• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Tepat Menghentikan Anjing Melolong

Cara Tepat Menghentikan Anjing Melolong

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta - Tidak sedikit orang yang memelihara anjing sebagai teman, tetapi ada juga yang menggunakannya sebagai penjaga rumah. Sudah sepantasnya anjing akan melolong ketika ada sesuatu hal yang mesti diwaspadai oleh tuan rumahnya. Meski begitu, terkadang suara yang dihasilkan terlalu berlebihan bahkan sudah dalam tahap mengganggu. Maka dari itu, kamu harus tahu cara yang tepat untuk menghentikan anjing yang kerap melolong. Berikut ulasan lengkapnya!

Tips untuk Menghentikan Anjing yang Kerap Melolong

Lolongan anjing adalah salah satu bentuk komunikasi vokal yang digunakannya untuk menarik perhatian, melakukan kontak dengan orang lain, serta memberitahu bahwa dirinya ada. Beberapa anjing juga melolong yang merupakan respons terhadap suara bernada tinggi, seperti suara kendaraan. Meski begitu, terkadang lolongan anjing dapat menjadi suatu masalah karena terlalu berisik.

Baca juga: Cara Mengetahui Anjing Peliharaan sedang Mengalami Sakit

Hal pertama yang harus diketahui adalah alasan anjing melakukannya karena bisa saja dirinya hanya ingin menarik perhatian. Jika karena hal tersebut, biasanya lolongan dilakukan saat kamu berada di hadapannya yang mungkin dirinya menginginkan perhatian atau makanan. Maka dari itu, kamu perlu mengajarkannya jika kebiasaan tersebut tidak dapat menarik perhatian kamu, tetapi malah sebaliknya. Berikut ini beberapa cara untuk menghentikan anjing yang terbiasa melolong:

1. Abaikan Lolongan Jika untuk Cari Perhatian

Hal pertama yang dapat dilakukan untuk menghentikan lolongan dari anjing peliharaan kamu adalah dengan mengabaikannya. Kamu harus berhenti memberikan hadiah padanya jika mulai melolong dan terus abaikan hingga benar-benar diam. Jangan menyentuh, berbicara, bahkan memarahinya. Jika kamu memarahinya, hal ini dapat memperburuk perilakunya. Apabila kamu merasa sulit melakukannya, cobalah untuk melipat tangan di depan dada dan pergi menjauh darinya.

2. Hadiahi Anjing Jika Diam

Kebanyakan pemilik anjing akan lupa dengan hewan peliharaannya saat ia diam. Maka dari itu, jika ingin hewan tersebut berhenti melolong saat mencari perhatian, kamu juga perlu menghargai perilaku diamnya. Berikan camilan dan perhatian secara tidak terduga saat dirinya tenang. Kamu harus benar-benar berpegang teguh pada aturan jika ia tidak mendapatkan apa pun, hingga benar-benar tenang paling tidak lima detik. Saat ia terus melolong, tunggu sampai diam selama lima detik dan barulah memperhatikannya lagi.

Baca juga: 3 Penyakit Anjing yang Bisa Menular ke Manusia

3. Habiskan Waktu Dengannya

Beberapa anjing kerap melolong disebabkan rasa kesepian karena sendirian dalam waktu yang lama. Anjing juga termasuk hewan yang berjiwa sosial sehingga membutuhkan interaksi dengan manusia di sekitarnya. Jika anjing menjadi lebih sering melolong saat sendirian, cobalah untuk menghabiskan waktu yang intim berjalan-jalan dengannya beberapa saat. Selain itu, kamu juga dapat membuatnya betah sendirian di rumah dengan memberikan banyak mainan dan barang yang bisa dikunyah.

4. Latih Anjing Sesuai Perintah

Untuk menghentikan kebiasaan anjing untuk melolong, kamu harus biasakan dirinya untuk berlatih. Kamu dapat membuatnya berhenti melolong dengan cara membuat suatu gestur atau suara untuk memberikan perintah. Setiap mengeluarkan gestur atau ucapan agar anjing bersuara dan dirinya berhasil, berikan camilan. Setelah itu, saat anjing berhenti bersuara, kamu dapat mengucapkan kata "diam" atau gestur tertentu agar dirinya paham lalu berikan camilan. Ulangi langkah tersebut hingga hewan peliharaan kamu benar-benar paham.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghentikan anjing yang terbiasa melolong. Dengan melakukan hal ini, diharapkan kebiasaan buruk tersebut dapat hilang sehingga suara bising yang biasa dikeluarkannya hilang. Hal ini juga dapat membuat anjing peliharaanmu lebih taat terhadap majikannya.

Baca juga: Perawatan Anjing Berdasarkan Jenis-jenisnya

Kamu juga dapat bertanya pada dokter hewan dari Halodoc terkait masalah apa pun yang terjadi pada hewan peliharaanmu. Caranya cukup mudah, hanya dengan download aplikasi Halodoc di smartphone, kamu bisa berinteraksi dengan ahli medis tanpa perlu bertatap muka yang dapat meningkatkan risiko terserang COVID-19. Unduh aplikasinya sekarang juga!

Referensi:

Web MD. DIakses pada 2020. Howling in Dogs.
Wiki How. Diakses pada 2020. How to Stop Howling Dogs.