• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Tepat Mengembalikan Kelembapan Kulit Kering

Cara Tepat Mengembalikan Kelembapan Kulit Kering

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Cara Tepat Mengembalikan Kelembapan Kulit Kering

“Kulit yang kering yang dibiarkan mungkin mulai menunjukkan beberapa gejala tidak nyaman. Meski kulit kering bukan kondisi serius, tetapi jika tidak diatasi baik dapat menimbulkan efek samping seperti, perubahan warna kulit, eksim, atau bahkan selulitis (infeksi jaringan di bawah kulit).”

Halodoc, Jakarta – Kulit sangat kering disebabkan oleh kurangnya lemak pelindung di permukaan kulit. Akibatnya, kulit menjadi lebih sensitif dan rentan terhadap polutan sehingga mudah memerah, iritasi, dan tidak nyaman. Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan perawatan kulit yang tepat agar kulit kembali lembap.

Baca juga: Intip Cara Tepat Eksfoliasi Kulit yang Mudah Berjerawat

Kenal Lebih Dekat dengan Kulit Kering

Untuk mencegah kulit kering, kamu harus tahu dulu karakter kulit kering. Pada kulit kering ruam kemerahan bisa muncul diakibatkan oleh kurangnya air pada permukaan kulit. Dalam dunia medis, kondisi kulit kering bisa juga disebut dengan xerosis. Kondisi ini umumnya ditandai dengan kurangnya air dan lipid di lapisan luar kulit, yaitu epidermis. Akibat kekurangan lapisan pelindung ini, kulit jadi kehilangan kemampuannya untuk menahan air.

Ketika lapisan luar pelindung kulit tidak dapat berfungsi secara efektif, maka kulit tidak bisa terlindungi maksimal oleh penyebab iritasi seperti polusi, partikel alergen, dan sebagainya. Inilah sebabnya kulit jadi rentan dan lebih cepat teriritasi, sehingga menimbulkan kemerahan.

Kulit yang kering yang dibiarkan mungkin mulai menunjukkan beberapa gejala tidak nyaman.  Beberapa hal yang terjadi akibat kulit kering tersebut antara lain:

  • Kasar saat disentuh.
  • Kurang elastis.
  • Gatal.
  • Mengelupas.
  • Muncul garis halus atau retakan.

Kulit kering paling sering muncul di tungkai bawah, lengan, tangan, dan wajah. Kondisi ini memang tidak serius, tetapi dapat menimbulkan rasa tidak nyaman serta bukan tidak mungkin menurunkan rasa percaya diri. Selain itu, ada juga beberapa efek samping yang bisa terjadi karenanya, seperti perubahan warna kulit, eksim, atau bahkan selulitis (infeksi jaringan di bawah kulit).

Selulitis ini umumnya terjadi karena adanya kerusakan yang disebabkan oleh retakan atau garukan yang berlebihan pada kulit kering yang terasa gatal. Kondisi ini juga dapat menyebabkan kulit lebih mudah mengalami infeksi kulit lanjutan.

Baca juga: Awas, Ini 3 Penyebab Jerawat yang Jarang Disadari

Faktor Risiko Penyebab Kulit Kering

Selain itu, kamu juga harus mengetahui beberapa faktor yang bisa menyebabkan kulit kering, seperti:

  1. Cuaca Dingin

Ketika udara dingin dan kering, banyak orang mengalami kulit bersisik dan yang dikenal sebagai “gatal udara dingin”. Ruam kulit kering yang disebabkan oleh cuaca dingin dan kering ini juga bisa menyebabkan kemerahan pada kulit.

  1. Udara Kering

Kelembapan yang rendah bisa membuat kulit menjadi kering, seperti ruangan ber-AC atau saat berada di dalam pesawat.

  1. Air

Kontak dengan air dalam waktu lama akan menghilangkan minyak alami yang melumasi dan melindungi kulit. Mandi terlalu lama, berenang secara teratur di kolam renang yang mengandung klorin, dan mencuci tangan berulang kali, semuanya dapat menyebabkan kulit kering.

  1. Dehidrasi

Hari-hari yang panas selama bulan-bulan musim panas, berolahraga terlalu intens atau berlari jarak jauh, semua faktor ini dapat menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi. Kondisi dehidrasi juga akan memengaruhi semua organ tubuh, termasuk kulit.

  1. Sabun dan Produk Perawatan Kulit

Sabun adalah pengemulsi, dengan kata lain, zat yang dirancang untuk memecah minyak. Ia cocok untuk membersihkan tangan yang berminyak setelah makan gorengan, tetapi tidak terlalu membantu jika kamu mencoba menjaga keseimbangan alami lipid (minyak) di kulit. Demikian pula produk perawatan kulit yang mengandung alkohol, ia hanya akan membuat kulit menjadi kering.

  1. Obat-obatan Tertentu

Beberapa obat dapat membuat kulit menjadi kering, seperti isotretinoin yang secara khusus digunakan untuk mengeringkan kulit berminyak, serta diuretik, dan statin untuk mengontrol kolesterol.

  1. Usia

Kabar buruknya adalah sebagian besar orang mengalami kulit yang lebih kering seiring bertambahnya usia. Namun, ada banyak produk yang dikhususkan untuk membantu menjaga kulit tetap terhidrasi.

Baca juga: Rangkaian Perawatan Wajah untuk Mencegah Jerawat

Tips Melindungi dan Mencegah Kulit Kering

1. Bersihkan, tetapi Jangan Rusak Kulit

Ada beberapa cara sederhana untuk bisa membersihkan kulit kering dan tetap menghindarkannya dari kerusakan, seperti:

  • Pilihlah mandi air hangat dalam waktu singkat daripada mandi air dingin dalam waktu lama, atau hindari berendam lebih dari 10 menit.
  • Gunakan gel pembersih yang lembut atau cairan pembersih yang diperkaya lipid untuk menetralkan air.
  • Bilas kulit secara menyeluruh dan keringkan dengan menepuk-nepuk lembut menggunakan handuk lembut.
  • Oleskan krim dan losion hidrasi saat kulit masih lembap.

Kamu juga bisa menggunakan produk seperti LIPIKAR Syndet AP +  dari La Roche Posay. Ini adalah krim pembersih tubuh yang sangat lembut, bahkan untuk kulit bayi sekalipun.

la-roche-posay-halodoc

2. Oleskan Pelembap pada Pagi dan Malam Hari

Pelembap harian sangat penting untuk mencegah, dan mengurangi frekuensi dan intensitas iritasi atau kemerahan yang disebabkan oleh kulit kering. Bawalah pelembap kulit, sehingga kamu bisa tetap memastikan kulit tetap terhidrasi sepanjang hari. Selain itu, saat menggunakan pelembap, pastikan untuk memilih produk yang:

  • Hypoallergenic dan memenuhi kebutuhan kulit kering dan sensitif.
  • Nyaman dan menyenangkan untuk diaplikasikan, sehingga mudah digunakan setiap hari.
  • Menghidrasi, memulihkan lipid, dan menenangkan kulit.

3. Gunakan Pakaian yang Nyaman

Karena pakaian bersentuhan langsung dengan kulit sepanjang hari, maka pakaian tersebut memainkan peran penting dalam kesehatan kulit. Berikut tips memilih pakaian agar kulit tidak kering:

  • Gunakan pakaian berbahan katun dan sutra alami dan lembut dapat memberikan kelembapan dan tidak menyebabkan iritasi.
  • Jangan gunakan pakaian dengan bahan kain sintetis, karena bisa membuat kamu lebih banyak berkeringat dan bisa memperparah rasa gatal.
  • Hindari pakaian berbahan wol, karena bahan ini sering kali terlalu kasar dan dapat menyebabkan gatal.
  • Saat cuaca sedang dingin, kenakan pakaian yang dapat melindungi diri dari udara dingin dan kering.
  • Selalu gunakan sarung tangan karet saat mencuci atau menggunakan produk pembersih rumah tangga.
  • Saat mencuci pakaian, gunakan deterjen bebas fosfat. Hindari juga penggunaan pelembut pakaian dan pastikan untuk membilasnya dengan bersih.

Baca juga: Tabir Surya Meringankan Pregnancy Mask saat Hamil

Tips Mencegah Kulit Kering saat di Rumah

Kamu juga bisa mencegah kulit kering dengan menjaga risiko iritasi seminimal mungkin. Caranya adalah dengan menjaga lingkungan tempat tinggal tetap terjaga. Caranya antara lain:

  • Menghilangkan debu dan tungau secara teratur.
  • Jangan biarkan kamar tidur terlalu panas, kamu bisa memastikannya tetap terjaga pada suhu bawah 19 derajat Celsius.
  • Memastikan ruangan terjaga kelembabannya agar terhindar dari jamur.

Kamu juga bisa melakukan beberapa hal lainnya seperti:

1. Menjaga Kelembapan untuk Mencegah Kulit Kering

Terutama saat pemanas menyala di musim dingin, letakkan satu atau dua humidifier di sekitar rumah untuk meningkatkan kadar air udara dan untuk mencegah kulit kering.

2. Memberikan Nutrisi untuk Kulit

Berikan perawatan pada kulit yang sangat kering dan sensitif dengan makan makanan sehat yang kaya akan asam lemak esensial dan vitamin A, C, dan E, yang dikenal khususnya karena kandungan antioksidannya. Pastikan juga kamu mendapatkan nutrisi yang cukup dengan mengosumsi buah dan sayuran dan memasukkan ikan atau kacang-kacangan ke dalam makanan.

Baca juga: Pentingnya Tidur yang Berkualitas untuk Kesehatan Kulit

Kini kamu sudah paham bagaimana cara merawat kulit kering, sehingga kamu bisa memastikan kulit selalu dalam kondisi sehat. Selain itu, kamu juga bisa beli produk perawatan kulit dari La Roche Posay di Halodoc. Dengan layanan antar, kamu jadi tak perlu lagi keluar rumah untuk membeli produk perawatan kulit ini. Dalam waktu kurang dari satu jam, pesanan kamu pun akan tiba. Praktis bukan? Tunggu apa lagi, segera dapatkan produk perawatan kulit kering dari La Roche Posay hanya di Halodoc!

halodoc-beli-obat
Referensi:
American Academy of Dermatology Association. Diakses pada 2021. Dermatologists’ Top Tips for Relieving Dry Skin,
Centre Thermal de La Roche-Posay. Diakses pada 2021. Extremely Dry Skin: How to Treat and Prevent It.
Healthline. Diakses pada 2021. Dry Skin.
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Dry Skin.