• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Tepat Menjaga Keseimbangan Berat Badan Kucing

Cara Tepat Menjaga Keseimbangan Berat Badan Kucing

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Cara Tepat Menjaga Keseimbangan Berat Badan Kucing

Halodoc, Jakarta - Kucing adalah hewan yang rentan mengalami kenaikan berat badan. Sebagai pemelihara kucing, penting untuk menjaga berat badan sehat pada kucing. Tanpa disadari, manusia yang memelihara kucing telah mengubah gaya hidup alami kucing. 

Perlu kamu ingat, bahwa kucing adalah hewan aktif yang biasanya secara alami mencari makanan di lingkungan hidup. Ia bisa berburu, mengintai, memanjat, dan menerka. Manusia yang membuatnya menjadi hewan yang ada di dalam ruangan, maka perlu untuk memastikan keseimbangan berat badan kucing dengan tingkat aktivitasnya. 

Baca juga: Jangan Sepelekan Cakaran Kucing, Ini Dampaknya

Cara Menjaga Keseimbangan Berat Badan Kucing

Pola makan kucing berperan besar dalam mengelola berat badan, dan konsisten dalam pola makan adalah keharusan. Saat memilih makanan kucing, beberapa faktor seperti lingkungan, tingkat aktivitas, usia, bahkan genetik kucing berpengaruh pada penambahan berat badan. Hal inilah yang perlu menjadi pertimbangan dan pemberian makan kucing.

  • Kontrol Berat Badan Kucing

Menurunkan berat badan dapat mendorong kucing lebih sehat, namun apabila berat badannya turun dengan cara yang sehat dan terkontrol. Untuk memastikan kucing menurunkan berat badan dengan kecepatan normal, pastikan menimbang kucing secara teratur dan mencocokkannya dengan kondisi tubuh kucing. Kamu bisa menimbang kucing di klinik dokter hewan atau di rumah jika memiliki timbangan sendiri. 

  • Biarkan Kucing Aktif

Saat kamu memberi makan kucing, maka pastikan ia mengonsumsi makanan yang sehat. Namun, program pengelolaan berat badan kucing tidak lengkap tanpa aktivitas fisik yang sehat. Untuk itu, pastikan kucing kamu melakukan aktivitas fisik yang dibutuhkannya untuk menjaga kesehatannya. 

  • Rutin Mengontrol Kucing Ke Dokter Hewan

Rutinlah mengunjungi dokter hewan untuk memastikan program pengelolaan berat badan kucing berjalan lancar. Dokter hewan akan mengetahui berat ideal kucing, seberapa cepat dia harus menurunkan atau menaikan berat badan, dan makanan seperti apa yang terbaik untuk setiap tahap rencana pengelolaan berat badan.

Baca juga: Bolehkah Memelihara Kucing saat Hamil? Temukan Jawabannya di Sini!

  • Pertahankan Berat Badan Seimbang Seumur Hidup Kucing

Menjaga keseimbangan berat badan kucing tidak boleh bersifat sementara. Setelah kucing mencapai berat badan idealnya, beralihlah ke rencana pemeliharaan berat badan yaitu berolahraga atau aktivitas fisik teratur dan nutrisi yang tepat. 

Kucing peliharaan kamu mungkin bisa bertambah berat badan lebih mudah dibanding kucing lainnya. Hal ini karena rasa, usia, pemilihan makanan, keadaan kesehatan, dan berbagai faktor lainnya, dapat menentukan seberapa cepat kucing bisa bertambah berat badan Selain itu, jenis nutrisi apa yang dibutuhkan kucing membantu mengendalikan dan menjaga keseimbangan berat badan kucing. 

Perlu diketahui, pedoman dan jumlah makanan yang dibutuhkan kucing bisa saja bervariasi, tergantung pada ukuran kucing dan tingkat aktivitasnya. Maka itu, kamu perlu mengetahui berat badan kucing secara teratur. Berat badan digunakan sebagai dasar untuk menyesuaikan porsi makan yang kamu berikan pada kucing. 

Baca juga: Hati-Hati, Ini Bahaya Bulu Kucing untuk Ibu Hamil

Porsi makan juga bisa disesuaikan berdasarkan tahap kehidupan kucing, dengan apa yang mereka butuhkan pada berbagai usia dan tahap perkembangan. Selain energi, kucing membutuhkan tingkat protein, vitamin, mineral, dan lemak dalam makanannya sesuai dengan usianya. Tahapan hidup kucing yaitu:

  • Anak kucing: 0-12 bulan.
  • Kucing dewasa: 1 - 7 tahun.
  • Kucing senior: Lebih dari 7 tahun.
  • Kucing geriatri: Di atas 11 tahun. 

Itulah yang perlu kamu ketahui mengenai cara menjaga keseimbangan berat badan kucing. Jika kucing kesayangan kamu mengalami gangguan kesehatan akibat kesalahan pola makan, kamu dapat berdiskusi pada dokter hewan melalui aplikasi Halodoc. Yuk, segera download aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
Petcurean. Diakses pada 2020. Maintaining a Healthy Weight for Cats
Hill's Pet. Diakses pada 2020. 4 Ways to Help Your Cat Maintain an Ideal Weight