• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Tepat Mengobati Kutu Air yang Bernanah
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Tepat Mengobati Kutu Air yang Bernanah

Cara Tepat Mengobati Kutu Air yang Bernanah

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 23 Agustus 2021
Cara Tepat Mengobati Kutu Air yang Bernanah

“Kutu air yang tidak diatasi dengan baik dapat menyebabkan infeksi. Kondisi ini bisa memicu kutu air bernanah. Sebaiknya lakukan pengobatan medis dengan menggunakan krim atau salep anti jamur dan mengonsumsi obat yang disarankan dokter untuk meringankan gejala kutu air.”

Halodoc, Jakarta – Kutu air menyebabkan rasa yang tidak nyaman pada pengidapnya. Penyakit ini bisa menyebabkan rasa gatal dan sensasi panas pada bagian yang terinfeksi. Kutu air merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur dan menyerang bagian kaki.

Baca juga: Anak Alami Kutu Air, Apa Penyebabnya?

Kutu air merupakan penyakit yang menular. Jika tidak segera diatasi, penyakit ini dapat menyebar ke beberapa bagian tubuh lainnya dan menularkan orang lain. Bahkan, kutu air bisa menyebabkan infeksi kulit hingga kutu air bernanah. Lalu, bagaimana mengobati kutu air yang bernanah? Simak ulasannya, di sini!

Kenali Gejala Kutu Air

Kutu air atau athlete’s foot adalah gangguan kesehatan pada kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur dermatophyte. Penyebab kutu air dapat merusak kulit melalui retakan kecil atau luka terbuka pada kulit yang menyebabkan infeksi pada lapisan atas kulit.

Kutu air merupakan penyakit yang menular. Penularan dapat terjadi melalui kontak langsung atau paparan benda-benda yang terpapar jamur penyebab kutu air. Ada beberapa tanda yang menjadi gejala dari kutu air, seperti:

  1. Gatal yang disertai nyeri dan sensasi terbakar di antara jari kaki.
  2. Luka terbuka atau lecet pada area kaki yang terasa gatal.
  3. Kemerahan pada sela-sela jari kaki.
  4. Kulit kaki yang pecah-pecah dan mengelupas.
  5. Kulit kaki bagian samping menjadi lebih kering.
  6. Perubahan warna pada kuku kaki.
  7. Penebalan pada kuku kaki.
  8. Kuku kaki menjadi rapuh dan lebih mudah patah.

Itulah gejala yang dialami oleh pengidap kutu air. Namun, jika kondisi ini tidak diatasi dengan baik, gejala dapat menjadi lebih buruk atau bahkan infeksi. Infeksi ini yang bisa membuat munculnya nanah pada kutu air.

Meskipun jarang terjadi, kutu air yang mengalami infeksi akan memiliki gejala, seperti munculnya benjolan yang berisi nanah pada area terinfeksi, kulit yang terasa lebih hangat, dan kemerahan.

Baca juga: Ini 7 Kebiasaan yang Bisa Memicu Kutu Air di Tubuh

Mengatasi Kutu Air yang Bernanah

Kutu air bisa diatasi dengan penggunaan salep atau krim antijamur yang dapat ditemukan di apotek. Namun, beberapa jenis obat sebaiknya tidak diberikan pada anak-anak sembarangan. 

Pengobatan tersebut dinilai efektif untuk mengatasi kutu air yang tidak infeksi atau bernanah. Jika kutu air bernanah atau mengalami infeksi, sebaiknya kunjungi dokter untuk penanganan yang tepat apalagi jika disertai gejala lain, seperti demam dan nyeri otot.

Penggunaan beberapa jenis obat-obatan akan digunakan untuk meringankan gejala kutu air yang bernanah. Sebaiknya gunakan obat-obatan sesuai dengan saran dan anjuran dokter. 

Kutu air yang bernanah bisa diatasi menggunakan obat dengan resep dokter. Dokter akan meresepkan obat antijamur yang bisa dikonsumsi setiap harinya. Jangan berhenti di tengah pengobatan karena dikhawatirkan memicu infeksi secara berulang.

Jangan gunakan sepatu yang tidak nyaman dan kaos kaki yang terlalu ketat saat kutu air mengalami infeksi. Kamu bisa menggunakan alas kaki yang terbuka untuk meringankan gejala yang dialami.

Perawatan Kutu Air di Rumah

Selagi menjalankan pengobatan medis, lakukan beberapa perawatan sederhana di rumah untuk mengoptimalkan pengobatan yang dijalani.

  1. Kamu bisa membersihkan kaki secara rutin dengan air mengalir dan sabun antibakteri.
  2. Pastikan area kaki bersih dan tidak lembap.
  3. Gunakan alas kaki yang terbuka.
  4. Jika perlu menggunakan sepatu, pastikan gunakan sepatu yang nyaman dan kaos kaki yang bersih. Ganti kaos kaki setiap hari.
  5. Gunakan krim atau salep antijamur secara rutin.
  6. Jangan menggaruk bagian yang gatal.

Baca juga: Ini Bedanya Kutu Rambut dan Kutu Air

Itulah perawatan yang bisa dijalankan untuk memaksimalkan pengobatan kutu air. Jangan ragu untuk gunakan Halodoc dan bertanya langsung pada dokter jika kutu air tidak membaik dalam waktu beberapa minggu. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:
Institute for Quality and Efficiency in Health Care. Diakses pada 2021. Athlete’s Foot: Overview.
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Athlete’s Foot.
Healthline. Diakses pada 2021. Athlete’s Foot (Tinea Pedis).
Healthline. Diakses pada 2021. What Caused My Infected Foot and How Do I Treat It?