• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Catat, Ini 5 Tips Public Speaking bagi Introvert
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Catat, Ini 5 Tips Public Speaking bagi Introvert

Catat, Ini 5 Tips Public Speaking bagi Introvert

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 23 September 2022

“Untuk seseorang dengan kepribadian introvert, tidak mudah untuk melakukan public speaking. Maka dari itu, perlu tahu berbagai tips agar presentasi di depan publik bisa dilakukan dengan lancar.”

Catat, Ini 5 Tips Public Speaking bagi IntrovertCatat, Ini 5 Tips Public Speaking bagi Introvert

Halodoc, Jakarta – Seseorang dengan kepribadian introvert kerap dihubungkan dengan sifat yang pemalu dan tertutup. Salah satu masalah yang kerap terjadi pada seorang introvert adalah kesulitan untuk melakukan public speaking.

Pribadi introvert kerap merasa gugup dan malu saat harus berbicara di depan orang banyak. Meski begitu, masalah ini dapat dihindari dengan cara melatihnya dengan baik. Nah, perlu tahu berbagai tips public speaking yang perlu diterapkan.

Cara agar Mampu Public Speaking pada Pribadi Introvert

1. Persiapan Adalah Kunci Keberhasilan

Hal yang paling penting sebelum melakukan public speaking, baik untuk ekstrovert maupun introvert yaitu persiapan. Cobalah untuk meluangkan waktu untuk menyusun alur pidato secara logis dan lakukan ilustrasi sendiri.

Berlatih keras hingga merasa nyaman. Jika perlu, rekam video latihan untuk mengetahui bagian yang perlu diperbaiki. Alasan utama seseorang sulit melakukan public speaking adalah tidak tahu apa yang dihadapi. Maka dari itu, persiapan sangat penting.

2. Ketahui Kekuatan dan Kelemahan Diri Sendiri

Setiap orang memiliki kekuatan dan kelemahan tersendiri pada dirinya. Contohnya, jika kamu memiliki selera humor yang baik, cobalah untuk menggunakannya saat berpidato. Jangan mencoba-coba sesuatu yang bukan kekuatan dari diri sendiri. Lalu, fokuslah untuk melakukan yang terbaik.

3. Fokus pada Konten yang Akan Disampaikan

Banyak audiens yang menginginkan sesuatu yang bermakna dan berguna, agar bisa diterapkan di kehidupan nyata. Jika kamu fokus pada konten yang akan disampaikan, tentu public speaking dapat berjalan dengan baik. Bisa juga untuk membagikan sesuatu yang unik terkait topik yang disampaikan, agar menarik bagi audiens.

4. Hilangkan Perasaan Kecemasan Sosial

Perlu dipahami, saat berbicara di depan umum, kamu adalah satu-satunya orang yang berdiri di atas panggung. Tidak perlu harus memikirkan untuk mengobrol dengan banyak orang yang melelahkan. Semua yang datang berusaha untuk menjadi pendengar materi yang kamu bawakan.

Langsung saja berbicara terkait sesuatu yang penting, terkait segala materi yang ingin dibawakan. Fokus pada perbedaan antara acara sosial dan presentasi untuk membantu dalam mengurangi perasaan cemas dan meningkatkan keterampilan presentasi.

5. Gunakan Pakaian yang Nyaman

Saat melakukan sesuatu yang dapat menimbulkan perasaan cemas, perasaan nyaman dapat membuat perasaan ini dapat diminimalisir. Salah satu yang bisa dilakukan adalah menggunakan pakaian yang dirasa nyaman.

Cara ini dapat membuat diri tetap tenang dan tidak menimbulkan bercak keringat saat gugup. Serta tidak menggunakan pakaian yang mencolok karena mampu mengalihkan perhatian penonton. Pilih juga pakaian yang dapat meningkatkan perasaan percaya diri.

Itulah beberapa tips untuk melakukan public speaking pada seseorang dengan kepribadian introvert. Cobalah untuk menerapkan semua tips yang disebutkan, agar presentasi yang dilakukan di depan banyak orang berjalan dengan lancar.

Jika kamu masih memiliki pertanyaan terkait cara melakukan public speaking, fitur tanya dokter dari aplikasi Halodoc bisa memberikan jawaban yang dibutuhkan. Maka dari itu, jangan ragu lagi untuk download aplikasi Halodoc untuk mendapatkan kemudahan dalam akses kesehatan ini. Unduh aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Skills You Need. Diakses pada 2022. 7 Public Speaking Tips For Introverts.
American Express. Diakses pada 2022. 5 Presentation Skills to Help Introverts Become Great Public Speakers.
Psychology Today. Diakses pada 2022. 10 Public Speaking Tips For Introverts.