• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Catat, Ini 5 Makanan yang Dapat Membesarkan Otot Tubuh

Catat, Ini 5 Makanan yang Dapat Membesarkan Otot Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Catat, Ini 5 Makanan yang Dapat Membesarkan Otot Tubuh

“Olahraga rutin memang perlu dilakukan untuk mendapatkan otot yang besar. Namun, nutrisi makanan juga tidak kalah penting. Salah satunya sumber makanan yang berprotein tinggi. Kamu bisa mendapatkan protein yang baik untuk otot dari telur, ikan salmon, daging tanpa lemak, hingga dada ayam.”

Halodoc, Jakarta – Selain berolahraga secara rutin, membangun otot tubuh juga memerlukan nutrisi dari makanan. Protein adalah makronutrien penting, tapi kamu juga perlu makan karbohidrat untuk mengisi glikogen dan menghindari kelelahan. Ada banyak makanan dengan jumlah protein yang cukup.

Selain baik untuk kesehatan, protein juga diperlukan untuk membangun otot. Mengonsumsi makanan yang tepat dapat membantu seseorang membangun otot, pulih dari latihan olahraga, dan mempertahankan tingkat energi. Lantas, makanan apa saja yang perlu dikonsumsi agar bisa membangun otot tubuh?

Baca juga: Bentuk Otot Tubuh dengan Olahraga Kalistenik

  1. Telur
telur

Telur mengandung protein berkualitas tinggi, lemak sehat, dan nutrisi penting lainnya. Contohnya vitamin B dan kolin. Protein terdiri dari asam amino, dan telur mengandung sejumlah besar asam amino leusin yang sangat penting untuk pembentukan otot. Vitamin B juga sangat penting untuk berbagai proses dalam tubuh, termasuk produksi energi. 

  1. Ikan Salmon
ikan salmon

Salmon adalah pilihan tepat untuk membangun otot dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Setiap porsi ikan salmon (85 gram) mengandung sekitar 17 gram protein, hampir 2 gram asam lemak omega-3, dan beberapa vitamin B. Asam lemak omega-3 berperan penting dalam kesehatan otot, dan bahkan meningkatkan pembentukan otot selama program olahraga. 

  1. Dada Ayam
dada ayam

Dada ayam dikemas dengan protein, dengan setiap porsinya (85 gram) mengandung sekitar 26 gram protein berkualitas tinggi. Dada aja juga mengandung sejumlah besar vitamin B niacin dan B6, yang mungkin sangat penting jika kamu aktif berolahraga. Vitamin ini membantu tubuh berfungsi dengan baik selama aktivitas fisik dan olahraga, yang diperlukan untuk mendapatkan otot yang optimal.

Baca juga: Mau Otot Kencang, Ini Tips Sederhananya

  1. Greek Yoghurt
greek yoghurt

Greek yoghurt biasanya mengandung dua kali lipat jumlah protein daripada yogurt biasa. Meskipun Greek yoghurt bisa jadi camilan yang baik dikonsumsi kapan saja. Namun,  mengonsumsinya setelah berolahraga atau sebelum tidur akan lebih bermanfaat. Hal ini karena kandungan campuran protein yang cepat dan lambat dicerna. 

  1. Daging Sapi Tanpa Lemak
daging sapi tanpa lemak

Daging sapi memiliki protein berkualitas tinggi, vitamin B, mineral, dan creatine. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi daging merah tanpa lemak dapat meningkatkan jumlah massa otot tanpa lemak yang diperoleh dari latihan beban. 

Ketika kamu mencoba membesarkan otot, sebaiknya pilihlah daging sapi. Karena daging sapi tanpa lemak mendukung penambahan otot tanpa memberikan terlalu banyak kalori. Misalnya, 85 gram daging sapi tanpa lemak mengandung 228 kalori dan 15 gram lemak. 

Baca juga: Bagus untuk Otot, Ini 7 Manfaat Protein yang Perlu Diketahui

Nah, jadi itulah makanan yang dapat membesarkan otot. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal kamu harus mengonsumsi makanan di atas dan berolahraga secara rutin. 

Jika terjadi masalah kesehatan selama proses latihan membangun otot, sebaiknya segera buat jadwal kunjungan dokter di rumah sakit melalui aplikasi Halodoc. Dengan begitu kamu bisa dengan segera mendapatkan pemeriksaan dan penanganan. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. 26 Foods That Help You Build Lean Muscle
Medical News Today. Diakses pada 2021. 30 muscle-building foods to fuel your goals