• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Catat, Ini 7 Cara Ampuh untuk Mengobati Cantengan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Catat, Ini 7 Cara Ampuh untuk Mengobati Cantengan

Catat, Ini 7 Cara Ampuh untuk Mengobati Cantengan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 17 Januari 2022

“Cantengan merupakan kondisi salah satu sisi atau bagian ujung kuku tumbuh ke bagian dalam daging. Gejalanya berupa bengkak, kemerahan, dan nyeri pada area sekitar kuku yang mengalami cantengan. Masalah kesehatan ini memang paling sering terjadi pada jempol kaki.”

Catat, Ini 7 Cara Ampuh untuk Mengobati Cantengan

Halodoc, Jakarta – Cantengan bukan kondisi yang membahayakan apabila kamu tidak memiliki masalah kesehatan pada aliran darah atau diabetes. Memang benar, kondisi ini bisa membuat ibu jari kaki terasa nyeri, terlebih ketika kamu berjalan dan memakai sepatu. Tanpa penanganan yang tepat, cantengan bisa berujung pada infeksi. Oleh karena itu, penting untuk ketahui cara mengobati cantengan yang efektif.

Penyebab cantengan sendiri cukup beragam. Mulai dari memotong kuku yang kurang tepat, mengenakan sepatu atau kaus kaki terlalu kecil, cedera pada kuku, memakai alas kaki ketika kaki dalam kondisi basah, infeksi jamur, dan bentuk kuku yang tidak biasa. Lalu, bagaimana cara mengobati cantengan?

Cara Mengobati Cantengan yang Efektif

Cantengan yang ringan sebenarnya bisa kamu obati secara mandiri di rumah. Jika kondisi cantengan sudah parah, kamu perlu menemui dokter spesialis kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Beberapa cara mengobati cantengan, yaitu:

  1. Mengonsumsi Obat Pereda Nyeri

Obat pereda nyeri seperti naproxen atau ibuprofen bisa dengan mudah kamu beli di apotek terdekat. Obat tersebut bisa membantu meringankan nyeri dan pembengkakan yang terjadi pada area kuku yang mengalami cantengan. 

  1. Merendam Kaki Menggunakan Air Hangat

Selain mengonsumsi obat, cara mengobati cantengan lainnya yang bisa kamu lakukan adalah merendam kaki dengan menggunakan air hangat. Cara ini sekaligus membantu menjaga kaki tetap bersih dari infeksi. Merendam kaki bisa kamu lakukan setiap hari dengan menambahkan garam Epsom. Adapun cara membuatnya adalah sebagai berikut:

  • Siapkan baskom yang sudah diisi dengan air hangat suam kuku.
  • Tambahkan garam Epsom dan aduk sampai tercampur.
  • Rendam kaki selama sekitar 15 menit. Lakukan sebanyak dua sampai tiga kali sehari. 
  1. Merendam Kaki Menggunakan Cuka Apel

Selain menggunakan air hangat dengan garam, cairan lain yang bisa juga dipakai untuk meringankan cantengan adalah air cuka apel. Cairan tersebut diyakini efektif untuk mengobati cantengan secara alami karena memiliki kandungan antiperadangan, antiseptik, dan antinyeri. 

Meski masih belum ada studi yang bisa membuktikan bahwa cuka apel bisa menjadi obat untuk cantengan, tidak ada salahnya mencoba menggunakannya. Caranya sama dengan menggunakan garam, cukup tambahkan sedikit cuka apel dalam baskom air hangat dan rendam kaki selama sekitar 20 menit. 

  1. Oles Salep Antibiotik

Apabila cantengan masih terbilang ringan, kamu bisa menggunakan salep antibiotik untuk mengobati masalah tersebut. Salep antibiotik akan membantu cantengan sembuh lebih cepat sekaligus mencegah terjadinya infeksi. Meski begitu, pastikan salep yang kamu pakai sudah direkomendasikan atau diresepkan oleh dokter, ya!

Cara Mengobati Cantengan Jika Sudah Infeksi

Sementara itu, jika cantengan sudah mengalami infeksi, tentu kamu perlu mendapatkan perawatan medis. Beberapa cara yang dilakukan, antara lain:

  1. Mengangkat Kuku

Jika hanya sedikit kuku yang tumbuh ke dalam, terasa nyeri tetapi tidak bernanah, biasanya dokter hanya akan mengangkat bagian tepi dari kuku. Caranya yaitu dengan menggunakan benang gigi atau kapas untuk membantu memisahkan kuku dari bagian atas kulit, dan membantu kuku tumbuh secara normal. 

  1. Mencabut Separuh Kuku

Apabila cantengan telah menimbulkan bengkak, nyeri, dan mengeluarkan nanah, dokter akan mencabut sebagian kuku yang tumbuh ke bagian dalam. Sebelum prosedur dilakukan, dokter akan memberikan anestesi lokal untuk membuat kuku yang terinfeksi mati rasa.

  1. Operasi

Apabila cantengan kambuh berulang kali pada bagian jari yang sama, kamu mungkin memerlukan pembedahan. Prosedur ini meliputi mengangkat sebagian kuku dan jaringan bantalan kuku yang berada di bawahnya. Tindakan ini bertujuan agar kuku yang mengalami cantengan tidak kembali tumbuh. 

Jika membutuhkan obat setelah mendapatkan resep dokter, kamu bisa cek obatnya dengan mudah melalui aplikasi Halodoc dengan memilih fitur pharmacy delivery. Yuk, download aplikasi Halodoc di ponselmu!

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Ingrown Toenails.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. How to prevent and treat ingrown toenails.
Intermountain Healthcare. Diakses pada 2022. Caring for an infected or ingrown toenail.