar anjing gemuk dan sehat adalah mengajak anjing untuk tetap bergerak aktif. Sama seperti manusia, olahraga sangat penting untuk membantu anjing obesitas mendapatkan berat badan idealnya. Aktivitas yang dilakukan dapat membantu membakar energi dan kalori dari makanan yang dikonsumsi. 

Tidak perlu dilakukan dalam intensitas tinggi, kamu hanya perlu mengajaknya jalan-jalan secara teratur. Jika memungkinkan, kamu melepas tali ikatan lehernya dan mengajaknya bermain di lingkungan yang aman. Jika diluar rumah tidak memungkinkan, kamu bisa melakukannya di dalam rumah. Ingat, masing-masing ras memerlukan jumlah dan waktu latihan yang berbeda.

3. Bedakan Antara Mengemis dan Lapar

Jika sebelumnya anjing sudah diberi makan dan mengemis saat kamu makan, bisa saja ia hanya meminta perhatian. Kamu hanya perlu bersikap tegas dan tidak memberinya. Jika terbiasa diberi, ia akan mengulanginya terus-menerus. Sedangkan untuk menekan rasa lapar, berikan anjing asupan tinggi protein dan serat.

4. Batasi Konsumsi Camilan

Tidak tega memang membiarkan anjing memelas untuk mendapatkan camilan yang kamu makan. Namun, ingat memberikan camilan pada anjing sama halnya seperti memberikan permen untuk anak-anak. Jika ingin memberikan camilan, pastikan pilih dengan kandungan rendah kalori dan lemak, serta batasi jumlah konsumsinya, ya!

5. Menakar dan Memantau saat Makanan

Setelah menemukan rencana manajemen berat badan, patuhilah apa yang sudah disepakati. Hal yang paling penting dilakukan adalah menakar dan memantau saat anjing sedang makan. Jangan memberikan makanan lebih dari takaran, dan gunakan sendok takaran untuk memastikan porsi yang pas.

6. Sesuaikan Diet yang Tepat

Langkah terakhir agar anjing gemuk dan sehat dilakukan dengan diet sehat, jika ia mengalami obesitas. Ingat, tidak semua makanan penurun badan cocok untuk anjing peliharaanmu. Jadi, pilih yang memenuhi kebutuhan asupan harian, ya! Kembali lagi ke poin sebelumnya, gunakan sendok takaran untuk memastikan porsi yang pas.

Itulah beberapa cara tepat agar anjing gemuk dan sehat. Jika kamu kesulitan untuk menentukan berat badan yang sehat untuk jenis anjing, tanyakan langsung dengan dokter hewan lewat aplikasi Halodoc, ya. Dokter akan menyarankan tindakan terbaik yang dilakukan, agar anjing memiliki berat badan yang sehat. Yuk, download Halodoc sekarang juga!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:

Nutravet. Diakses pada 2021. Top tips to maintain a healthy weight for your dog.
American Kennel Club. Diakses pada 2021. ​8 Ways to Help Your Overweight Dog.