18 January 2018

Cara Tepat Atasi Masalah Rambut Berminyak Bagi yang Berhijab

Cara Tepat Atasi Masalah Rambut Berminyak Bagi yang Berhijab

Halodoc, Jakarta – Mengatasi rambut berminyak perlu dilakukan secara tepat. Rambut adalah mahkota bagi wanita. Karena itu, kamu perlu menjaga keindahan dan kesehatan rambut agar tidak mudah rusak dan berminyak, termasuk bagi wanita berhijab.

Rambut berminyak adalah keluhan umum pada wanita berhijab. Dengan hijab yang selalu menutupi kepala, rambut lebih mudah mengalami masalah yang disebabkan oleh keringat dan minyak berlebih akibat panasnya suhu udara di kepala. Akibatnya, keringat berlebih ini bisa membuat rambut menjadi lepek, bau, berketombe, rontok, dan berminyak.

Tapi, jangan khawatir. Kamu tetap bisa berhijab dengan nyaman tanpa mengalami masalah rambut dengan tips di bawah ini:

Jangan Lupa Menyisir Rambut

Meskipun tidak ada yang lihat rambutmu, tapi jangan sampai kamu lupa untuk menyisirnya. Ini karena rambut yang jarang disisir bisa cepat kusam, berminyak, dan sulit diatur.

Cuci Rambut dengan Teratur

Untuk mencegah rambut berminyak, kamu perlu mencuci rambut secara teratur, setidaknya dua hari sekali. Kamu bisa pilih shampo yang cocok dengan jenis rambut kamu, atau pilih shampo khusus untuk wanita berhijab. Hindari keramas dengan air hangat, karena berpotensi bikin rambut jadi berminyak dan lepek.

Jangan Terlalu Ketat Mengikat Rambut

Mengikat rambut adalah cara agar rambut tidak berantakan. Namun jika kamu mengikat rambut terlalu kencang setiap hari maka bisa memicu kerontokan pada rambut. Jadi sebaiknya, gunakan ikat rambut yang tidak terlalu kencang dan tidak terlalu longgar agar nyaman.

Keringkan Rambut sebelum Berhijab

Menggunakan hijab saat rambut basah bisa membuat rambut menjadi bau, lepek, dan berminyak. Jadi, sebelum menggunakan hijab, pastikan rambut sudah benar-benar kering. Agar tidak terburu-buru, kamu bisa keramas beberapa jam sebelum menggunakan hijab. Atau, kamu bisa gunakan hairdryer untuk mengeringkan rambut.

Pilih Hijab yang Menyerap Keringat

Kamu juga perlu memilih hijab yang menyerap keringat, seperti hijab berbahan katun dan sifon. Karena, menggunakan bahan hijab yang tidak menyerap keringat bisa membuat rambut kamu semakin bau, lepek, dan berminyak.

Beri Kesempatan Rambut untuk "Bernafas"

Rambut kamu juga perlu rileks dan bernafas. Karena itu, kamu perlu mengistirahatkan rambut dengan melepas hijab dan mengurainya saat beristirahat di rumah. Pastikan juga kamu segera melepas ikatan rambut agar masalah rambut berminyak, berketombe dan rontok bisa dicegah.

Rambut indah dan sehat dengan hijab? Siapa takut! Semoga tips ini bermanfaat untuk kamu yang berhijab, ya. Jika kamu punya keluhan pada rambut, kamu bisa menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc, lho. Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat untuk minta saran kesehatan kapan saja dan dimana saja.

Jika kamu penasaran dengan kadar kolestrol, kadar gula dalam darah, dan lain-lain, kamu bisa cek melalui aplikasi Halodoc. Caranya mudah! Kamu tinggal pilih Lab Service yang terdapat pada aplikasi Halodoc, kemudian tentukan tanggal dan tempat pemeriksaan, lalu petugas lab akan datang menemui kamu pada waktu yang sudah ditentukan. Kamu juga bisa membeli produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan di Halodoc. Kamu hanya tinggal order lewat aplikasi Halodoc, dan pesanan kamu akan diantar dalam satu jam. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.