• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Catat, Ini 4 Perbedaan Kucing Anggora dan Persia

Catat, Ini 4 Perbedaan Kucing Anggora dan Persia

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Catat, Ini 4 Perbedaan Kucing Anggora dan Persia

“Perbedaan kucing anggora dan Persia bisa terlihat dengan jelas, sebab hampir semua bagian tubuhnya akan terlihat berbeda. Kedua jenis kucing ras ini memang memiliki bulu yang panjang, tetapi persamaannya tidak hanya berhenti di situ. Kucing Persia dan anggora nyatanya memiliki karakter fisik, bulu dan perawatan, serta perangai yang berbeda.

Halodoc, Jakarta – Perbedaan kucing anggora dan Persia ada pada hampir semua bagian tubuhnya. Jangan takut kesulitan dalam membedakannya. Kedua ras kucing ini memang memiliki bulu yang lebat dan panjang. Namun, persamannya tidak berhenti di situ. Kucing anggora dan Persia nyatanya memiliki banyak perbedaan mulai dari personality, tingkat aktivitas, serta kebutuhan tubuhnya. 

Mengetahui perbedaan kucing anggora dan Persia biasanya dibutuhkan saat seseorang berencana untuk memelihara kucing. Kedua jenis kucing ini memang memiliki penampilan yang menggemaskan sehingga mudah membuat semua orang jatuh cinta. Dengan mengetahui perbedaan keduanya, kamu bisa menentukan jenis kucing mana yang paling cocok dan memang ingin dijadikan hewan peliharaan. 

Baca juga: Tidak Sama, Tips Tepat Merawat Anak Kucing Persia

Melihat Perbedaan Kucing Anggora dan Persia 

Kucing anggora dan Persia adalah dua jenis ras kucing yang berbeda. Maka dari itu, kebutuhan dan karakteristiknya pun akan berbeda pula. Berikut ini beberapa perbedaan kucing anggora dan Persia yang perlu diketahui: 

  1. Karakter Fisik 

Salah satu perbedaan nyata dari kedua jenis kucing ini ada pada bentuk wajahnya. Kucing Persia dikenal dengan bentuk wajah yang pendek, rata, serta memiliki hidung yang pendek. Sementara kucing anggora cenderung memiliki hidung yang lebih mancung dengan bentuk kepala yang khas. Kucing Persia memiliki mata yang besar dan bundar dengan letak berjauhan. Sementara letak telinga kucing rendah dan dekat dengan kepala. 

Pada kucing anggora, bentuk matanya berbentuk seperti almond dan sedikit miring ke atas. Letak telinga kucing ini berdekatan dan tidak jarang kucing anggora memiliki warna mata yang saling berbeda. Perbedaan kucing anggora dan Persia juga terletak pada ukuran tubuhnya. Kucing anggora lebih ramping dengan bulu ekor yang panjang, sedangkan Persia memiliki bentuk badan yang agat berotot dengan kaki pendek dan ekor yang pendek serta tebal.

Baca juga: 4 Nutrisi Penting untuk Makanan Kucing Anggora

  1. Bulu Kucing dan Perawatan 

Kucing Persia dikenal memiliki bulu yang lebat dan panjang yang tersusun dari dua layer, yaitu lapisan atas dan lapisan bawah. Untuk mencegah bulu kusut dan terbentuknya bola rambut, disarankan untuk menyisir bulu kucing Persia setiap hari. Pastikan juga untuk memandikan kucing secara rutin untuk menjaga kebersihan tubuhnya. 

Bulu kucing anggora biasanya tidak sepanjang kucing Persia. Namun, bulu kucing ini biasanya lebih halus dan jarang kusut. Agar bulu kucing tertata rapi, disarankan untuk menyisir setidaknya sekali atau dua kali dalam seminggu. 

  1. Perangai 

Perbedaan selanjutnya ada pada perangai kucing. Anggora dikenal sebagai kucing yang ramah dan penuh kasih sayang. Ras kucing ini juga dikenal mandiri, cerdas, serta aktif berlari dan memiliki naluri berburu. Kucing anggora cenderung menyukai tempat tinggi, sehingga mungkin sering memanjat. Sementara itu, kucing Persia lebih manis, lembut, dan menyukai ketenangan. Jenis kucing ini juga suka mendapatkan perlakukan yang lembut. Kucing ini tidak suka melompat dan aktivitas yang dilakukan cenderung secukupnya saja. 

  1. Risiko Masalah Kesehatan 

Sebagian besar kucing ras memiliki kondisi kesehatan yang baik. Namun, rentan terhadap masalah genetik tertentu. Baik kucing anggora maupun kucing Persia disebut bisa mengalami gangguan pada jantung yang dikenal dengan istilah kardiomiopati hipertrofik, yaitu kondisi yang menyebabkan penebalan otot jantung. Penyakit mata juga rentan terjadi, terutama pada Persia. Sebab, mata yang besar dan menonjol pada kucing ini membuatnya rentan terhadap infeksi dan iritasi mata, dan hidungnya yang rata dan pendek dapat mengakibatkan masalah pernapasan.

Baca juga: Ketahui 5 Jenis Kucing yang Paling Bersahabat

Jika kucing peliharaan menunjukkan gejala penyakit parah, sebaiknya segera bawa ke klinik hewan terdekat. Biar lebih mudah, cari dan temukan daftar klinik hewan terdekat menggunakan aplikasi Halodoc. Atur lokasi dan temukan klinik yang bisa dikunjungi dan sesuai kebutuhan. Ayo, download Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi: 
The Nest. Diakses pada 2021. The Differences Between Angora & Persian Cats.