Cari Tahu 6 Cara Mudah Hindari Flu

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Cari Tahu 7 Cara Mudah Hindari Flu

Halodoc, Jakarta – Masuk musim penghujan, cuaca jadi mudah berubah-ubah sehingga membuat tubuh harus cepat beradaptasi. Belum lagi virus dan bakteri yang dapat dengan mudha kita temukan di mana saja. Kalau kamu tidak menjaga diri dengan baik, bisa-bisa tubuh bisa terkena dampak negatifnya. Saat cuaca dingin tubuh pun dapat lebih rentan alami flu, untuk itu mari lakukan langkah pencegahannya beberapa langkah mudah berikut ini:

  • Jaga Kebersihan Diri
    Menjaga kebersihan menjadi kunci utama untuk mencegah penyebaran virus flu. Virus flu bisa masuk ke dalam tubuh dengan cara menyebar melalui mata, hidung, dan mulut. Apalagi jika Anda tidak mencuci tangan, virus yang menempel di tangan dapat dengan mudah memengaruhi sistem kekebalan tubuh. Tangan menjadi anggota badan yang paling aktif menyebarkan kuman, untuk itu lakukan kebiasaan baik ini tiap kali kamu selesai melakukan kegiatan, terutama sebelum dan sesudah makan. Mencuci tangan yang benar disarankan menggunakan air dan sabun lalu gosok bagian tangan selama 20 detik agar kuman dan bakteri hilang dari tangan. Kalau sulit menemukan air, kamu bisa menyiapkan hand sanitizer untuk mencegah kuman sementara. Tidak hanya itu, kini kamu dapat dengan mudah membeli semua kebutuhan terkait kesehatan langsung dnegan fitur Apotik Antar dari Halodoc. Mulai dari obat, vitamin, bahkan hand sanitizer pun bisa kamu beli dan langsung diantarkan ke tempat kamu.
    Baca juga: Sakit Flu Tak Kunjung Sembuh, Perlukah ke Dokter Spesialis?
  • Olahraga Teratur
    Kamu juga wajib menjaga kekebalan tubuh dengan berolahraga secara teratur. Dengan begini tubuh jadi lebih sehat dan tidak rentan terserang flu. Olahraga ringan yang bisa kamu lakukan adalah aerobik. Gerakan dalam olahraga ini mampu memompa jantung serta meningkatkan sistem kerja alami sel dalam tubuh untuk melawan pengaruh negatif virus yang masuk ke dalam tubuh. Yang terpenting juga adalah dengan mengatur wkatu yang tepat untuk olahraga, misalnya saat pagi hari, sore, atau malam menjelang tidur. Pastikan juga untuk langsung membersihkan diri setelah olahraga, agar kuman tidak menempel di kulit dan menyebabkan masalah di sana. Jika kamu tidak suka berkeringat, kamu bisa mencoba olahrahga seperti renang.
  • Konsumsi Makanan Gizi Seimbang
    Untuk menjaga kesehatan dan terhindar dari flu, kamu juga wajib perbanyak konsumsi sayuran dan buah yang berwarna hijau gelap, kuning dan merah. Ingat juga untuk konsumsi protein dan mineral, seperti telur atau ikan untuk menjaga kekebalan tubuh. Saat cuaca dingin, salah satu jenis makanan yang cukup direkomendasikan adalah sup ayam. Sebab sup ayam memiliki sayuran dan daging yang sangat menyehatkan. Sensasi hangatnya pun akan membuat tubuhmu terasa nyaman.

Baca juga: Jangan Asal, Ini Cara Pilih Obat Flu untuk Ibu Menyusui

  • Istirahat Cukup
    Padatnya kegiatan yang dijalani sehari-hari dapat meningkatkan hormon stres sehingga membuat tubuh jadi rentan terhadap virus flu. Untuk itu, sangat disarankan untuk memiliki jam tidur malam selama 7 hingga 9 jam secara teratur. Jangan memaksakan diri apabila sudah merasa tidak enak badan, mintalah izin kepada atasan di kantor. Sebab jika kamu kena flu, sangat mungkin virus tersebut akan menyebar dan menulari orang lain.
  • Hindari Merokok
    Saat musim pancaroba, sebaiknya kurangi merokok karena asap rokok dapat membuat saluran hidung jadi kering. Tanpa disadari, dampak negatifnya dapat mempengaruhi rambut halus di hidung dan paru-paru (silia). Perokok aktif dapat terkena flu lebih sering dan lebih lama sembuh dibandingkan dengan perokok pasif.
  • Lakukan Vaksinasi
    Ini adalah cara yang paling ampuh agar tehindar dari flu. Datanglah ke dokter dan lakukan vaksin flu untuk menjaga kekebalan tubuh sehingga dapat terhindar dari flu.

Baca juga: Masih Masa Pertumbuhan, Mengapa Anak Sering Flu dan Batuk?

Saat tubuh terasa tidak enak dan kurang sehat, jangan ragu untuk selalu berinteraksi dengan dokter. Pencegahan lebih baik daripada mengobati terutama dalam menghadapi flu, karena virus ini lebih mudah menular ke orang-orang sekitar kamu terutama anak-anak. Kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk menghubungi dokter dan meminta saran penanganan pertama sebelum kamu memutuskan datang ke rumah sakit. Download aplikasinya di App Store dan Google Play.
 
 
Referensi:
Centers for Disease Control anda Prevention. Diakses pada 2019. Healthy Habits to Help Prevent Flu.
Web MD. Diakses pada 2019. Influenza (Seasonal Flu) Prevention.