• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Tepat Mencegah Terjadinya Penyakit Ginjal

Cara Tepat Mencegah Terjadinya Penyakit Ginjal

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta – Penyakit ginjal adalah penyakit umum yang menyerang lebih dari 1 dari 7 orang dewasa. Tekanan darah tinggi, diabetes atau riwayat keluarga gagal ginjal biasanya menjadi faktor-faktor yang meningkatkan risiko 1 dari 3 orang untuk terkena penyakit ginjal di Amerika Serikat.

Bahkan bila kamu tidak memiliki faktor risiko tersebut, penyakit ginjal tetap dapat mengintai bila kamu tidak menjaga pola hidup yang teratur. Karena itu, ketahui cara mencegah penyakit ginjal di sini.

Baca juga: 6 Fakta Seputar Penyakit Ginjal yang Harus Diketahui

Cara Mencegah Penyakit Ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang penting. Organ yang berada di dalam punggung ini berfungsi menyaring limbah dan racun dari darah dan mengeluarkannya melalui urine. Fungsi ginjal juga penting dalam menjaga keseimbangan asam basa darah, mengatur jumlah cairan dan elektrolit, mengendalikan tekanan darah, serta menghasilkan sel darah merah.

Penyakit ginjal tidak hanya bisa mengganggu fungsi ginjal, tapi juga bisa menyebabkan kerusakan organ tersebut secara permanen. Namun, jangan khawatir. Ada beberapa cara tepat yang bisa kamu lakukan untuk mencegah penyakit ginjal:

  • Jaga Berat Badan yang Sehat

Kelebihan berat badan diketahui bisa meningkatkan risiko seseorang mengalami diabetes dan tekanan darah tinggi, yang keduanya merupakan faktor risiko untuk penyakit ginjal.

Menjaga berat badan yang sehat penting untuk mencegah penyakit ginjal. Beberapa cara untuk menjaga berat badan adalah mengurangi porsi makan, membatasi makanan berminyak dan berlemak, memperbanyak konsumsi sayur dan buah, serta berolahraga secara rutin.

  • Konsumsi Makanan Sehat

Bukan hanya membantu menjaga berat badan, mengonsumsi makanan sehat juga bisa mencegah faktor risiko penyakit ginjal lainnya, seperti diabetes dan tekanan darah tinggi. Kamu dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi buah dan sayuran, serta mengurangi konsumsi makanan tinggi garam, gula dan lemak agar ginjal tetap dalam kondisi yang baik.

Selain itu, diet rendah natrium seperti diet DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension) juga baik untuk mencegah penyakit ginjal. Diet ini menekankan pada konsumsi sayuran, buah, produk susu rendah lemak, biji-bijian, ikan, dan kacang-kacangan, serta membatasi garam, daging dan makanan manis, sehingga bisa membantu menurunkan tekanan darah.

Baca juga: Kenali Tanda Gangguan Ginjal yang Kerap Diabaikan



  • Minum Banyak Air Putih, tapi Jangan Berlebihan

Minum banyak cairan adalah salah satu cara yang tepat untuk mencegah penyakit ginjal. Namun, bukan berarti minum sebanyak-banyaknya bisa meningkatkan kesehatan ginjal lebih baik lagi. Tidak ada penelitian yang membuktikan bahwa minum air secara berlebihan efektif dalam meningkatkan fungsi ginjal. Oleh karena itu, minumlah air secukupnya saja, yaitu setidaknya 8 gelas air setiap hari. Hindari juga mengonsumsi minuman manis.

  • Berolahraga Secara Teratur

Berolahraga secara teratur bisa membantu mencegah masalah kesehatan yang berkaitan dengan peningkatan risiko penyakit ginjal. Jalan kaki, bersepeda, berenang, dan latihan aerobik lainnya, semuanya direkomendasikan untuk meningkatkan kesehatan tubuh kamu secara keseluruhan. Olahraga secara teratur membantu menjaga berat badan yang sehat, mengontrol tekanan darah dan menurunkan gula darah, sehingga kesehatan ginjal bisa tetap terjaga.

  • Berhenti Merokok

Merokok bisa merusak pembuluh darah yang mengurangi aliran darah di ginjal. Bila ginjal tidak memiliki pasokan darah yang memadai, organ tersebut tidak bisa berfungsi secara optimal. Merokok juga meningkatkan risiko tekanan darah tinggi dan risiko kanker ginjal.

  • Lakukan Pemeriksaan Fungsi Ginjal secara Teratur

Tahukah kamu bahwa 9 dari 10 orang dewasa tidak tahu bahwa mereka mengidap penyakit ginjal. Kamu bisa saja sudah kehilangan lebih dari setengah fungsi ginjal tanpa menyadarinya sampai semuanya terlambat. 

Jika kamu memiliki risiko penyakit ginjal, seperti mengidap diabetes, tekanan darah tinggi, atau penyakit kardiovaskular, lakukan pemeriksaan fungsi ginjal secara teratur.

Baca juga: 4 Jenis Pemeriksaan Fungsi Ginjal

Itulah cara-cara tepat yang bisa kamu lakukan untuk mencegah penyakit ginjal. Bila kamu ingin melakukan pemeriksaan kesehatan ginjal, kamu bisa buat janji saja di rumah sakit pilihan kamu melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasinya sekarang juga untuk memudahkan kamu mendapatkan solusi kesehatan terlengkap.

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2021. 7 Secrets to Keeping Your Kidneys Healthy
University of Florida Health. Diakses pada 2021. 5 Ways to Reduce Your Risk of Kidney Disease