• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Catat, Ini 5 Mengatasi Sakit Perut dengan Cepat
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Catat, Ini 5 Mengatasi Sakit Perut dengan Cepat

Catat, Ini 5 Mengatasi Sakit Perut dengan Cepat

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 16 Juni 2022

“Pada kebanyakan kasus, sakit perut biasanya bersifat ringan tapi menimbulkan rasa tidak nyaman yang cukup mengganggu. Nah, ada beberapa cara cepat mengatasi sakit perut yang bisa dicoba, mulai dari minum obat-obatan sampai memijat perut secara lembut.”

Catat, Ini 5 Mengatasi Sakit Perut dengan Cepat

Halodoc, Jakarta – Sakit perut merupakan masalah kesehatan yang sangat umum yang pernah dialami hampir semua orang. Penyebabnya ada banyak, mulai dari terlalu banyak makan makanan pedas, stres, sampai kanker usus besar.

Sakit perut yang parah atau yang memburuk seiring berjalannya waktu tentu memerlukan pemeriksaan medis. Namun, pada kebanyakan kasus, sakit perut yang terjadi tidak terlalu parah, tapi bisa menyebabkan ketidaknyamanan yang cukup mengganggu aktivitas. 

Untungnya, ada beberapa cara mengatasi sakit perut dengan cepat yang bisa kamu coba di rumah. Berikut ulasan selengkapnya!

Cara Cepat Mengatasi Sakit Perut

Berikut cara efektif yang bisa mengatasi sakit perut dengan cepat:

1. Minum Obat

Bila ingin mengatasi sakit perut dengan cepat, minum obat adalah jawabannya. Namun, kamu tentu saja perlu minum obat yang sesuai dengan penyebab sakit perut kamu. Bila sakit perut disebabkan oleh gas, obat yang dijual bebas yang mengandung bahan simetikon biasanya bisa membantu mengatasi perut bergas atau kembung.

Sementara untuk sakit perut yang disebabkan karena sembelit, obat pencahar sering kali mampu mengatasi masalah tersebut. Kram perut yang terjadi karena diare bisa diatasi dengan obat-obatan yang mengandung loperamide. Pada beberapa kondisi, sakit perut juga bisa diatasi dengan mengonsumsi obat pereda nyeri, seperti parasetamol dan ibuprofen.

2. Konsumsi Makanan Antiinflamasi

Selain dengan obat-obatan, kamu juga bisa mengatasi sakit perut dengan cepat secara alami dengan mengonsumsi makanan yang memiliki sifat antiinflamasi. Makanan tersebut antara lain bluberi, ceri, capsicum, tomat, ikan yang kaya akan asam lemak omega-3, kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau, dan almond. 

Makanan tersebut baik untuk kesehatan secara keseluruhan, sehingga kamu dianjurkan untuk mengonsumsinya secara rutin. Hindari mengonsumsi makanan manis, gorengan, makanan berlemak, alkohol, dan kafein saat sedang sakit perut.

3. Minum Minuman Herbal

Cara mengatasi sakit perut juga bisa melalui beberapa kelompok minuman ini. Teh chamomile, peppermint, adas, kayu manis, jahe, dan akar kunyit adalah beberapa tanaman herbal yang memiliki efek antiinflamasi dan bisa mengurangi kram perut. Menyeruput dua cangkir teh yang mengandung ramuan ini setiap hari bisa membantu mengurangi sakit perut. Sepotong kecil jahe dan/atau akar kunyit juga bisa ditambahkan ke air putih panas atau teh herbal, menjadikannya minuman pereda sakit perut yang efektif.

4. Terapi Panas

Menerapkan bantal pemanas, botol air panas, handuk panas, atau bungkus panas di atas perut dan punggung juga bisa menjadi cara cepat untuk mengatasi sakit perut. Hal itu karena panas bisa membantu mengendurkan otot-otot di perut dan meredakan kram dan sakit perut. Mandi atau berendam di dalam air panas dengan tambahan minyak esensial juga bisa membantu meredakan nyeri perut.

5. Pijat Perut

Memberi pijatan lembut pada perut terkadang juga bisa membantu mengatasi sakit perut secara cepat. Caranya, pijatlah area perut yang nyeri dengan gerakan memutar 10-20 kali. Sambil memijat perut, cobalah untuk menarik napas 1-2-3 melalui hidung, lalu tahan 1-2-3, kemudian hembuskan melalui mulut 1-2-3-4. Peningkatan oksigen akan membantu aliran darah dan manajemen nyeri.

Bila cara tersebut tidak berhasil, cobalah berbaring di lantai, lalu bawa lutut ke dada hingga kaki berada di atas posisi jantung. Kemudian goyang perlahan 10-20 kali sambil fokus pada pernapasan.

Itulah cara mengatasi sakit perut dengan cepat yang bisa kamu coba di rumah. Bila kamu sering sakit perut atau mencurigai gejala tersebut disebabkan oleh masalah kesehatan yang serius, coba periksakan saja kesehatanmu dengan buat janji medis melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.

Referensi:
Medicine Net. Diakses pada 2022. How Do You Get Rid of a Stomach Ache in 5 Minutes?.
Prevention. Diakses pada 2022. How To Get Rid Of A Stomach Ache Fast