• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ayo Cari Tahu MPASI Terbaik untuk Mencegah Stunting

Ayo Cari Tahu MPASI Terbaik untuk Mencegah Stunting

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Stunting menjadi salah satu gangguan tumbuh kembang yang bisa terjadi pada anak. Kondisi ini menyebabkan anak memiliki tinggi badan di bawah angka normal alias kerdil. Secara umum, stunting terjadi karena adanya masalah gizi kronis. Stunting bisa terjadi karena asupan gizi yang kurang dalam waktu lama atau asupan tidak dapat mencukupi kebutuhan gizi. Maka dari itu, pencegahan stunting dilakukan dengan konsumsi makanan tertentu. 

Sebenarnya, stunting sudah terjadi sejak janin masih berada di dalam kandungan. Asupan nutrisi yang kurang diperhatikan selama kehamilan bisa meningkatkan risiko anak terlahir dengan stunting. Pemberian gizi yang cukup seharusnya sudah dimulai, bahkan sejak anak masih berada di dalam kandungan, hingga usia dua tahun. Namun tidak ada kata terlambat. Ibu bisa mencoba memperbaiki asupan gizi anak dengan memilih MPASI yang tepat, sehingga risiko stunting bisa diperkecil. 

Baca juga: 4 Tanda Kurang Gizi selama Kehamilan

Asupan Makanan untuk Mencegah Stunting 

Setelah memasuki usia 6 bulan, bayi membutuhkan asupan makanan pendamping ASI alias MPASI. Memilih MPASI yang tepat tidak hanya bertujuan untuk memenuhi nutrisi Si Kecil, tetapi juga untuk menghindari gangguan tumbuh kembang termasuk stunting. Kondisi ini sebaiknya mendapat perhatian, sebab stunting tidak hanya mengganggu pertumbuhan tubuh anak, tetapi juga bisa memicu masalah kesehatan jangka panjang. 

Stunting pada anak bisa menyebabkan perkembangan terhambat, sistem imun yang rendah, sehingga anak menjadi lebih mudah terserang penyakit. Kondisi ini juga bisa meningkatkan risiko terjadinya gangguan sistem pembakaran, hingga penurunan fungsi kognitif. Bahkan, masalah gizi yang sangat parah bisa menyebabkan kematian pada bayi dan anak. Gangguan tumbuh kembang ini juga dikaitkan dengan perkembangan otak dan IQ Si Kecil. 

Baca juga: Top 5 Gizi yang Dibutuhkan Ibu Saat Hamil

Maka dari itu, pastikan untuk memilih jenis asupan MPASI terbaik, sambil tetap memastikan Si Kecil mendapat ASI dengan baik. Menu MPASI biasanya berupa makanan yang sudah dihaluskan, bisa dari buah-buahan, kentang, atau bubur nasi. Pemilihan menu makanan ini juga tidak boleh dilakukan sembarangan, harus sesuai dengan usia dan kondisi tubuh bayi. 

Melansir NHS, menu MPASI yang bisa mencegah terjadinya stunting pada anak adalah satu butir telur setiap hari. Telur merupakan jenis makanan yang kaya akan kandungan protein serta nutrisi lainnya. Jenis makanan ini bisa membantu memenuhi asupan gizi anak. Meski begitu, pastikan ibu juga melengkapi asupan bayi dengan jenis makanan lain yang juga penting. Anak-anak membutuhkan berbagai asupan nutrisi untuk membantu tumbuh kembang dan membentuk kekebalan tubuh. Masalah stunting bisa terjadi karena rendahnya jumlah dan kualitas gizi dan asupan makanan yang tidak beragam. 

Mencegah stunting bisa dilakukan dengan konsumsi makanan yang memiliki gizi seimbang. Pada anak-anak yang tengah berada dalam masa pertumbuhan, disarankan untuk banyak mengonsumsi makanan sumber protein. Selain itu, asupan buah dan sayur juga penting. Dalam satu porsi piring, pastikan untuk mengisi setengah bagiannya dengan sayur dan buah, sedangkan setengah bagian lainnya berisi sumber protein, baik nabati maupun hewani. Ragam menu dalam MPASI bisa membantu memenuhi kebutuhan asupan gizi anak serta mencegah terjadinya stunting

Baca juga: Agar Si Kecil Tambah Tinggi, Coba 4 Makanan Ini

Cari tahu lebih lanjut seputar stunting dan asupan apa saja yang dibutuhkan untuk mencegah gangguan ini dengan bertanya pada dokter di aplikasi Halodoc. Ibu juga bisa menanyakan resep MPASI terbaik melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi kesehatan dan tips untuk tumbuh kembang anak dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
NHS. Diakses pada 2019. An egg a day may prevent stunted growth in infants.
Unicef. Diakses pada 2019. Stunting.
Sehat Negeriku. Diakses pada 2019. Cegah Stunting dengan Perbaikan Pola Makan, Pola Asuh dan Sanitasi.