• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Tepat Menjaga Kesehatan Mata Anjing

Cara Tepat Menjaga Kesehatan Mata Anjing

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Cara Tepat Menjaga Kesehatan Mata Anjing

Halodoc, Jakarta – Pepatah mengatakan bahwa mata adalah jendela dunia. Tanpa mata yang sehat, kamu mungkin tidak bisa melihat keindahan alam yang luar biasa dan orang-orang yang kamu cintai. Sama halnya dengan anjing, kesehatan mata anjing juga perlu dijaga, supaya hewan kesayangan kamu ini bisa melihat lingkungan di sekitarnya dengan jelas. 

Terkadang, para pemilik anjing justru lebih memperhatikan kesehatan kulit dan bulu anjing, apalagi jika memiliki anjing ras. Padahal, kesehatan mata juga tidak kalah pentingnya dengan kesehatan kulit dan bagian tubuh lainnya. Kalau kamu memelihara anjing, begini cara tepat untuk menjaga kesehatan matanya:

Baca juga: Pertimbangkan 4 Hal Ini sebelum Mengadopsi Anjing

1. Pastikan Matanya Tetap Bersih

Mata anjing juga mengeluarkan kotoran yang berupa cairan dan lendir. Namun, tidak seperti manusia, mata anjing dikelilingi oleh rambut yang dapat menghambat keluarnya kotoran ini. Itu sebabnya kamu harus rutin membersihkan kotoran ini supaya matanya tetap bersih. Bersihkan mata anjing dengan kain bersih atau bola kapas yang sudah dibasahi dengan sedikit air. Hindari menggunakan air panas atau air dingin yang justru bisa memicu iritasi mata. 

2. Berikan Makanan yang Meningkatkan Kesehatan Mata

Makanan bergizi membantu meningkatkan kesehatan mata dan penglihatan anjing. Berikut beberapa jenis makanan yang dikenal mampu meningkatkan kesehatan mata:

  • Blueberry. Buah blueberry mengandung karotenoid, yakni lutein dan zeaxanthin yang mampu meningkatkan penglihatan mata anjing pada malam hari, mencegah degenerasi makula dan bahkan mengurangi kelelahan mata.
  • Brokoli. Brokoli juga merupakan sumber lutein dan zeaxanthin yang bagus. Bukan itu saja, brokoli juga mengandung beta-karoten yang mampu menjaga kesehatan mata anjing.
  • Wortel. Wortel sudah terkenal akan kandungan vitamin A nya yang baik untuk kesehatan mata. Selain vitamin A, sayuran yang satu ini juga mengandung betakaroten, vitamin B, C, D, E dan K, riboflavin, niasin, kalsium, kalium, fosfor, natrium, besi, magnesium, mangan, belerang, tembaga, yodium, likopen, dan lutein.
  • Ikan. Ikan seperti salmon, tuna, dan cod mengandung EPA dan DHA, Omega-3 yang cukup tinggi. EPA dan DHA juga sangat dibutuhkan kesehatan mata anjing.
  • Telur. Kuning telur mengandung lutein yang mengurangi risiko perkembangan degenerasi makula.
  • Kale. Kale adalah sumber lutein, zeaxanthin dan betacarotene yang sangat baik.
  • Labu. Labu dikemas dengan karotenoid seperti beta-karoten yang membantu menetralkan radikal bebas.
  • Ubi Jalar. Ubi jalar mengandung betakaroten dan antosianin yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi.
  • Tomat. Tomat mengandung dua nutrisi yang menyehatkan mata, yakni likopen dan lutein yang berfungsi sebagai antioksidan dan melindungi mata dari kerusakan akibat sinar matahari. Meski begitu tomat mengandung solanin yang beracun untuk anjing. Oleh karenanya, hanya berikan tomat merah yang sudah benar-benar matang dan jangan memberinya terlalu banyak dan terlalu sering.

Baca juga: Tips Mengatasi Bau Mulut pada Anjing Peliharaan

4. Ketahui Penyakit Mata yang Rentan Menyerang Anjing

Ras anjing tertentu cenderung rentan terserang penyakit mata. Misalnya, bulldog dan mastiff umumnya rentan mengalami entropion, suatu kondisi di mana kelopak mata berguling ke dalam, sehingga membuat bulu mata dan kulit bergesekan dengan lapisan terluar mata dan menimbulkan rasa sakit. Itu mengapa, kamu wajib mencari tahu tanda dan gejala penyakit mata yang rentan menyerang anjing ras kamu. 

5. Jangan Abaikan Tanda-Tanda Penyakit Atau Cedera

Jangan pernah abaikan tanda-tanda penyakit mata, seperti kelebihan air mata, kotoran berwarna, benjolan, kemerahan, dan bengkak pada mata. Bila kamu menemukan tanda-tanda ini, sebaiknya segera periksakan anjing ke dokter hewan. Banyak kondisi serius pada mata yang bersifat degeneratif dan dapat berkembang dengan cepat tanpa pengobatan. 

Baca juga: Inilah 4 Tips Memotong Kuku Anjing Kesayangan

Kalau kamu ingin tahu lebih lanjut tentang perawatan anjing maupun masalah kesehatan yang rentan dialami anjing lainnya anjing, dokter hewan dari Halodoc siap menjelaskannya dengan rinci. Kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone kamu, lalu kamu dapat menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat atau Voice/Video Call.

Referensi:
I Heart Dogs. Diakses pada 2020. 5 Ways To Keep Your Dog’s Eyes Healthy.
Pet Secure. Diakses pada 2020. How to take care of your dog’s eye health.