• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Catat, Ini 5 Manfaat Kolagen untuk Kesehatan Tubuh

Catat, Ini 5 Manfaat Kolagen untuk Kesehatan Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Catat, Ini 5 Manfaat Kolagen untuk Kesehatan Tubuh

“Kolagen memang dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Namun, jumlah produksinya akan berkurang seiring dengan bertambahnya usia. Sebenarnya apa saja sih manfaat kolagen bagi kesehatan tubuh?

Halodoc, Jakarta – Kolagen adalah sejenis protein berserat tidak larut yang paling banyak jumlahnya di dalam tubuh. Selain bermanfaat untuk menjaga elastisitas kulit, kolagen memberi struktur dan kekuatan pada tulang dan jaringan tubuh.

Protein ini dapat ditemukan di sejumlah bagian tubuh, seperti pembuluh darah, kornea mata, dan gigi. Bisa dibilang, kolagen ibarat lem yang berfungsi untuk merekatkan seluruh bagian tubuh menjadi satu.

Selain merekatkan, protein ini juga dapat mempercepat proses pemulihan jaringan tubuh yang terluka, memperkuat tulang, dan melenturkan tendon serta kulit. Jika kadarnya cukup, kulit menjadi kencang dan lentur.

Berikut ini beberapa manfaat kolagen lainnya yang bisa kamu dapatkan jika rutin mengonsumsinya:

Baca juga: Ini Kebiasaan yang Membuat Produksi Kolagen Tubuh Menurun

1. Mengurangi Garis Halus pada Wajah

Pertambahan usia bukan hanya mengurangi produksi kolagen dalam tubuh saja, tetapi juga memicu munculnya garis halus atau keriput. Untuk mencegah kondisi tersebut, kamu juga dapat menggunakan kolagen injeksi dari dokter kulit.

2. Mengurangi Selulit

Selulit yang tampak di permukaan kulit muncul ketika jaringan lemak menembus serat hingga ke lapisan kulit teratas. Kolagen bekerja dengan mempercepat proses perbaikan dan regenerasi sel kulit pada jaringan kulit tersebut.

Baca juga: Segala Hal Mengenai Injeksi Kolagen yang Perlu Diketahui

3. Melancarkan Sirkulasi Darah ke Kulit

Kolagen dapat memperkuat struktur pembuluh darah. Pembuluh darah yang kuat dapat mengalir ke seluruh tubuh dengan baik, termasuk kulit. Oksigen dan zat gizi yang dibawa oleh darah tersebut yang dapat meningkatkan kesehatan kulit.

4. Menjaga Kekuatan Rambut

Kolagen disusun dari beberapa jenis asam amino yang membentuk keratin. Keratin ini merupakan protein utama yang membentuk jaringan rambut. Jika produksi kolagen meningkat, maka rambut rontok pun dapat diatasi dengan baik.

5. Mencegah Kerusakan pada Folikel Rambut

Folikel rambut adalah kantong kecil pada kulit yang menjadi tempat tumbuhnya rambut. Kolagen berperan sebagai antioksidan yang dapat menjaga melindungi folikel rambut dari kerusakan akibat paparan radikal bebas.

Baca juga: Seberapa Penting Minuman Kolagen untuk Kulit?

Itulah sejumlah manfaat kolagen yang dapat kamu rasakan jika rutin mengonsumsinya. Kamu bisa mendapatkannya dengan satu kali klik melalui aplikasi Halodoc. Cek kebutuhan kolagen yang kamu butuhkan di sini, ya. 

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:

Healthline. Diakses pada 2021. Top 6 Benefits of Taking Collagen Supplements.
Everyday Health. Diakses pada 2021. 8 Potential Health Benefits of Collagen — and 1 Thing It Can’t Do.