• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Catat, Ini 5 Cara Ampuh untuk Menghilangkan Milia
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Catat, Ini 5 Cara Ampuh untuk Menghilangkan Milia

Catat, Ini 5 Cara Ampuh untuk Menghilangkan Milia

2 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 05 April 2022

“Milia adalah benjolan putih kecil yang paling sering terbentuk di area sekitar mata, hidung, dan pipi. Rajin membersihkan, menggunakan krim retinoid, teknik penguapan, dan eksfoliasi jadi beberapa langkah menghilangkan milia.”

Catat, Ini 5 Cara Ampuh untuk Menghilangkan Milia

Halodoc, Jakarta – Milia adalah kista kecil yang terbentuk ketika sel-sel kulit mati terperangkap di bawah kulit. Milia terbentuk secara spontan atau terjadi sebagai respons terhadap kerusakan kulit. 

Milia yang terbentuk secara spontan disebut dengan milia primer dan umum ditemukan pada kelopak mata, pipi, dahi, dan alat kelamin. Kondisinya tidak membahayakan karena dapat hilang sendirinya dalam beberapa bulan.

Sedangkan milia yang terbentuk setelah kerusakan kulit disebut dengan milia sekunder. Milia ini terkadang bersifat permanen, yang disebabkan oleh cedera, iritasi, ruam, luka bakar, peradangan, dan lain-lain.

Lantas, bagaimana cara menghilangkan milia?

1. Menggunakan Krim Retinoid

Krim retinoid mengandung vitamin A yang mampu menunjang kesehatan kulit. Untuk menghilangkannya, kamu bisa menggunakan produk retinoid apa pun, atau dalam kadar yang lebih rendah, yaitu retinol. Aplikasikan sehari sekali pada wajah.

Saat menggunakan krim retinoid atau retinol, penting untuk menggunakan tabir surya setiap hari. Pasalnya, penggunaan krim membuat kulit lebih rentan terhadap kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.

2. Rutin Membersihkan Area Milia

Tips menghilangkan milia selanjutnya adalah rutin membersihkan area tersebut. Pastikan kamu mencuci muka dengan sabun dengan kandungan bebas paraben. Setelah mencuci muka, tepuk-tepuk kulit hingga kering. 

3. Melakukan Penguapan

Menghilangkan milia selanjutnya dapat dilakukan dengan prosedur penguapan. Setelah membersihkan, kamu bisa melakukan penguapan untuk mencegah iritasi semakin bertambah parah. Caranya dengan:

  • Menghangatkan wajah dengan uap dari air panas selama 5-8 menit. Uap akan membuka pori-pori dan melepaskan kotoran yang terperangkap di bawah kulit.
  • Setelah di uap diamkan beberapa saat, kemudian keringkan wajah. Kamu juga bisa membilasnya dengan air hangat.

4. Lakukan Eksfoliasi secara Teratur

Agar hasilnya maksimal, kamu gunakan produk yang mengandung asam salisilat, asam sitrat, atau asam glikolat. Lakukan seminggu sekali saja. Jika dilakukan terlalu sering, prosedur dapat menyebabkan iritasi kulit.

5. Selalu Menggunakan Tabir Surya

Cara menghilangkan milia yang terakhir dilakukan dengan rutin menggunakan tabir surya. Pastikan kamu menggunakan minimal SPF 30. Jika kulit sangat sensitif terhadap sinar matahari, kamu bisa menggunakan SPF 100.

Itulah tips menghilangkan milia yang bisa kamu coba. Selain beberapa langkah tersebut, kamu juga bisa mengonsumsi suplemen penunjang kesehatan kulit. Download Halodoc segera dan cek kebutuhan suplemen di Toko Kesehatan pada aplikasi tersebut, ya! 

Referensi:

Healthline. Diakses pada 2022. How to Get Rid of Milia: 7 Ways.
Medical News Today. Diakses pada 2022. How can I get rid of milia?
Very Well Health. Diakses pada 2022. The Best Ways to Treat and Prevent Milia.