• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Catat, Ini 5 Cara Menenangkan Pikiran di Kantor
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Catat, Ini 5 Cara Menenangkan Pikiran di Kantor

Catat, Ini 5 Cara Menenangkan Pikiran di Kantor

4 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 06 Oktober 2022

“Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menenangkan pikiranmu di kantor. Salah satunya adalah dengan menghindari konflik antar pegawai atau dengan atasan.”

Catat, Ini 5 Cara Menenangkan Pikiran di KantorCatat, Ini 5 Cara Menenangkan Pikiran di Kantor

Halodoc, Jakarta – Adanya tuntutan, masalah, hingga tekanan yang muncul pada pekerjaan tentunya dapat menimbulkan banyak pikiran. Sebab, situasi tersebut berpotensi membuat dirimu terbebani, sehingga produktivitas menjadi terhambat. 

Meski hal ini dianggap wajar pada pekerjaan, namun penting untuk tidak menyepelekannya. Sebab, apabila pikiran yang tidak terbebani tak kunjung diatasi, kondisi ini dapat berujung pada stres. Perlu diingat bahwa stres yang tidak dikelola dengan baik, dapat memicu berbagai gangguan kesehatan, baik secara fisik maupun mental.

Karena itu, penting untuk mengetahui beberapa cara menenangkan pikiran di kantor. Yuk, ketahui informasinya di sini!

Cara Menenangkan Pikiran di Kantor

Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menenangkan pikiranmu: 

1. Hindari konflik 

hindari konflik

Cara pertama yang dapat dicoba untuk menenangkan pikiran di kantor adalah dengan menghindari konflik. Pasalnya, konflik interpersonal, khususnya antar pegawai atau dengan atasan, dapat berdampak negatif pada kesehatan emosional dan fisik. Jika memungkinkan, cobalah untuk menghindari orang yang tidak bekerja dengan baik dengan orang lain.  

2. Cari distraksi 

cari distraksi

Kamu dapat memerangi efek fisik dan mental dari pikiran yang terbebani akibat tekanan pekerjaan dengan mencari distraksi. Salah satu distraksi yang dapat dilakukan adalah dengan berolahraga pada jam makan siang. Tidak perlu melakukan olahraga berat, kamu hanya perlu berjalan santai sembari berkeliling ketika ingin membeli makan siang. 

Selain memberikan distraksi sementara, hal ini juga dipercaya dapat memiliki berbagai manfaat. Mulai dari membantu seseorang mengeluarkan tenaga, memperbaiki suasana hati, dan mendapatkan bentuk tubuh yang lebih baik.

3. Menjaga kondisi tubuh dengan baik 

menjaga kondisi tubuh dengan baik

Cara menenangkan pikiran di kantor selanjutnya adalah dengan menjaga kondisi tubuh dengan baik. Hal ini dapat dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat, karena sebenarnya, pola hidup sehat tak hanya berdampak positif pada kesehatan fisik, tetapi juga mental. 

Karena itu, agar dapat menenangkan pikiran di kantor dengan baik dan mencegah stres, pastikan untuk menerapkan gaya hidup sehat. Untuk melakukannya, kamu perlu senantiasa mengonsumsi makanan sehat bergizi seimbang, memastikan tidur yang cukup, hingga menghindari asupan alkohol dan berhenti merokok. 

4. Olahraga secara rutin 

olahraga secara rutin

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa olahraga dapat membantu mengurangi stres, kecemasan, bahkan depresi. Alasannya, olahraga dapat meningkatkan jumlah hormon serotonin (dapat memperbaiki suasana hati), dan mengurangi hormon kortisol (hormon stres). 

Karena itu, agar pikiran dapat tetap tenang, pastikan untuk berolahraga secara rutin. Jika pada jam kantor tidak memungkinkan, kamu bisa berolahraga sepulang kerja, atau ketika akhir pekan. 

5. Mendengarkan lagu

mendengarkan lagu

Mendengarkan musik  dapat memberikan banyak manfaat bagi mental dan bisa menjadi cara yang efektif untuk menghilangkan stres. Karena itu, cobalah untuk mendengarkan lagu ketika akan berangkat kerja, dan saat kamu sudah mulai bekerja, atau ketika pikiran mulai tidak tenang. Selain itu, kamu juga bisa mendengarkan lagu ketika perjalanan pulang dari kantor, untuk membantumu bersantai setelah hari yang melelahkan. 

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menenangkan pikiran di kantor. Mulai dari menghindari konflik, mencari distraksi, menjaga kondisi tubuh dengan baik, olahraga rutin, hingga mendengarkan lagu. Namun, jika beberapa cara tersebut tak kunjung membuat pikiranmu tenang, sebaiknya segeralah hubungi psikolog. 

Nah, melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa tanya psikolog tepercaya untuk mendapatkan informasi atau saran medis yang dibutuhkan. Tentunya melalui fitur chat/video call secara langsung pada aplikasinya. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi: 
Verywell Mind. Diakses pada 2022. 9 Simple Ways to Deal With Stress at Work. 
Stres.org. Diakses pada 2022. 7 Ways Successful People Stay Calm At Work.