• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Catat, Ini 7 Dampak Seks Bebas bagi Kesehatan Fisik dan Mental
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Catat, Ini 7 Dampak Seks Bebas bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Catat, Ini 7 Dampak Seks Bebas bagi Kesehatan Fisik dan Mental

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 05 Oktober 2022

“Setiap orang perlu tahu jika seks bebas dapat menimbulkan berbagai dampak buruk, baik bagi kesehatan mental maupun fisik. Maka dari itu, setiap orang disarankan untuk berkomitmen pada satu orang saja.”

Catat, Ini 7 Dampak Seks Bebas bagi Kesehatan Fisik dan MentalCatat, Ini 7 Dampak Seks Bebas bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Halodoc, Jakarta – Kebebasan dapat diartikan berbeda-beda oleh setiap orang, bisa berarti positif atau negatif. Saat menyangkut hubungan seksual, sehingga membuat seseorang kerap melakukan hubungan seksual dengan banyak orang,ini disebut seks bebas.

Dangkalnya, ada banyak sekali dampak seks bebas yang bisa memengaruhi kesehatan fisik dan mental. Untuk itu,cobalah untuk berpikir beberapa kali sebelum melakukan seks bebas guna meminimalisir penyesalan di hari depan.

Dampak Seks Bebas Terhadap Kesehatan Fisik

Seks bebas dikenal di masyarakat Indonesia sebagai kegiatan seksual yang dilakukan bukan dengan pasangan sah atau di luar nikah. Namun, seks bebas kerap dihubungkan dengan seseorang yang berganti-ganti pasangan, tanpa adanya komitmen atau ikatan emosional.

Selain itu, kebebasan dalam berhubungan seksual ini membuat seseorang yang melakukannya rentan alami penyakit, salah satunya adalah infeksi menular seksual. Seseorang dapat mengalami masalah ini melalui semua aktivitas seks.

Nah, berbagai jenis infeksi menular seksual yang rentan terjadi, antara lain:

1. Sifilis

Sifilis, atau penyakit raja singa, adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Penularan dari gangguan ini aktif dari 10 hingga 90 hari setelah terjangkit.

Gejala dari sifilis adalah timbul luka kecil di tempat bakteri menyerang dan ruam. Penyakit ini harus segera diatasi, sebab dapat menyebabkan kebutaan, tuli, kerusakan hati, dan lainnya.

2. Klamidia

Dampak seks bebas lainnya adalah klamidia. Saat terjadi pada pria, gangguan ini dapat menimbulkan gejala berupa peradangan pada saluran kencing, mengeluarkan cairan dari Mr.P, hingga penis terasa sakit.

Jika terjadi pada wanita, klamidia dapat menimbulkan gejala, seperti infeksi pada saluran kemih, serviks, dan bahkan rahim, keluar cairan yang tidak normal dari Ms.V, hingga terasa panas saat buang air kecil. Gangguan ini perlu diatasi segera agar tidak menular pada pasangan seksual.

3. Gonore

Penyakit kencing bernanah ini terjadi disebabkan infeksi bakteri. Seseorang yang mengalaminya dapat merasakan gejala berupa sakit saat buang air kecil, keluar nanah pada ujung Mr.P atau Ms.V, hingga terasa nyeri pada area kelamin.

Dampak Seks Bebas Terhadap Kesehatan Mental

Bukan hanya kesehatan fisik yang terpengaruh, seks bebas juga dapat mengganggu kesehatan mental. Nah, beberapa masalah mental yang bisa terjadi, antara lain:

  • Perasaan bersalah.
  • Gangguan kecemasan.
  • Depresi.
  • Obsessive-compulsive disorder (OCD).

Selain itu, melakukan seks bebas juga dapat meningkatkan risiko untuk hamil di luar nikah. Tentu hal ini dapat mengganggu kesehatan mental karena adanya tekanan sosial dan tidak siapnya diri untuk berumah tangga.

Maka dari itu, jika kamu kerap memiliki kebiasaan melakukan seks bebas, ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan kesehatan fisik dan mental secara rutin. Namun, alangkah baiknya tidak berganti-ganti pasangan sebagai cara paling ampuh untuk menghindari berbagai gangguan tersebut.

Nah, pemeriksaan kesehatan fisik dan mental akibat seks bebas bisa dilakukan di beberapa rumah sakit rekanan Halodoc, lho. Melalui fitur janji medis, kemudahan pemesanan untuk pemeriksaan ini bisa dilakukan melalui smartphone di tangan. Maka dari itu, download aplikasi Halodoc sekarang juga untuk mendapatkan kemudahannya!

Referensi:
Psycom. Diakses pada 2022. Tell Me All I Need to Know About Sex And Mental Health.
Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Buleleng. Diakses pada 2022. Ini Dampak Seks Bebas bagi Kesehatan Fisik dan Mental.