• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Tepat Menangani Perut Kembung yang Dialami Si Kecil

Cara Tepat Menangani Perut Kembung yang Dialami Si Kecil

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Cara Tepat Menangani Perut Kembung yang Dialami Si Kecil

Halodoc, Jakarta - Perut kembung adalah salah satu gangguan yang membuat rasa tidak nyaman dan membuat buang angin menjadi lebih sering. Memang gangguan ini lebih sering terjadi pada orang dewasa, tetapi tidak menutup kemungkinan bisa juga terjadi pada anak-anak. Saat si Kecil mengalami hal ini, kesulitan untuk makan dan menjadi lebih cengeng dapat menjadi gejala yang timbul. Maka dari itu, setiap orangtua harus tahu cara atasi perut kembung pada anak. Berikut caranya!

Cara Atasi Perut Kembung pada Anak

Perut kembung adalah kondisi yang terjadi akibat gas atau udara bertumpuk terlalu banyak pada saluran pencernaan. Hal ini dapat membuat anak yang mengalaminya merasa tidak nyaman, sama seperti gejala yang dialami orang dewasa. Hal ini dapat disebabkan oleh menelan udara terlalu banyak karena tidak fokus saat makan. Selain itu, mengonsumsi beberapa makanan yang dapat memicu produksi gas juga dapat membuat perut tidak nyaman.

Baca juga: Inilah 5 Cara Atasi Perut Kembung

Selain itu, anak juga dapat mengalami masalah perut kembung karena terjadinya sembelit. Hal ini karena tinja sudah cukup lama berada di usus besar sehingga bakteri terus mengolah kotoran tersebut yang akhirnya menimbulkan gas pada perut. Maka dari itu, setiap orangtua harus mengetahui cara yang efektif untuk mengatasi gangguan perut kembung agar anak kembali ceria seperti sedia kala. Berikut caranya:

1. Jaga Anak Tetap Terhidrasi

Salah satu cara untuk mengatasi perut kembung pada anak adalah dengan menjaga anak agar tetap terhidrasi. Ibu dapat memberikan teh hangat tanpa pemanis agar cairan pada tubuhnya tetap terjaga. Cara tersebut juga dapat menenangkan saraf yang sakit pada perut dan membantu untuk mengatasi udara yang terperangkap. Saat gangguan tersebut disertai dengan muntah, jangan berikan makanan yang padat dan lebih banyak berikan makanan yang cair hingga sakitnya mereda.

2. Gunakan Kompres Hangat

Ibu juga dapat menggunakan kompres hangat yang memang menjadi solusi paling aman dan efektif untuk dilakukan. Cara ini dapat memberikan bantuan cepat karena panas dapat mengendurkan otot dan meredakan sakit perut. Pastikan untuk menggunakan kain dan kompres hangat sebelum menempelkan botol yang sudah diisi cairan hangat. Jangan langsung menempelkan botol tersebut ke badan anak karena dapat menimbulkan dampak buruk.

Baca juga: Ketahui Cara Tepat Atasi Perut Kembung

3. Konsumsi Makanan Probiotik

Makanan probiotik juga dipercaya dapat efektif untuk meredakan perut kembung yang terjadi pada anak. Salah satu makanan probiotik yang dapat dikonsumsi adalah yoghurt, karena efektif meredakan diare dan kram. Selain itu, yoghurt juga mengandung banyak bakteri baik yang dapat menggantikan mikroba pada usus. Diharapkan, setelah konsumsi yogurt dapat membuat perut anak menjadi lebih tenang.

4. Pijat dengan Lembut

Ibu juga dapat mengatasi masalah perut kembung anak dengan cara memijat area perut agar dapat meningkatkan sirkulasi darah pada area tersebut. Dengan begitu, saraf dan otot yang sakit akan menjadi lebih baik setelah mendapatkan pijatan lembut. Cobalah untuk memijat menggunakan telapak tangan dan jari-jari dan lakukan melingkar searah jarum jam di area pusar. Dengan memijat dari dagu ke bagian bawah perut, juga dapat meredakan nyeri.

Itulah beberapa cara yang dapat efektif untuk atasi perut kembung pada anak. Dengan melakukan beberapa hal tersebut, diharapkan anak kembali sehat dan dapat beraktivitas seperti biasa. Namun, jika gangguan tersebut terjadi dalam waktu yang lama, ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan ke dokter.

Baca juga: Kenali 7 Penyebab Perut Kembung

Ibu juga dapat bertanya pada dokter dari Halodoc terkait cara yang efektif untuk atasi perut kembung pada anak. Dengan bertanya langsung pada ahlinya, ibu tidak perlu ragu lagi akan jawabannya sehingga dapat langsung dipraktekkan. Caranya mudah sekali, cukup dengan download aplikasi Halodoc ke smartphone yang digunakan!

Referensi:
First Cry. Diakses pada 2020. 10 Home Remedies for Stomach Pain in Toddlers.
Mom Junction. Diakses pada 2020. Gas Problem In Toddlers: Signs, Causes And Home Remedies.