• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Catat, Begini Cara Mengukur dan Menjaga Lingkar Perut Normal

Catat, Begini Cara Mengukur dan Menjaga Lingkar Perut Normal

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Catat, Begini Cara Mengukur dan Menjaga Lingkar Perut Normal

“Lingkar perut normal pria harus kurang dari 102 sentimeter, dan untuk wanita kurang dari 90 sentimeter. Untuk mengetahui lingkar perut, kamu harus melakukannya dengan cara yang benar. Gunakan pita pengukur fleksibel saat berdiri. Menjaga lingkar perut normal penting untuk kesehatan tubuh.”

Halodoc, Jakarta – Jumlah lemak tubuh yang tinggi dan perut buncit maka dapat menyebabkan penyakit yang berhubungan dengan berat badan dan masalah kesehatan lainnya. Mengukur berat badan (body mass index) dan lingkar perut adalah salah satu cara untuk memperkirakan status berat badan yang berkaitan dengan potensi risiko penyakit. 

Lingkar perut adalah pengukuran yang dilakukan di sekitar perut setinggi pusar. Pakar kesehatan biasanya menggunakan pengukuran perut untuk mengetahui apakah seseorang memiliki masalah kesehatan terkait berat badan. Meskipun cara yang serba guna, ukuran lingkar perut hanyalah salah satu indikator yang dapat menunjukkan kondisi kesehatan tertentu. Lantas, bagaimana cara mengukur lingkar perut normal?

Baca juga: 5 Jenis Gerakan untuk Menguatkan Otot Kaki

Cara Mengukur Lingkar Perut Normal

Untuk mengukur lingkar perut normal, kamu harus menggunakan pita pengukur fleksibel yang yang tidak elastis (pita tidak boleh melar saat melakukan pengukuran). Kamu juga harus melepas pakaian tebal yang dapat menambah bantalan di sekitar perut. 

Ikuti langkah-langkah ini untuk mengukur lingkar perut:

  • Berdirilah untuk mendapatkan pengukuran pinggang yang akurat.
  • Lingkarkan pita pengukur di sekitar bagian terluas dari perut, atau di atas pusar. Tidak perlu mengencangkan pita pada perut.
  • Setelah pita pengukur diposisikan dengan benar, tarik napas dengan lembut, dan lakukan pengukuran pada saat menghembuskan napas. 
  • Lakukan pengukuran tiga kali untuk memastikan hasil yang konsisten. Memegang pita pengukur terlalu kencang hingga menekan perut, atau memegangnya terlalu longgar akan menyebabkan hasil yang salah. 

Lingkar perut normal pria harus kurang dari 102 sentimeter, dan untuk wanita kurang dari 90 sentimeter. Jika lebih besar dari itu, sebaiknya tanyakan pada dokter tentang cara mendapatkan lingkar perut normal.

Menurut National Institutes of Health (NIH), jika banyak lemak di perut maka seseorang berisiko tinggi mengidap penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Namun, pengukuran berat badan dan lingkar perut bukanlah alat diagnostik penyakit. Dokter tetap harus melakukan pemeriksaan kesehatan lainnya untuk mendiagnosis penyakit. 

Baca juga: Sakit Pinggang setelah Olahraga, Ini Cara Mengatasinya

Cara Menjaga Lingkar Perut Normal

Lemak di sekitar perut memang sangat menantang untuk dihilangkan. Namun ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan lingkar perut normal, yaitu:

  1. Lakukan olahraga kardio. Ini adalah cara terbaik untuk membakar kalori dan meningkatkan kesehatan jantung. Olahraga kardio, seperti aerobik dapat mengurangi lemak dan mempertahankan lingkar perut normal.
  1. Konsumsi lebih banyak serat, karena serat dapat membuat kamu kenyang lebih lama. Serat juga baik untuk sistem pencernaan yang sehat, dengan begitu akan mencegah perut kembung dan perut tampak langsing. 
  1. Batasi karbohidrat olahan. Jika ingin mengurangi jumlah lemak di sekitar perut, kamu harus membatasi konsumsi karbohidrat olahan. 
  1. Tingkatkan asupan protein. Menurut sebuah studi, orang yang mengonsumsi protein berkualitas tinggi akan memiliki persentase lemak perut yang lebih rendah. 
  1. Lebih banyak bergerak dan aktivitas ekstra sepanjang hari. Terutama bagi kamu yang sebagian besar waktunya duduk di tempat kerja. 
  1. Minum air putih yang cukup untuk membantu mengontrol porsi saat makan. 
  1. Latih otot inti yang meliputi otot perut dan otot punggung. Membangun otot inti dapat membantu perut terlihat dan terasa kencang ketika lemak perut berkurang. 

Baca juga: Super Sibuk? Ini 7 Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan di Kantor

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga lingkar perut normal. Mulai dari rutin berolahraga, meningkatkan asupan serat, dan istirahat yang cukup dapat menjaga lingkar perut normal. 

Sebelum memulai olahraga baru, atau pun diet, sebaiknya berbicara dulu dengan dokter melalui aplikasi Halodoc tentang masalah kesehatan yang mungkin ada. Hal ini untuk memastikan program yang kamu jalani aman, terukur, dan mencapai tujuan yang baik. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2021. 18 ways to get a flat stomach
WebMD. Diakses pada 2021. How to Measure Your Waist
Very Well Fit. Diakses pada 2021. How to Measure Waist Circumference for Health
CDC. Diakses pada 2021. Assessing Your Weight